Home » Berita » Giorgetto Giugiaro Putuskan Jual Sisa Saham ke Audi

Giorgetto Giugiaro Putuskan Jual Sisa Saham ke Audi

Salah seorang desainer mobil legendaris asal Italia, Giorgetto Giugiaro, memutuskan untuk pensiun. Ia juga memutuskan untuk menjual sisa saham dari perusahaan yang didirikannya pada Audi. Sekitar lima tahun lalu, Giugiaro sudah menjual sekitar 90,1% saham dari rumah desain Italdesign Giugiaro SpA ke merek asal Jerman tersebut. Dan kini, sisa saham sekitar 9,9% yang dimilikinya diambil oleh Audi. Pabrikan mobil premium itu pun sudah menguasai seluruh saham dari rumah desain yang didirikan sejak 1968 silam.

Giorgetto Giugiaro
Volkswagen Golf MKI hasil karya Giorgetto Giugiaro

Giorgetto Giugiaro Desainer Mobil-mobil Legendaris

Giugiaro mendirikan Italdesign setelah berpisah dari Bertone dan Ghia. Ia pun bertanggung jawab untuk desain mobil-mobil eksotis pada era 1970-an seperti Maserati Merak, Lotus Esprit, Volkswagen Golf, Passat, Scirocco, dan masih banyak lagi. Tak hanya itu saja, Giugiaro juga bertanggung jawab untuk desain pada BMW M1, Maserati Bora, Audi 80, Fiat Panda, serta beberapa seri dari model –model Alfa Romeo. Pada Maret lalu, beberapa karya terbarunya sempat dihadirkan di ajang Geneva Motor Show.

Giorgetto Giugiaro
Maserati Merak hasil karya Giorgetto Giugiaro

Masa-masa kejayaan Italdesign berlangsung antara kurun waktu 1970 hingga 1990-an, di mana hampir semua pabrikan mobil memercayakan desainnya pada desainer asal Italia tersebut, termasuk pabrikan mobil sport mewah yang kerap menjadi langganannya, Ferrari. Namun, memasuki era tahun 2000 menjadi awal kejatuhan rumah desain tersebut dan harus menjual mayoritas sahamnya pada Volkswagen Group.

Era Millennium Jadi Awal Keterpurukan Giorgetto Giugiaro

Awal tahun 2000 menjadi tahun yang berat dan tak bersahabat bagi Italdesign, sehingga Giugiaro harus menjual sahamnya sebanyak 90,1 persen pada Volkswagen Group. Pada kisaran 2013, eks bos desain Audi, Wolfgang Egger ditunjuk oleh perusahaan untuk menangani seluruh desain, tapi hanya sanggup bertahan selama satu tahun saja dan memutuskan hengkang pada akhir 2014. Meski begitu, Italdesign tetap melanjutkan pekerjaan mereka,t ermasuk menghadirkan Gea Concept di ajang Geneva Motor Show 2015.

Giorgetto Giugiaro
BMW M1 hasil karya Giorgetto Giugiaro

Meskipun sudah menjual seluruh sahamnya, tapi Giorgetto Giugiaro sudah meninggalkan warisan yang sangat berharga dalam dunia otomotif. Sedangkan masalah pengunduran diri dan penjualan sahamnya, masih belum ada penjelasan secara pasti. Namun, dalam satu pernyataan dikatakan kalau Giugiaro memutuskan mundur karena ingin lebih banyak menghabiskan waktu pada kepentingan pribadinya. Selain itu, perubahan yang terjadi juga tak berdampak pada pengembangan perusahaan di masa mendatang.

Previous post
How To Escape The Office On Summer Fridays (without Getting Caught)
Next post
Dealer AutoWay, Spesialis Mobil Bekas Kelas Premium