Home » Sumber informasi » Gandeng BCA Syariah, Leasing Mobil Baru di Carmudi Bebas Riba

Gandeng BCA Syariah, Leasing Mobil Baru di Carmudi Bebas Riba

Penandatanganan MoU Leasing Mobil Baru antara Carmudi dengan BCA Syariah

Jakarta – Carmudi Indonesia sebagai salah satu e-commerce yang menyediakan layanan jual beli kendaraan, terus berinovasi sesuai kebutuhan masyarakat dan tuntutan zaman. Untuk memudahkan masyarakat yang ingin mengajukan leasing mobil baru, Carmudi kini menjalin kerja sama dengan BCA Syariah.

Bentuk pembiayaan yang ditawarkan yaitu secara syariah sehingga tidak ada bunga seperti bank konvensional. Konsep dalam syariah yaitu mengganti bunga dengan margin jual beli bagi pihak bank.

“Kita bisa pastikan angsuran yang sudah pasti, dari sisi syariah. Untuk jangka waktu cicilan, pada mobil baru kita ada tenor 8 tahun dari hampir seluruh mobil. Ini konsep mendasar syariah, dimana konsep bunga di pembiayaan konvensional di sini jadi margin,” jelas Dwidadi Sugito, Kepala Satuan Kerja Sama Bisnis Ritel dan Konsumsi BCA Syariah.

Di sisi lain, BCA Syariah juga ingin terus meningkatkan jumlah nasabah mereka. Kini, masyarakat bisa memakai layanan leasing secara Islam ketika membeli mobil baru impian mereka.

Untuk memudahkan konsumen, BCA Syariah siap memberikan tenor cicilan yang sangat panjang. Masyarakat bisa memanfaatkan tenor ini untuk mengambil mobil impian dengan harga lebih mahal.

Gelaran GIIAS 2019 akan banyak mobil model baru termasuk dari Mitsubishi. Foto/Carmudi.

“Sekarang milenial, dan banyak orang main di online, atau marketplace. Kita ingin main di semuanya. Tren Millenial lebih ke nongkrong, mobilitas butuh mobil,” tambah Dwi.

Ia mengungkapkan bila dalam bank syariah ini konsepnya nasabah akan diberitahukan berapa harga mobil baru yang ingin mereka beli berikut dengan margin secara keseluruhan. Dwi menuturkan bila dalam akad, nasabah dari awal sudah mengetahui  berapa cicilan per bulan yang dihitung berdasarkan total harga jual berikut margin untuk bank

Untuk harga mobil ini, pihak BCA Syariah telah mengunci margin di depan. Penentuan margin dilakukan untuk menghindari terjadinya fluktuasi bunga saat angsuran berjalan.

“Secara gambarannya, kita beli dulu mobil dari showroom kemudian kita jual ke nasabah. Konsep di pembiayaannya, berapa harga mobil tasi dan berapa total margin yang disepakati dengan nasabah, kemudian kita bagi di jumlah angsuran yang harus dibayar,” ungkap Dwi.

Skema Leasing Mobil Baru dari BCA Syariah

Karena tenor cicilan lebih panjang, Dwi menyebut bila nasabah bisa ambil mobil yang lebih bagus dibanding dengan saat memakai kredit konvensional. Sebab, pembiayaan konvensional umumnya hanya membatasi pada tenor 4 tahun.

Berdasarkan skema kredit yang ditawarkan BCA Syariah, konsep riba yang kadang muncul dalam fluktuasi bunga di pembiayaan konvensional bisa dihindari. Untuk sistem syariah, maka diperkenalkan angsuran berjenjang bagi nasabah yang mengajukan kredit mobil.

“Kita bikin angsuran untuk tenor yang panjang ini berjenjang. Contohnya kalau tenor 5 tahun itu dibagi dua periode, 3 tahun pertama angsurannya fix dengan margin rendah, kemudian 2 tahun berikutnya angsuran juga fix namun dengan margin lebih tinggi. Kalau karyawan biasanya gaji naik, sehingga angsuran naik di periode kedua,” jelasnya.

Penulis: Yongki Sanjaya

Editor: Dimas

Baca Juga:

Ingin Membeli Mobil Bekas Secara Kredit? Berikut Caranya

Previous post
Simak 10 Keluhan Toyota Calya yang Kerap 'Didemo'
Next post
Suzuki Segarkan Satria F150, dan NEX II dengan Tambah Warna