Berita

Grand Carnival Jadi Senjata Kia di GIIAS 2021

Jakarta – Sejumlah produsen otomotif tengah mempersiapkan diri menyambut gelaran GIIAS 2021, salah satunya adalah Kia. Pabrikan asal Korea Selatan ini sudah menyiapkan “senjata” untuk meramaikan pameran otomotif terbesar di Asia Tenggara tersebut.

Ridjal Mulyadi, Promotion Dept Head PT Kreta Indo Artha (Kia) saat konferensi pers beberapa waktu lalu mengatakan akan meluncurkan Grand Carnival di GIIAS 2021.

“Kami rencananya akan melakukan konferensi pers pada 11 November 2021. Di ajang tersebut nanti kami akan meluncurkan Kia Grand Carnival secara resmi,” ujarnya pekan lalu di Jakarta.

kia grand carnival 2022

Mobil dengan kapasitas 11 orang penumpang ini sebenarnya sudah lebih dulu meluncur di Thailand. Di Negeri Gajah Putih Grand Carnival sudah menggunakan logo baru dan hadir dalam 2 varian; EX dan SXL.

Kia Grand Carnival ini akan dibekali dengan mesin berkapasitas 2.200 cc, 4 silinder, turbo bertenaga 199 hp @3.800 rpm dengan torsi maksimum 441 Nm @1.750-2.750 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan menggunakan transmisi otomatis 8 percepatan.

Untuk harganya sendiri, Grand Carnival varian EX dijual 2,1 juta Baht atau setara Rp905 jutaan.

kia grand carnival 2022

Sedangkan SXL yang menjadi varian tertingginya dibanderol 2,4 juta Baht atau setara Rp1 miliar.

Jika melihat harganya, Kia Grand Carnival 2022 ini bisa berhadapan langsung dengan Hyundai Staria yang punya banderol harga mirip.

Untuk versi EX, Kia memberikan opsi berupa fitur wireless charger serta wiper otomatis dengan sensor hujan. Sedangkan head unitnya memakai ukuran 8 inci dengan layar sentuh yang sudah terintegrasi dengan Apple Car Play dan Android Auto.

Tak hanya itu, EX juga dibekali dengan smart power sliding door, airbag 7 titik, dan curtain surrounds. Ada juga opsi rear view camera yang diberikan kepada konsumen yang ada di Thailand.

kia grand carnival 2022

Sedangkan untuk varian SXL dibekali dengan digital supervision cluster instrument screen. Fitur tersebut mirip yang ada di Hyundai Staria, yang memungkinkan pengemudi melihat mobil di sisi blind spot ketika menyalakan sein.

Pihak Kia sendiri sudah mendaftarkan Grand Carnival ke dalam daftar Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Samsat DKI Jakarta pada Februari lalu.

Baca Juga:

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts