Sumber informasi

Gadai BPKB Motor: Cara, Syarat, dan Pilihan Perusahaannya

Gadai BPKB motor dapat menjadi solusi ketika sedang dihimpit kebutuhan finansial. Dengan begitu konsumen bisa mendapatkan dana atau pinjaman cepat cair untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

Gadai BPKB Motor

(Foto: Adira Finance)

BPKB atau Buku Pemilik Kendaraan Bermotor boleh dibilang sebagai salah satu dokumen yang berharga. Buku ini menjadi bukti kepemilikan seseorang atas sebuah kendaraan bermotor.

Secara logika siapa pun yang memegang BPKB bisa dikatakan sebagai pemilik kendaraan yang datanya tertera di dalamnya.

Terlepas dari hal itu, BPKB juga bisa menjadi “penolong” ketika seseorang sedang butuh dana cepat. Cara yang paling umum ialah dengan menggadaikannya. Ya, bukan hanya BPKB mobil, tapi BPKB motor juga bisa digadaikan.

Gadai BPKB motor akan terasa bermanfaat bagi mereka yang butuh dana segar. Dengan catatan layanan yang dipilih berasal dari lembaga keuangan kredibel dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Gadai BPKB Motor Sebaiknya di Perusahaan Kredibel

Pada dasarnya seseorang bisa memilih untuk menggadaikan BPKB kendaraannya ke bank ataupun lembaga pembiayaan multi finance.

Terkait hal ini ada beberapa opini beredar. Pengajuan ke bank dianggap akan lebih mudah bagi mereka yang berprofesi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Atau jika pegawai swasta minimal juga memiliki usaha sendiri.

Sementara itu pengajuan ke lembaga pembiayaan multi finance banyak dinilai lebih mudah termasuk bagi mereka yang bekerja sebagai pegawai swasta atau wirausaha. 

Untuk konsumen yang akan memilih menggadaikan BPKB-nya ke lembaga pembiayaan multi finance sebaiknya jangan gegabah. Pasalnya saat ini banyak perusahaan yang baru berdiri dan masih dipertanyakan pelayanan.

Namun, di luar itu juga ada beberapa perusahaan yang sudah punya nama. Baik yang status milik pemerintah, seperti PT Pegadaian atau milik swasta contohnya Adira, WOM Finance, atau BFI Finance.

Lebih detail mengenai cara dan syarat gadai BPKB motor ke perusahaan-perusahaan tersebut dapat disimak di bawah ini.

Ilustrasi Pegadaian

PT Pegadaian menawarkan layanan gadai BPKB bagi mereka yang ingin mengembangkan bisnisnya. (Foto: Pegadaian)

Gadai BPKB Motor di PT Pegadaian

PT Pegadaian merupakan salah perusahaan yang menyediakan layanan gadai BPKB yang disebut dengan program Kreasi. Menurut informasi di situs web resminya, lewat layanan ini konsumen bisa mendapatkan pinjaman di bawah Rp10 juta.

Namun, satu hal yang perlu diingat ialah layanan Kreasi ditujukan bagi konsumen yang membutuhkan dana untuk mengembangkan usaha atau bisnisnya.

Dengan begitu konsumen disyaratkan memiliki usaha yang sudah efektif berjalan minimal 1 tahun dan mempunyai legalitas usaha seperti SIUP atau SITU atau Surat Keterangan Usaha.

Lebih lengkap mengenai dokumen persyaratan gadai BPKB di PT Pegadaian adalah sebagai berikut:

  • Legalitas usaha (SIUP, SITU, Surat Keterangan Usaha) atas nama pemohon
  • Legalitas kendaraan (BPKB, STNK, faktur, kwitansi) atas nama pemohon
  • Kartu Keluarga
  • KTP (suami dan istri jika pemohon sudah berkeluarga)

Selain itu, syarat dari program ini ialah konsumen tidak sedang dalam pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari lembaga keuangan lain. Kemudian sepeda motor yang dimiliki usianya maksimal adalah 15 tahun.

Dalam situs web resminya memang tidak dijelaskan langkah demi langkah menggadaikan BPKB motor dalam program ini.

Namun, pengajuan bisa dilakukan melalui seluruh outlet konvensional PT Pegadaian, melalui agen PT Pegadaian, atau via online melalui aplikasi Pegadaian Digital Service. Adapun proses pencairannya disebut sekitar 3 hari kerja.

Untuk program layanan ini nanti konsumen bisa melakukan pembayaran angsuran kredit melalui beberapa cara. Hal tersebut meliputi outlet atau agen PT Pegadaian, pembayaran non tunai dengan mesin ATM, internet banking, bahkan aplikasi Pegadaian Digital Service.

Dijelaskan pula bahwa kredit yang belum jatuh tempo juga bisa dilakukan percepatan pelunasan.

Gadai BPKB Motor di BFI Finance

Program gadai BPKB motor BFI Finance menjanjikan proses yang cepat dan tenor hingga 18 bulan. Adapun syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh konsumen antara lain sebagai berikut.

  • Warga Negara Indonesia
  • Berusia 21-60 tahun dengan status perkawinan belum menikah, menikah, atau cerai
  • Status tempat tinggal rumah sendiri, pasangan, keluarga, atau kontrak tahunan
  • Profesi pekerjaan karyawan (tetap/kontrak), PNS, wiraswasta
  • Tidak bisa diterima apabila profesi melanggar hukum

Selain itu BFI Finance juga menentukan persyaratan kendaraan yang dimiliki oleh konsumen, meliputi:

  • Motor merupakan milik sendiri dengan BPKB asli
  • BPKB bisa atas nama sendiri, pasangan, dan orang lain (dilampiri bukti pembelian)
  • Usia kendaraan maksimal 10 tahun dengan merek Jepang atau Italia
  • STNK atau pajak mati maksimal 4 tahun tanpa potong pencairan
  • STNK atau pajak mati lebih dari 4 tahun potong pencairan dan wajib diurus pihak BFI
  • Plat nomor hitam

Selain itu terdapat beberapa dokumen persyaratan lain, misalnya KTP, Kartu Keluarga, atau PBB 2 tahun terakhir. Namun, untuk dokumen-dokumen ini jenis yang diminta berbeda antara karyawan atau wiraswasta.

Cara gadai BPKB moto atau mobil

Proses gadai BPKB tergolong lebih mudah karena nasabah tak harus membuka rekening terlebih dahulu. (Foto: BFI Finance)

Gadai BPKB Motor di Adira Finance

Adira Finance memiliki layanan Kredit Multiguna yang pada dasarnya ialah pinjaman dengan jaminan BPKB kendaraan. Pinjaman ini bisa digunakan untuk kebutuhan konsumtif atau non produktif, contohnya biaya renovasi rumah, pendidikan, kesehatan, bahkan hingga liburan.

Beberapa persyaratannya adalah sebagai berikut ini:

  • E-KTP asli pemohon, E-KTP pasangan (jika sudah menikah), E-KTP penjamin (jika ada)
  • Kartu Keluarga
  • Bukti bekerja/usaha dan penghasilan 
  • Bukti tempat tinggal
  • NPWP
  • STNK yang masih berlaku
  • BPKB asli dan faktur asli

Untuk layanan dari Adira ini BPKB kendaraan tidak harus atas nama sendiri, tapi juga bisa atas nama pasangan, keluarga inti dalam satu KK, atau atas nama perusahaan. Namun, nantinya akan ada dokumen persyaratan penunjang untuk masing-masing “jenis” BPKB tersebut.

Proses pengajuan itu sendiri tergolong mudah karena Adira menyiapkan formulir khusus di situs web resmi milikinya. Konsumen tinggal mengisi dan mengikuti petunjuk selanjutnya yang diberikan.

Gadai BPKB Motor di WOM Finance

Gadai BPKB motor juga bisa ditemui pada salah satu layanan yang ditawarkan oleh WOM Finance. Menurut situs web resmi perusahaan tersebut keunggulan dari layanannya ini ialah “instant approval” yang berarti konsumen tak perlu menunggu terlalu lama agar pengajuannya disetujui.

Sejumlah persyaratan yang diperlukan antara lain:

  • KTP aktif
  • Slip gaji
  • Rekening listrik
  • STNK dan BPKB motor

Namun, usia motor yang BPKB-nya hendak digadaikan maksimal buatan tahun 2010.

Adapun cara pengajuannya cukup mudah karena WOM Finance menyediakan formulir khusus di situs web resminya. Konsumen tinggal memasukkan data seperti nama lengkap, nomor Whatsapp, kecamatan, kota/kabupaten, merek/tipe/model kendaraannya, tahun pembuatan, dan rencana pinjaman.

Kendati demikian proses selanjutnya tetap dilakukan di kantor cadang WOM Finance terdekat dengan alamat konsumen. Pada tahap inilah konsumen juga akan diminta membawa BPKB kendaraannya.

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts

/