Home » Modifikasi » Gokil! VW Crew Cab 1969 Ini Siap Saingi Tesla Cybertruck

Gokil! VW Crew Cab 1969 Ini Siap Saingi Tesla Cybertruck

VW “Votlswagen” dibekali powertrain milik Tesla Model S. (Foto: Carbuzz)

Newtown, Inggris – Sejenak kita lupakan dulu pandemi virus corona (Covid-19) untuk menengok modifikasi VW Crew Cab lansiran 1969 ini. Mungkin ini akan bisa menjadi referensi Carmudian yang memimpikan pikap listrik seperti Tesla Cybertruck, pikap berdesain nyentrik yang baru akan tiba di tangan konsumen pada 2021. Ya, pasalnya pikap buatan VW ini telah dipaksa bertransformasi menjadi mobil listrik.

Rumah modifikasi Classic Electric Cars adalah pelakunya, mereka memutuskan untuk mengubah VW Crew Cab jadul produksi 1969 menjadi pesaing Tesla Cybertruck atau bahkan Rivian. Seperti namanya, rumah modifikasi asal Inggris ini memang punya pekerjaan, sekaligus hobi gila dalam mengkonversi mobil klasik menjadi EV (Electric Vehicle).

Ubahan Tetap Pertahankan Karakter Vintage

VW “Votlswagen” Crew Cab 1969 ini punya torsi besar dan daya hingga 450 hp. (Foto: Carbuzz)

Classic Electric Cars mengatakan kepada Petrol Ped bahwa mereka sebelumnya memang memiliki VW Crew Cab dengan kemampuan hanya sekitar 49 hp. Alih-alih ingin meningkatkan dayanya, mereka pun memilih untuk memugar gandar belakang dan menyematkan powertrain listrik milik Tesla Model S. Menurut catatan, powertrain ini diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 450 hp! Menyikapi performa yang terdongkrak 10 kali lipat, Crew Cab ini pun dibekali sistem pengereman milik Porsche dan suspensi merek Bilstein.

Dasbor VW “Votlswagen”. (Foto: Carbuzz)

Tak hanya itu, sebagai asupan tenaga penggeraknya Crew Cab ini dibekali baterai 100 kW yang diambil dari Tesla Model X. Kendati baterai ini mampu menempuh jarak hingga 560 km, baterai pada Kombi ‘Buntung’ ini diperkirakan hanya mampu berjalan sejauh 402 km dalam sekali pengisian daya penuh. Layaknya mobil listrik murni lainnya, lubang tangki bensin mobil ini pun disulap jadi port pengisian daya ulangnya.

Lubang port pengisian daya ulang. (Foto: Carbuzz)

Masuk ke dalam kabinnya, Electric Classic Cars melakukan beberapa ubahan modern. Di sistem kemudi, mobil ini kini telah dilengkapi dengan electric power steering untuk memudahkan manuvering.

Selain itu, demi mengimbangi powertrain listrik dan cukup layak disebut sebagai mobil listrik, interior VW Crew Cab ini juga mendapat ubahan lain. Seperti misalnya head unit layar sentuh pada dasbor sebagai transmisi digital. Jadi, untuk mengubah transmisi maju (drive/D), mundur (reverse/R), atau netral (N) cukup dengan menyentuh layar tersebut.

Kendati demikian, Electric Classic Cars tetap mempertahankan orisinalitasnya agar tetap berkarakter vintage. Di antaranya seperti rem tangan, klakson sepeda, kompartemen kecil nan jadul, hingga material jok hanya direstorasi. Dirasa sudah mendapat ubahan cukup radikal, Classic Electric Cars menamai VW Crew Cab 1969 ini dengan “Voltswagen”. Keren, kan?!

Tesla Cybertruck, desainnya sempat bikin geger pecinta otomotif di seluruh dunia. (Foto: Car and Driver)

Mungkin memang agak berlebihan kalau menyebut Voltswagen ini akan menjadi pesaing Tesla Cybertruck. Namun setidaknya, VW Crew Cab 1969 ini bisa menjadi mobil kabin ganda listrik dengan desain yang dicintai banyak orang di muka bumi.

Tentang VW Crew Cab (Kombi Double Kabin)

Bicara soal VW Crew Cab, mobil ini bisa dibilang langka di Indonesia. Pikap kabin ganda ini merupakan salah satu varian dari VW Type 2 generasi pertama. Melihat muka dan setengah bodi ke belakangnya, bisa dibenarkan juga kalau ini disebut Kombi varian kabin ganda.

Konon para pemilik mobil dengan bak tipe flat bed serta kabin tambahan dan dua baris jok di belakang ini, langsung mengimpornya dari Jerman dan Brazil. Jadi tak heran kalau Carmudian bisa menemukan salah satu unitnya di jalanan tapi punya konfigurasi setir kiri.

 

Penulis: Dimas

Baca Juga:

Di Tengah Pandemi Corona HASCAR Luncurkan All New Jeep Cherokee 2020

Previous post
Perusahaan BYD Toyota Resmi Berdiri, Siap Kembangkan Mobil Listrik
Next post
Kenali Penyakit Satria Hiu, Pengapian Suka Ngambek