Berita

GIIAS 2022 Resmi Digelar: 30 Mobil Baru dan Banyak Kendaraan Listrik!

GIIAS, Tangerang — Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 resmi dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi, Kamis (11/8/2022).

Pada kesempatan ini, Yohannes pun menyampaikan bahwa ekspor kendaraan berstatus CBU (Completely Built Up) telah mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Opening GIIAS 2022

Gaikindo Indonesia International Auto Show 2022 telah resmi dibuka di ICE-BSD, Tangerang. (Foto: Nadya/Carmudi)

“Pada periode Januari—Juli 2022, total ekspor CBU mencapai 242.201 unit. Dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu, tercatat kenaikan ekspor CBU sebesar 45,8 persen,” ujarnya.

Yohannes pun mengatakan industri otomotif Indonesia terus mendorong penggunaan komponen dalam negeri. Bahkan, masih menurut paparannya, kendaraan buatan Indonesia telah memakai 30—80 persen lebih komponen lokal.

“Hal ini dilakukan agar tetap menjadi tempat yang menarik untuk investor. Selain itu, juga untuk mengurangi impor dan meningkatkan ekpor,” katanya.

Yohannes juga menyampaikan seluruh kendaraan yang diproduksi anggota Gaikindo saat ini telah menerapkan standar emisi gas buang Euro 4 sesuai ketentuan dari Pemerintah.

“Ini sebagai bentuk nyata untuk mendukung upaya Pemerintah dalam mencapai Net Zero Emission,” jelasnya.

GIIAS 2022 Dukung Pengembangan Ekosistem Kendaraan Listrik

Opening GIIAS 2022

Pembukaan GIIAS 2022 di ICE BSD, Tangerang. (Foto: Nadya/Carmudi)

Selain itu, turut disampaikan bahwa industri otomotif Indonesia mendukung penuh upaya Pemerintah terkait dengan transisi menuju energi yang berkelanjutan serta pengembangan ekosistem kendaaraan listrik.

“Untuk itu, sejak 2022, beberapa anggota Gaikindo telah mulai memproduksi kendaraan listrik berbasis baterai atau BEV (Battery Electric Vehicle). Produk tersebut bisa dilihat secara langsung mulai hari ini di pameran GIIAS 2022,” ujar Yohannes.

Sebagai informasi, GIIAS 2022 mengusung tema “The Future Is Bright” di mana mulai banyak memamerkan dan mengedukasi masyarakat akan kendaraan listrik.

Hal ini bisa terlihat dari adanya trek khusus test drive dan test ride kendaraan listrik di Hall 10, ICE-BSD 11—21 Agustus.

Menurut catatan Carmudi, GIIAS tahun ini akan diramaikan dengan kehadiran 30 mobil baru dari seluruh merek peserta pameran.

Penulis: Nadya Andari
Editor: Dimas

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts

/