Home » Berita » Gerbang Tol Otomatis Berlaku, PHK Besar-Besaran Petugas Penjaga Tol?

Gerbang Tol Otomatis Berlaku, PHK Besar-Besaran Petugas Penjaga Tol?

GTO
Sistem GTO mengganti fungsi petugas penjaga loket bayar tol, kemanakah para petugas ini nantinya ditempatkan? (Carmudi Indonesia/Enda)

Jakarta – Seperti kita ketahui, per 31 Oktober 2017 nanti, semua gerbang tol akan memberlakukan sistem otomatis alias Gerbang Tol Otomatis.

Gak bakal ada lagi yang namanya antri bayar tol yang memakan waktu lama, sehingga diharapkan kemacetan di setiap gerbang tol sudah tak ditemui lagi.

Tapi, apakah masalah selesai sampai disitu? Pertanyaan terbesar adalah bakal dikemanain seluruh sumber daya manusia yang awalnya di plot untuk menjaga gerbang tol?

Tentu dengan sistem Gerbang Tol Otomatis, tak diperlukan lagi petugas penjaga gerbang tol. Karena fungsi mereka sudah diganti dengan sistem tap kartu e-toll untuk melakukan transaksi.

Baca Juga : Menanti Hilangnya ‘Uang Kovensional’ di Gerbang Tol

Baca Juga : Jajal Langsung Layanan Baru Tol Jagorawi, Benarkah Mengurai Macet?

Baca Juga : INFOGRAFIS: Layanan Baru Tol Jagorawi Urai Kemacetan?

Menjawab pertanyaan ini, Sofian, Kepala Gerbang Tol Bogor memastikan tidak akan ada proses PHK karena semua petugas masih tetap diberdayakan.

“Nanti sih rencananya setiap tiga Gerbang Tol Otomatis akan dijaga sama satu orang. Yang pasti kita jamin tidak akan ada proses PHK,” jelasnya saat disambangi Carmudi Indonesia, Selasa (12/9).

Dengan diberlakukannya sistem GTO di Tol Jakarta, Bogor, Ciawi (Jagorawi) sejak 8 September 2017 lalu, PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengklaim berhasil mengurangi tingkat kemacetan, khususnya di Gerbang Tol Cibubur Utama.

Kebijakan ini sendiri sudah mulai disosialisasikan ke masyarakat pengguna tol Jagorawi sejak 18 Agustus 2017 lalu.

Masyarakat juga diuntungkan dengan kebijakan ini karena tarifnya turun dari Rp 8.500 menjadi Rp 6.500 (Golongan I) dan berlaku flat, jauh-dekat harganya sama. (Amel/Zie)

eToll
Previous post
Menanti Hilangnya 'Uang Kovensional' di Gerbang Tol
Honda Clarity
Next post
Honda Clarity Plug-In Hybrid Sekali Isi Baterai Bisa Tempuh 75.6 Km