Home » Berita » Renaut Triber Buatan India Punya Fitur “Indonesia Banget”

Renaut Triber Buatan India Punya Fitur “Indonesia Banget”

Perkenalan Renault Triber
Renault Triber coba tantang Toyota Avanza meski masih belum jelas harganya. (Foto: Carmudi/Santo)

JakartaRenault Triber yang akan dipasarkan di Indonesia didatangkan dalam bentuk utuh alias Completely Build Up (CBU) langsung dari India. Meski diproduksi dan dikembangkan di sana, tapi Renault Triber diklaim punya fitur yang sesuai kebutuhan dan cocok digunakan oleh masyarakat Indonesia.

“Renault Triber memiliki fitur yang Indonesia banget, seperti adanya socket charging setiap baris bangku, bangku pada baris kedua dapat disandarkan, dilipat dan dimiringkan untuk menambah kapasitas bagasi yang dapat digunakan untuk membawa barang lebih banyak seperti setelah belanja atau saat dipakai untuk bepergian jarak jauh,” ujar Davy J Tuilan, COO PT Maxindo Renault Indonesia (MRI).

Sementara itu kabin Renault Triber mampu menampung hingga tujuh orang penumpang. Ruang kaki baris kedua memiliki jarak hingga 200 milimeter (mm) dan ruang kaki untuk baris ke tiga 91 mm. Jok pada baris ke tiga dari Renault Triber tidak hanya bisa dilipat tapi juga dilepas. Renault Triber juga menawarkan lebih dari 100 konfigurasi tempat duduk berbeda.

Perkenalan Renault Triber
Uji kapasitas bagasi Renault Triber. (Foto: Carmudi/Santo)

“Jadi dalam sudut pandang tertentu Renault Triber ini hybrid, maksudnya bisa 5 seater ataupun 7 seater. Begitu bangku baris ke tiga dilepas maka daya tampung bagasi menjadi 625 liter. Ini terbesar di kelasnya,” terang Davy.

Ia pun menambahkan, meski memuat barang bawaan banyak di belakang,  penumpang yang duduk di bangku baris ke dua masih tetap merasa nyaman. Menariknya, interior Renault Triber juga sudah dibekali teknologi terdepan berupa fitur hiburan pada head unit layar sentuh ukuran 8 inci. Head unit tersebut pun sudah dilengkapi dengan fitur Apple CarPlay dan Android Auto.

Menggunakan Basis Mesin Renault Clio

Perkenalan Renault Triber
Davy saat menjelaskan mesin Renault Triber kepada awak media. (Foto: Carmudi/Santo)

Dari segi performa, Davy mengatakan mesin Renault Triber berkapasitas 1.000 cc dan menggunakan basis mesin yang sama seperti yang digunakan Clio di Eropa. Adapun alasan Renault berani memasang mesin tersebut untuk mobil berkapasitas maksimal hingga 7 orang penumpang ini. Sumber tenaga itu telah dibekali teknologi baru yang cukup sederhana.

“Namanya Air Scoop. Jadi kalau diperhatikan grille-nya namapaknya sama tapi sebenarnya ada perbedaan. Yang bagian kiri grille itu kalau kita masukkan jari tangan pasti buntu, tapi grille sebelah kanan tembus ke dalam bagian ruang mesin. Apa manfaatnya pada saat kap mesin ditutup saat mobil dijalankan angin masuk grille langsung secara otomatis masuk ke air intake,” papar Davy.

Davy menambahkan dengan masuknya udara dingin ke dalam ruang pembakaran mesin, maka keluaran tenaga bisa jadi lebih maksimal dan irit bahan bakar.

Sebagai informasi, Renault Triber dilengkapi dengan mesin bensin 3 silinder berkapasitas 1,0 liter. Berkat mesin ini Triber mampu menghasilkan daya hingga 72 HP dengan torsi puncak mencapai 96 Nm. Transmisi yang ditawarkan adalah transmisi manual 5-percepatan dan automated manual transmission (AMT) 5-percepatan. (dms)

Silahnas TeRuCI, ratusan Terios-Rush Sambangi Salatiga, Jawa Tengah
Previous post
SilahNas TeRuCI, Ratusan Terios - Rush Berkumpul di Salatiga
Indonesia Black Car Community (IBCC), lakukan penanaman pohon di waduk Cirata, Cianjur.
Next post
Komunitas Mobil Hitam IBCC Upayakan Pelestarian Lingkungan