Home » Berita » Generasi Baru Nissan Juke Bakal Meluncur di 2019

Generasi Baru Nissan Juke Bakal Meluncur di 2019

Nissan Juke – Chesnut Bronze (Foto: Autoevolution)

London – Nissan Juke diperkenalkan pertama kali di dunia pada 2010. Sejak saat itu, Nissan hanya melakukan beberapa kali penyegaran yang meliputi bagian eksterior dan interior mobil saja tanpa ada perubahan besar. Nissan Juke secara global bahkan sudah distop produksinya dan posisinya digantikan dengan Nissan Kicks. Namun Juke ternyata tidak disuntik mati dan hanya mati suri, menurut perkembangan terbaru.

Nissan rupanya sudah memiliki rencana untuk menghadirkan generasi baru Nissan Juke. Saat ini generasi baru Nissan Juke tengah dikembangkan di studio Nissan London, Inggris.

Nissan Juke generasi kedua ini rencananya akan melakukan debut di sebuah pameran otomotif berskala internasional. Diperkirakan crossover dengan desain nyeleneh itu mulai diproduksi pada 2019.

Bos desain Nissan global, Alfonso Albaisa mengungkap dalam wawancara dengan Autocar bahwa desain generasi baru Juke tidak akan terlalu ‘berlebihan’ seperti model lawasnya dan tidak juga akan terlalu futuristik seperti mobil konsep Nissan IMx.

“Itu (Nissan Juke generasi kedua) tidak terlihat seperti IMx (mobil konsep listrik jenis crossover yang meluncurkan di Tokyo tahun lalu) atau New Leaf,” kata Albaisa.

Albaisa juga menepis rumor yang menyebutkan bahwa desain generasi baru Juke yang konon sudah ada sebelumnya, sempat dikembalikan lagi ke desainer Nissan untuk di desain ulang. “Nissan Juke terbaru pasti akan segera hadir. Saya tidak tahu dari mana rumor itu berasal,” tambah dia.

“Pekerjaan kami lebih mudah dengan Juke generasi pertama, karena tidak ada model lain seperti itu. Dan kesuksesan mobil itu sangat besar bahkan polarisasinya sangat kelihatan,” sambung Albaisa.

Jika disimpulkan, perubahan desain Juke generasi kedua bakal radikal. Desainnya tetap memiliki karakter nyeleneh khas Juke yang menjual, namun sepertinya lebih ‘soft‘. Sang bos bahkan bergurau andai karakter Juke asli berubah, Nissan mungkin harus mengubah namanya jadi ‘Nancy’.

Generasi Baru Nissan Juke Menggunakan V-Platform

Belum banyak yang dibocorkan oleh Nissan terkait generasi baru Juke. Namun diperkirakan Juke terbaru akan dibangun menggunakan V-Platform yang dimiliki oleh aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi. Platform yang sama juga digunakan oleh Renault Clio dan Nissan Micra.

Generasi pertama Nissan Juke diperkenalkan di pameran otomotif Geneva Motor Show pada 2010. Sejak kehadirannya popularitas crossover mulai menanjak. Dalam hal penjualan, mobil yang bermain di segmen tersebut tumbuh sepuluh kali lipat di seluruh Eropa antara 2010 dan 2016.

Diperkirakan pada 2022 penjualannya semakin tumbuh sekira dua kali lipat dari pencapaian pada 2016 sebesar 1,13 juta unit. Di Eropa, penjualan Nissan Juke sangat tinggi telah melampaui angka 100.000 unit per tahun.

Beda dari Eropa, Penjualan Juke di Indonesia ‘Menyedihkan’

Nissan Juke merupakan model global yang dipasarkan ke berbagai negara, termasuk Indonesia. Juke pertama kali masuk Indonesia pada 2011. Saat ini Nissan Motor Indonesia (NMI), Agen Pemegang Merek (APM) mobil Nissan di Tanah Air, masih menawarkan lima varian Juke dengan harga mulai dari Rp301,7 juta sampai yang tertinggi Rp324,9 juta.

Di awal kemunculannya, Nissan Juke mendapat sambutan yang positif dari konsumen di Indonesia. Namun seiring berjalannya waktu dan semakin ketatnya persaingan di segmen SUV, Nissan Juke kian terpuruk. Terlebih disusul munculnya beberapa pendatang baru. (dna)

motogp di inggris dibatalkan
Previous post
Bukan Hujan, Ini Penyebab Utama MotoGP di Inggris Dibatalkan
pasang body kit mobil
Next post
Pasang Body Kit Mobil untuk Harian, Seberapa Penting Fungsinya?