Berita

GAIKINDO Sebut Penjualan Mobil Baru Maret 2022 Sudah Menyamai Kondisi Normal

Jakarta — Penjualan mobil baru Maret 2022 menunjukkan hasil yang dinilai sangat baik. Terdiri dari 98.524 unit untuk wholesale dan 89.811 unit untuk retail.

penjualan mobil maret 2022

Relaksasi PPnBM DTP menjadi faktor pendorong terbesar peningkatan hasil penjualan. Selain itu, GAIKINDO juga mengklaim pameran yang dibuatnya memiliki peran atas hasil yang dikantongi. (Foto: Carmudi)

Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) menyebut angka tersebut sudah menyamai kondisi normal sebelum pandemi COVID-19, Senin (11/4/2022).

“Hasil penjualan kendaraan pada bulan Maret yang berhasil mencapai lebih dari 98 ribu unit, yang berhasil menyamai angka pencapaian pada kondisi normal, adalah buah dari dukungan dan arahan yang diberikan pemerintah,” jelasnya dalam keterangan tertulis.

>>>>> Cari mobil baru dan bekas terbaik dari Carmudi di sini!

Lebih lanjut, dirinya mengatakan GAIKINDO atas nama industri otomotif Indonesia menyampaikan apresiasi kepada pemerintah khususnya Kementerian Perindustrian atas dukungan yang telah diberikan.

Kebijakan relaksasi PPnBM DTP dinilai berhasil membangun gairah pasar dan mendorong peningkatan permintaan. Dampaknya termasuk menggerakkan kembali UKM industri pendukung sehingga seluruh lini industri dapat bangkit.

Pengunjung melihat mobil-mobil yang dipamerkan dalam pameran Jakarta Auto Week 2022 yang berlangsung selama 12–20 Maret 2022 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. (Foto: Carmudi)

Menurut catatan GAIKINDO terdapat kenaikan signifikan setelah berlakunya kebijakan relaksasi PPnBM DTP.

Pada tahun 2021 tercatat kenaikan penjualan domestik sebesar 68 persen. Kemudian pada kuartal pertama 2022 tercatat ada kenaikan 41,1 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Peran Pameran

GAIKINDO mengklaim rapor biru penjualan mobil baru Maret 2022 tak lepas dari pameran yang diadakannya, Jakarta Auto Week (JAW) 2022.

“Penyelenggaraan perdana JAW, selama sembilan hari telah mencatat pencapaian transaksi yang sangat bagus, dan berhasil merealisasikan tujuannya untuk dapat berkontribusi kepada pencapaian penjualan industri otomotif, yang pada bulan Maret mencapai hasil yang luar biasa,” ungkap Nangoi.

Masih menurut Nangoi, Kementerian Perindustrian memberikan respons yang positif atas penjualan mobil Maret 2022.

Selain itu GAIKINDO diharapkan dapat mempertahankan hasil tersebut dengan terus memberikan dorongan. Hal itu termasuk menggelar pameran-pameran serupa pada tahun-tahun mendatang.

>>>>> Cari mobil baru dan bekas terbaik dari Carmudi di sini!

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts

/