Home » Berita » Jakarta Tergenang Banjir, Jalanan Ditutup dan Ganjil Genap Tidak Berlaku

Jakarta Tergenang Banjir, Jalanan Ditutup dan Ganjil Genap Tidak Berlaku

Banjir di Jakarta membuat beberapa ruas jalan ditutup

Jakarta – Hujan yang mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya sejak malam tahun baru kemarin menggenangi beberapa wilayah Ibu Kota. Wilayah sepanjang aliran Kali Ciliwung dan beberapa sungai lain di Jakarta meluap. Kondisi ini membuat beberapa jalan utama pun ditutup.

Sebagaimana dikutip dari laman NTMC Polri hari ini, Kamis (2/1/2019) kondisi ruas Jl. Jatinegara Barat, Jakarta Timur, tepatnya di dekat Pasar Jatinegara, pagi ini masih tergenang banjir sedalam 50 cm. Polisi terpaksa menutup dan mengalihkan lalu lintas kendaraan yang akan lewat di jalan ini. Sementara berdasarkan pantauan kami, ruas jalan di Casablanca setelah fly over Kampung Melayu ke arah Tebet lalu sebaliknya sudah dibuka kembali dan bisa dilalui kendaraan.

“Pengalihan arus lalu lintas ini sudah berlangsung sejak Rabu malam. Hingga kini, Jl. Jatinegara Barat belum bisa dilewati, banjir ini kiriman dari Bogor,” kata Kasat Lantas Polres Jakarta Timur, AKBP Suhli.

Suhli mengatakan kondisi kedalaman banjir di sepanjang Jl. Jatinegara Barat saat ini masih sekitar 50 cm. Sebelumnya, banjir juga menggenang di turunan jembatan Tebet arah ke Kampung Melayu dan mengakibatkan kemacetan di sekitar lokasi tersebut.

“Dalamnya sekitar 50 cm, lokasi tepatnya di dekat Pasar Jatinegara. Kali yang waktu itu pernah dibangun. Bidara Cina juga banjir,” ujarnya.

Ganjil Genap Ditiadakan Selama Banjir di Jakarta

Akibat dari luapan air yang membanjiri ruas jalan utama di Jakarta, membuat kondisi lalu lintas di beberapa wilayah belum kondusif. Untuk itu, sistem kebijakan ganjil-genap di seluruh ruas jalan Jakarta hari ini ditiadakan. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, melihat bila ruas jalan yang terkena ganjil-genap masih terdampak banjir.

“Kebijakan ganjil-genap memang besok (hari ini) ditiadakan, karena kita menyadari bagian kawasan-kawasan yang ada di Jakarta itu belum tentu dilewati leluasa oleh masyarakat,” kata Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Rabu malam.

Anies belum dapat memastikan apakah kebijakan menghentikan sementara ganjil-genap diberlakukan untuk sementara atau diperpanjang. Sementara ini, ganjil genap tidak berlaku hanya untuk hari ini namun bisa diperpanjang hingga Jumat, 3 Januari 2020. Pihaknya akan melihat situasi dampak banjir di ruas jalan Jakarta hari ini terlebih dahulu.

“Hanya untuk Kamis, nanti kita pantau lagi. Artinya Kamis ditiadakan, tapi untuk Jumat belum ada keputusan. Jadi Jumat mungkin akan tetap ada ganjil genap,” ungkapnya.

 

Penulis: Yongki Sanjaya

Editor: Dimas

Baca Juga:

Mobil Terkena Banjir, Ini Langkah Klaim Asuransinya

Previous post
Mobil Terkena Banjir, Ini Langkah Klaim Asuransinya
Adira
Next post
Mobil Terkena Banjir, Cek 7 Bagian Penting Ini