Berita

Generasi Penerus Nissan March akan Dikembangkan Oleh Renault

Nissan March (Foto: Paultan)

Paris – Pabrikan mobil asal Prancis Renault disebut-sebut akan mengembangkan sekaligus merakit generasi penerus dari Nissan March atau di sejumlah negara dikenal juga dengan nama Micra. Nissan dan Renault coba memulai kembali kerja sama yang lebih erat dalam hal produksi. Sekaligus memanfaatkan aliansi mereka untuk membantu membangun bisnis yang lebih baik lagi kedepannya.

Ashwani Gupta, Chief Operating Officer Nissan, dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Prancis Le Monde yang diterbitkan pada Senin lalu, mengatakan, “Untuk generasi penerus March, kami akan mengikuti Renault. Kami juga akan meminta Renault untuk mengembangkan dan menjadikan generasi selanjutnya dari March untuk kami,” ujarnya, seperti dilaporkan Reuters, Jumat (11/9/2020).

Dia menambahkan bahwa rencana pengembangan March adalah contoh strategi baru sebagai bagian dari aliansi global antara Nissan, Renault dan Mitsubishi.

Model Nissan March sudah dirakit di pabrik Renault Flins di Prancis. Meskipun nantinya sekira 2024, tempat tersebut akan diubah menjadi pusat kegiatan daur ulang.

March terbaru diperkirakan memiliki dimensi lebih besar dibanding pendahulunya. Selain itu akan dibangun menggunakan platform Common Modular Family (CMF-B) milik aliansi.

Di Eropa, March generasi kelima debut perdana pada akhir 2016. Kemudian pemasarannya diperlebar ke negara-negara lain.

Nissan March di Indonesia

New Nissan March

New Nissan March banyak disukai oleh kaum hawa karena bentuk compact namun kabinnya lega. Foto : Carmudi Indonesia/Zie

Nisan March pertama kali dipasarkan di Indonesia pada 2010. Kedatangannya mendapat sambutan yang cukup baik dari konsumen. Terbukti beragam penghargaan telah diterimanya. Tak heran, karena pengembangan March ditujukan demi memenuhi kebutuhan pasar Indonesia yang telah berubah.

Pada 2011, Nissan mendatangkan versi Autech yang dikembangkan dari tipe XS. Bedanya dari versi biasa, March Autech tampil lebih sporty dengan tambahan aksesori di bagian eksterior dan interiornya.

Tiga tahun lebih tidak mengalami penyegaran, akhirnya di 2014 Nissan menghadirkan March terbaru. Tidak cuma tampang luar dan dalamnya saja yang berubah, perusahaan juga menawarkan pilhan mesin 1.500 cc dari keluarga HR15DE. Mesin ini dibekali teknologi Continuously Variable-valve Timing Control (CVTC) yang menawarkan performa dan efisiensi bahan bakar optimal. Sebelumnya Nissan hanya mendatangkan mesin 1.200 cc.

Melompat ke 2017, disinilah March terakhir kali mendapat penyegaran. Tak banyak yang berubah, hanya sebatas pembaruan desain pada sektor penerangan dan interiornya menggunakan head unit berikuran lebih besar.

Merujuk pada website resmi Nissan Indonesia, sekarang ini hanya ada satu varian saja yang diniagakan. Harganya Rp185,8 juta on the road Jakarta.

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts

Comments are closed.