Home » Berita » Gara-gara Banjir, Proses Pembuatan Mobil Daihatsu Sempat Terganggu

Gara-gara Banjir, Proses Pembuatan Mobil Daihatsu Sempat Terganggu

Layanan Service Super Cepat (SSC) Daihatsu untuk perawatan mobil pasca mudik Lebaran

Jakarta – Banjir yang terjadi beberapa hari lalu di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) rupanya berimbas pada proses produksi mobil Daihatsu. Pabrik Daihatsu yang bertempat di Sunter, Jakarta Utara dan Karawang, Jawa Barat sempat terganggu dan berhenti memproduksi mobil. Ini lantaran bukan karena pabrik Daihatsu terendam banjir melainkan vendor yang biasa menyuplai headlining atau komponen atap mobil Daihatsu kebanjiran. Vendor tersebut berlokasi di Bekasi.

“Pabrik Daihatsu yang ada di Sunter dan di Karawang aman dari banjir, tapi ada dua vendor Daihatsu yang kebanjiran. Dua vendor ini paling penting. Lokasi di mana vendor ini berada terendam banjir sampai atap,” kata Amelia Chandra selaku Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), di Jakarta, Kamis (9/1/2020).

Seharusnya lanjut perempuan yang akrab disapa Amel itu, pabrik sudah mulai beroperasi pada 6 Januari, tapi karena adanya kejadian tersebut proses produksi mobil terpaksa berhenti hingga 8 Januari 2020. Tanggal 9 Januari pabrik kembali beroperasi dengan normal.

“Teman-teman dari pabrik optimis walaupun tidak berproduksi sampai tanggal 8 Januari tapi mereka akan mengejar kekurangan produksi. Pokokny akhir bulan ini kekurangan produksi bisa dipenuhi,” tambah Amel.

Tidak Berdampak Langsung Pada Penjualan dan Pengiriman

Meski sempat berhenti tiga hari, tapi tidak berdampak langsung pada pendistribusian mobil ke diler. Pengiriman mobil memang belum berjalan, sebab beberapa diler resmi Daihatsu belum beroperasi sepenuhnya pada awal tahun.

“Diler-diler Daihatsu walaupun tanggal 2 Januari sudah buka tapi kan masih banyak juga yang libur. Jadi memang mulai pengiriman itu baru pertengahan minggu ini. Jadi memang enggak terlalu terganggu juga. Ya masih mau dibilang beruntunglah kejadian banjir itu pada waktu tanggal 1 atau 2 Januari semua juga masih pada libur,” ucap Hendrayadi Lastioso, selaku Marketing & CR Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) pada kesempatan yang sama.

Test drive New Daihatsu Sigra di Bandung, Jawa Barat.
Test drive New Daihatsu Sigra di Bandung, Jawa Barat.

Selain pengiriman, Hendrayadi memaparkan penjualan mobil Daihatsu juga tidak terdampak.

“Kalau pun penjualan turun memang setiap Januari turun bukan karena banjir. Menurut kami karena musiman, bulan 12 itu pasti yang paling tinggi penjualannya, bulan satu pasti yang paling rendah penjualannya, karena sudah tertarik semua di bulan Desember 2019.” terang dia.

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Previous post
Motor Listrik Elvindo Diproduksi Lokal, Harga Lebih Terjangkau
Next post
Sepeda Motor Listrik Elvindo Dijual Murah, untuk Masyarakat Kelas Bawah