Home » Berita » Fuel Pump Bermasalah, 139 Ribu Mitsubishi Xpander di Indonesia Kena Recall

Fuel Pump Bermasalah, 139 Ribu Mitsubishi Xpander di Indonesia Kena Recall

Mitsubishi Xpander (Foto: Santo/Carmudi)

Jakarta – Tahun lalu Mitsubishi Filipina dan Vietnam menerbitkan surat penarikan (recall) terhadap Xpander. Alasannya karena Mitsubishi menemukan masalah pada bagian fuel pump (pompa bahan bakar) di Xpander. Langkah yang dilakukan oleh kedua produsen mobil tersebut tak langsung diikuti oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), distributor resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan di Indonesia.

Padalah soal penarikan Mitsubishi Xpander sudah diketahui juga oleh MMKSI. Bahkan pihaknya sempat menyebutkan bahwa masalah fuel pump belum ditemukan di Xpander yang beredar di pasar Indonesia.

“Kami belum menemukan kasus yang sama di dalam negeri. Akan tetapi kami sedang melakukan invetigasi. Kalau pelanggan ada yang merasa perlu mobilnya di cek silahkan hubungi diler resmi,” kata Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI, Michimasa Kono, akhir Mei tahun lalu.

Mungkin investigasi yang dimaksud oleh Michimasa Kono sudah selesai dilakukan. Hingga pada akhirnya MMKSI melalui keterangan resminya, Senin (22/6/2020) mengumumkan ada 139 ribu lebih Xpander terkena recall dengan masalah sama seperti yang ditemukan di pasar Filipina dan Vietnam.

Mitsubihsi Xpander yang terindikasi bermasalah pada bagian fule pump produksi 2017 sampai dengan 2019. Dengan total unit yang harus menjalani perbaikan sebanyak 139,111 unit.

“Xpander merupakan model yang sangat penting bagi Mitsubishi Motors dan Indonesia. Program kampanye perbaikan merupakan bentuk komitmen dan tanggung jawab Mitsubishi Motors dalam menjaga kualitas kendaraan secara berkesinambungan guna memastikan keamanan dan kenyamanan serta menjamin layanan purna jual berkualitas bagi para pengguna kendaraan penumpang Mitsubishi di Indonesia,” ungkap Naoya Nakamura, President Director of MMKSI.

Bisa Berakibat Mesin Mati

Berdasarkan investigasi internal ditemukan bahwa fuel pump di dalam tangki bahn bakar dapat berhenti berkerja. Tentunya hal ini berpotensi mengakibatkan mesin tidak dapat dinyalakan atau berhenti bekerja secara tiba-tiba. Kemungkinan penyebabnya adalah impeller memuai dan berubah bentuk, kemudian bergesekan dengan bagian di sekitarnya, sehingga impeller tersebut berhenti berputar.

Kampanye perbaikan fule pump dilakukan untuk melakukan pemeriksaan pada label modul fuel pump Xpander dan melakukan pergantian unit fuel pump. Estimasi perbaikan memakan waktu sekira satu sampai dua jam.

Ilustrasi modul Fuel Pump pada Mitsubishi Xpander (Foto: MMKSI)

Prosedur Perbaikan dan Pergantian Fule Pump

Terkait permasalahan ini, pihak diler resmi mobil Mitsubishi akan langsung menghubungi pemilik Xpander. Konsumen juga bisa mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai kampanye perbaikan dan melakukan service booking dengan menghubungi Mitsubishi Motors Customer Care atau melalui aplikasi.

Konsumen tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mengikuti kampanye perbaikan ini. Apabila mobil konsumen terlibat dalam kampanye perbaikan, maka pemilik mobil bisa langsung mendatangi diler resmi. Bisa juga memanfaatkan layanan Home Service, di mana perbaikan dilakukan di rumah konsumen.

“Kami mengundang konsumen setia Mitsubishi Xpander untuk dapat melakukan pemeriksaan kendaraannya dengan prosedur yang mudah dan tanpa biaya” pungkas Naoya Nakamura.

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Previous post
Diam-diam Kia Persiapkan Seltos Listrik, Meluncur Sebentar Lagi
Indonesia Modification Expo 2019, menjadi ajang modifikasi Tanah Air yang sukses.
Next post
Di Tengah Pandemi, Industri Modifikasi dan Aftermarket Bertahan dengan Penjualan Online