Home » Berita » GM Thailand Stop Jualan, Nasib Captiva Buatan Wuling Indonesia Masih Tanda Tanya

GM Thailand Stop Jualan, Nasib Captiva Buatan Wuling Indonesia Masih Tanda Tanya

Prosesi simbolis pelepasan unit ekspor SUV Wuling ke Thailand, Brunei Darussalam, dan Fiji (Foto: Wuling Motors)

Jakarta – General Motors (GM) baru saja mengumumkan rencana untuk berhenti menjual mobil Chevrolet di Thailand pada akhir 2020. Tak cuma itu, perusahaan asal Amerika Serikat itu juga berencana untuk menjual pabrik Chevrolet di Rayong, Thailand.

Sama seperti di Indonesia, dalam rangka menghabiskan stok mobil baru yang masih ada di diler, GM Thailand menggelar promo ‘cuci gudang’ dengan potongan harga hingga 50 persen. Saat ini hanya ada tiga model yang dipasarkan oleh Chevrolet di Thailand, yaitu Chevrolet Captiva, Trailblazer, dan pikap Colorado.

Dari tiga produk yang dipasarkan, Chevrolet Captiva didatangkan langsung dalam bentuk utuh atau Completely Build Up (CBU) dari Indonesia. Mobil jenis sport utility vehicle (SUV) itu diproduksi oleh PT SAIC General Motors Wuling (SGMW) Motor Indonesia selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Wuling Motors di Indonesia di Greenland International Industrial Center (GIIC), Deltamas, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Chevrolet Captiva yang diekspor ke Thailand merupakan rebadge dari Wuling Almaz yang dipasarkan di Indonesia. Chevrolet Captiva diekspor pertama kali ke Thailand pada September 2019. Jumlah unit yang dikirim hingga akhir 2019 disebut telah mencapai ribuan mobil.

Dengan adanya keputusan GM di Thailand tersebut,nasib Chevrolet Captiva ke depannya pun menjadi pertanyaan.

“Untuk permintaan ekspor tentunya mengikuti dengan kebutuhan dari masing masing negara. Kami masih menunggu informasi dari sana untuk rencana ke depannya,” jawab Brian Gomgom Simbolon, Media Specialist PT SGMW Motors Indonesia kepada Carmudi melalui pesan singkat.

Ketika Carmudi kembali bertanya apakah saat ini pengiriman Chevrolet Captiva ke Thailand masih berjalan, Gomgom tidak membalas pertanyaan kami.

Chevrolet Captiva Dijual Murah

Keputusan GM tarik diri dari Thailand justru membuat banyak konsumen berbondong-bondong mengunjungi diler resmi mobil Chevrolet. Pasalnya, Chevrolet memberikan diskon menggiurkan pada setiap penjualan kendaraannya.

Captiva 1.5 LS Turbo terbaru misalnya, mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV) yang diproduksi oleh Wuling Indonesia ini ditawarkan dengan setengah harga. Sebelumnya dijual 999.000 baht (Rp439 jutaan), kini bisa dibeli hanya dengan harga 499.000 baht (Rp219 jutaan). Lain lagi dengan Chevrolet Colorado Trailboss MT 2WD, dari harga awal sebesar 859.000 baht (Rp373 jutaan) menjadi 655.000 baht (Rp284 juta).

Wuling Almaz di GIIAS Surabaya 2019 (Foto: Wuling Motors)

Membludaknya konsumen yang ingin membeli mobil Chevrolet membuat sebagian diler resmi kebingungan. Bahkan beberapa di antaranya memilih untuk berhenti menerima konsumen yang hendak membeli Captiva.

Chevrolet Captiva buatan Wuling Indonesia memiliki sedikit perbedaan dengan Wuling Almaz di Tanah Air. Ini dilakukan sebagai upaya mengikuti peraturan yang berlaku di negara tujuan ekspor.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Tak Lagi Disponsori Datsun, Kini Bali United Didukung oleh Wuling Motors

Peserta DFSK Glory Day lakukan mini touring
Previous post
Puluhan Pengguna DFSK di Palembang Jalin Silaturahmi di Glory Day
Next post
Masuk Keluarga Maxi, Yamaha Lexi Punya Spesifikasi Mumpuni