Berita

Ini Bocoran Fitur Suzuki Ignis

Sejak menjadi pusat perhatian di GIIAS 2016, Suzuki Ignis bisa dibilang menjadi mobil yang paling ditunggu kehadirannya di Tanah Air saat ini.

Suzuki Ignis yang cukup dikenal oleh para enthusiast karena sempat digunakan di ajang balap reli dunia, bukan tidak mungkin bakal lebih meledak ketimbang dua pendahulunya di lini produk Suzuki, Splash dan Celerio, yang tidak memenuhi ekspektasi perusahaan.

Bocoran harganya yang konon berada di angka Rp160 jutaan ketika masuk ke Indonesia tahun depan, sudah menjadi perbincangan di internet. Lalu dengan banderolnya itu, apa saja fitur yang akan didapat konsumen dari si mini-crossover?

Beredar laporan terkait Maruti Suzuki yang akan memasarkan Suzuki Ignis di India dalam waktu dekat, kemungkinan November mendatang. Dalam laporan IBTimes India, Suzuki Ignis disebut akan memiliki berbagai fitur menarik dalam balutan harga yang terjangkau untuk konsumen Negeri Bollywood.

Suzuki Ignis dijejali lampu utama LED yang membuat fasia depan mobil enak dipandang selama GIIAS 2016 lalu. Fitur LED headlight ini diketahui sudah dikonfirmasi pihak PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bakal tetap dihadirkan dalam versi yang dibawa ke Indonesia.

Fitur eksterior lainnya diantaranya flare yang mengikuti lengkung fender dan pilar C yang lebar dengan ground clearance tinggi sekitar 180mm dan dimensi panjang mobil sekitar 3.679mm.

Masuk ke interior, sistem audio premium Harman Kardon menjadi sajian utama. Suzuki Ignis menjadi mobil Maruti Suzuki pertama di India yang memiliki sistem audio premium ini.

Sistem audio tersebut juga mendukung Apple CarPlay yang akan sangat memanjakan para Apple fanboy dengan menawarkan fungsi telpon, musik, perpesanan hingga navigasi dan pengenalan suara yang dikontrol langsung via layar. Tinggal melihat apakah SIS berani membawa fitur yang sama pada versinya di Tanah Air.

Sementara itu sisi keamanan mobil mendapat fitur dual airbag, ABS dengan EBD, Hill Descent Control dan kamera belakang berikut sensor parkir.

suzuki-ignis-interior

Ada Mesin Turbo yang Menjadi Senjata Rahasia Suzuki Ignis

Dua opsi transmisi yang ditawarkan bakal mendukung dua opsi mesin yang disiapkan Maruti Suzuki, yakni mesin bensin 1.200cc VTVT dan diesel 1.300cc MultiJet. Mesin yang disebut pertama hampir dipastikan adalah yang dibawa ke versi Indonesia.

Sebenarnya ada satu opsi mesin lagi untuk Ignis, yakni 1.000cc BoosterJet turbo yang bakal dikawinkan dengan transmisi semi otomatis atau disebut Automated Manual Transmission (AMT).

suzuki-boosterjet-engine-official

Mesin ini seharusnya untuk varian sporti atau varian tertinggi. Lagi-lagi apakah SIS berani menyiapkan versi Suzuki Ignis Sport untuk konsumen Indonesia, sangat menarik untuk dinanti.

India akan menjadi pasar kedua setelah Jepang untuk Suzuki Ignis. Saat ini crossover dengan desain aduhai itu tengah menjadi salah satu sajian utama Suzuki di panggung Paris Motor Show 2016.

Kita tunggu saja kapan tanggal mainnya di Indonesia.

Wahyu Perdana Putera

Berkarir di sejumlah online media sejak 2012 sebagai jurnalis teknologi, sains dan otomotif, kini di Carmudi Indonesia sejak Juli 2015 untuk mengulas & mempublikasikan kabar otomotif terkini dari perspektif lain. Menggilai mobil retro era '80-90an, modifikasi & kultur balap jalanan Jepang serta hobi modifikasi dengan aliran oldschool brutal seperti Shakotan, Kyusha & Kaido Racer. Email: [email protected]
Follow Me:

Related Posts