Sumber informasi

Fungsi Kunci Ring, Jangan Tertukar dengan Kunci Pas Karena Baut Bisa Ngelos

Fungsi kunci ring atau yang dalam bahasa Inggris disebut closed-end wrench sederhananya adalah untuk mengencangkan atau membuka baut segi enam. Kegunaannya mirip dengan fungsi kunci pas alias open-end wrench, tapi ada perbedaan penting di antara keduanya.

Fungsi Kunci Ring

(Foto: Practical Primate)

Pemilik kendaraan disarankan untuk dapat melakukan perbaikan-perbaikan ringan motor atau mobil yang dimilikinya. Atau paling tidak mengenal jenis-jenis peralatan beserta fungsinya.

Alat yang paling umum digunakan dalam dunia otomotif ialah kunci ring. Hal ini dikarenakan baut yang paling populer modelnya adalah segi enam.

Umumnya kunci ringhadir dengan kombinasi kunci pas di sisi lainnya. Hal tersebut kemudian memunculkan anggapan fungsi kunci ring dan fungsi kunci pas sama saja padahal ada bedanya.

Fungsi Kunci Ring

  • Membuka atau mengencangkan baut segi enam
  • Hanya dapat digunakan jika ada ruang yang cukup
  • Lebih aman untuk torsi yang besar

Membuka dan Mengencangkan Baut Segi Enam

Dalam dunia otomotif penggunaan baut segi enam bisa ditemui di mana-mana. Mulai dari bagian bodi, mesin, hingga kelistrikan. Oleh karena itu kunci ring seolah menjadi alat yang wajib dimiliki oleh mekanik atau mereka yang hobi ngoprek.

Kunci ring menjadi pasangan yang tepat untuk baut semacam itu. Rumus umum yang berlaku untuk menggunakan kunci pas ialah putar ke arah kanan (searah jarum jam) untuk mengencangkan baut atau putar ke kiri (melawan arah jarum jam) untuk membukanya.

Tapi perlu diperhatikan dalam kasus tertentu sebuah baut bisa saja mengadopsi reverse thread. Hal itu berarti arah putaran untuk mengencangkan dan membukanya adalah kebalikan dari yang sudah dijelaskan di atas.

Hanya Dapat Digunakan Jika ada Ruang yang Cukup

Kunci ring hanya dapat berfungsi jika ada ruang yang cukup untuk menempatkannya mengeliling baut. Hal ini dikarenakan semua sisi kunci ring tertutup dan berbentuk lingkaran.

Ambil contoh pada kendaraan bermotor roda dua. Mustahil rasanya menggunakan kunci ring untuk mengencangkan atau melepas baut kaca spion karena tidak ada cara untuk memasukkannya.

Lebih Aman untuk Torsi Lebih Besar

Kunci ring memiliki bentuk lingkaran di mana semua sisinya tertutup. Desain semacam ini membuatnya lebih aman dan kuat saat “memegang” setiap sisi baut segi enam.

Hal tersebut menjadi alasan kunci ring adalah alat yang tepat ketika Anda perlu mengencangkan baut dengan torsi yang besar.

Pun demikian jika hendak membuka baut yang terasa lebih keras dari seharusnya. Kunci ring adalah pilihan tepat untuk situasi-situasi semacam itu

Tips tambahan untuk baut yang sulit dibuka ialah dengan menyemprotkan cairan penetran terlebih dahulu. Cairan tersebut akan masuk ke sela-sela baut dan berfungsi ibarat pelumas untuk membantu baut lebih mudah dibuka.

Perbedaan Kunci Ring dan Kunci Pas

Fungsi Kunci Pas

(Foto: Pixabay)

Kunci Ring

  • Berbentuk bulat
  • Lebih aman memutar baut
  • Penggunaan kurang fleksibel

Kunci Pas

  • Memiliki sisi yang terbuka
  • Mudah selip saat memutar baut
  • Penggunaan lebih fleksibel

Sampai titik ini dapat dikatakan Anda sudah mengetahui fungsi kunci kunci ring. Tapi yang tak kalah penting ialah untuk memahami perbedaanya dengan kunci pas.

Mereka yang memiliki kendaraan bermotor mungkin sudah familiar dengan bentuk kedua jenis kunci ini. Keberadaannya bisa ditemukan misalnya pada tool kit yang diberikan oleh pabrikan.

Secara bentuk, kunci ring memiliki bentuk membulat dengan disertai sebuah gagang untuk memegangnya. Sedangkan bentuk kunci pas sebenarnya hampir mirip, tapi ada satu sisi dari kunci pas yang terbuka.

Nah, kunci ring dan kunci pas sering kali hadir dalam satu alat yang kemudian disebut kunci kombinasi.

Dari segi penggunaan, keduanya hampir sama, yaitu untuk membuka dan mengencangkan baut segi enam. Tapi kunci ring memiliki keunggulan cengkraman yang lebih menyeluruh pada semua sisi baut.

Hal tersebut membuatnya cocok untuk digunakan ketika Anda membutuhkan torsi yang besar, baik saat hendak mengencangkan atau membuka baut.

Kekurangan kunci ring ialah harus ada ruang yang cukup untuk memasangkannya ke baut, seperti yang dicontohkan sebelumnya.

Di lain sisi penggunaan kunci pas justru lebih fleksibel karena salah satu sisinya terbuka. Akan tetapi ada risiko kunci selip dan terlepas dari baut ketika memutarnya dengan torsi yang besar.

Dari segi harga, kunci ring dijual dengan banderol yang variatif. Salah satu merek terpercaya, Tekiro, menjual kunci ring (kombinasi dengan kunci pas) mulai dari harga Rp30 ribuan per buah.

Harga tersebut berlaku untuk kunci yang ukurannya kecil, misal 8 mm, 10 mm, 11 mm, atau 12 mm. Makin besar ukuran maka harganya juga makin mahal. Contohnya kunci ring ukuran 60 mm harganya bisa tembus Rp900 ribuan.

Di pasaran Anda juga bisa menemukan kunci ring dijual dalam satu paket. Baik yang terdiri dari kunci ring berbagai ukuran atau peralatan jenis lain.

Kunci Ring Ratchet Menawarkan Kerja Lebih Cepat

Kunci Ring Ratchet

(Foto: MRO Tools)

Kunci ring juga hadir dengan variasi yang dilengkapi ratchet. Fungsi kunci ring model ini ialah menawarkan proses kerja yang lebih cepat, tapi juga ada kekurangannya.

Sebagai gambaran tentang cara kerjanya, saat menggunakan kunci ring biasa maka pengguna diharuskan mengangkat kunci dari baut untuk mendapatkan sudut yang pas sebelum memutarnya kembali.

Hal tersebut tak perlu dilakukan jika menggunakan kunci ring ratchet. Di dalam mekanisme ratchet terdapat roda bergerigi dan sebuah pawl. Mekanisme ini memungkinkan kunci berputar bebas ke satu arah lalu menahan putaranke arah sebaliknya.

Oleh karena itu mekanisme ratchet sangat berguna untuk mempersingkat waktu pemasangan baut. Walau begitu bukan berarti tidak ada kekurangannya.

Kunci ring ratchet tidak cocok untuk mengencangkan baut dengan torsi yang kuat. Memaksakan hal itu akan berisiko merusak roda gerigi dan pawl di dalamnya.

Jadi penggunaan kunci ring ratchet masih harus didampingi dengan kunci ring biasa atau kunci torsi alias torque wrench.

Bisa dibilang kunci ring ratchet sifatnya adalah sebuah kemewahan untuk koleksi toolkit Anda. Bukan alat yang wajib untuk dimiliki.

Penggunaannya lebih cocok untuk mekanik profesional yang setiap detik dari waktu kerjanya sangat berharga. Di samping itu harga kunci ring ratchet juga lebih mahal dari kunci ring biasa.

Untuk diketahui, mekanisme ratchet juga bisa ditemukan pada kunci pas. Tapi bedanya bukan menggunakan roda bergerigi dan pawl.

Kunci pas ratchet dibuat dengan lekukan tambahan yang memungkinkannya dapat diputar bebas ke satu arah walau sedang “memegang” baut.

Kunci pas ratchet belum banyak ditemukan di pasaran. Salah satu pabrikan yang menjualnya ialah merek Sata.

Sebagai kesimpulan, ulasan kali ini diharapkan bisa memberi penjelasan mengenai fungsi kunci ring dan aspek-aspek penting terkait penggunaannya. Sulit disangkal kunci ring merupakan alat yang sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki kendaraan.

Terlebih lagi keberadaan baut segi enam bukan hanya bisa ditemukan pada mobil atau motor. Tapi juga pada alat rumah tangga, sepeda, alat elektronik, dan sebagainya. Oleh karena itu kunci ring patut masuk dalam koleksi peralatan Anda.

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *