BeritaMobilSumber informasi

Grand Livina Special Version Muncul, Ini Perubahannya

Serpong – Cukup lama tak melakukan penyegaran, akhirnya Nissan Motor Indonesia (NMI) mengeluarkan varian baru untuk mengobati rasa rindu terhadap Grang Livina. NMI resmi memperkenalkan varian baru Grand Livina Special Version, Sabtu (10/3) lewat acara LivinAlife di Serpong, Tangerang.

Tak terasa sudah 11 tahun mobil ini mengaspal di Indonesia dan tercatat Nissan Grand Livina telah melakukan beberapa kali penyegaran produk. Setelah meluncur pada 2007, model ini mengalami penyegaran pada 2012 sekaligus menghentikan model 1.8 liter.

Pada 2013, NMI menghadirkan All New Grand Livina dan All New Livina X-Gear dengan kapasitas 7 penumpang dan tak lagi meneruskan model hatchback 5 penumpang. Sementara pada 2016 terjadi minor change pada Grand Livina.

Memang meskipun tanpa dilakukan penyegara penjualan Nissan Grand Livina di Indonesia cukup lumayan. Melihat data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sepanjang 2017 total penjualan Nissan Grand Livina mencapai 6.204 unit. Dengan rata-rata penjualan per bulan sekitar 517 unit.

Angka ini menurun drastis dibanding penjualan pada 3-4 tahun terakhir dengan rata-rata per bulan mencapai 3.000 – 4.000 unit. Namun apakah di 2018 dengan mengeluarkan Livina Special Version akan mampu mendongkrak penjualan kembali? Mengingat saat ini persaingan makin ketat di segmen ini.

Spesifikasi Livina Special Version

Segmen MPV di Indonesia memang sedang memanas, seakan tak mau ketinggalan NMI menambahkan varian baru yaitu Grand Livina Special Version. Apa saja yang baru pada varian ini? Apakah cukup menarik konsumen?

Rupanya model special version ini tampilan eksteriornya lebih sporty, dengan penambahan dan revisi di beberapa titik. Ya, meskipun tak terlalu signifikan namun patut diapresiasi usaha Nissan dalam melakukan penyegaran.

Bila menengok eksteriornya tampak pada sisi depan varian Grand Livina special version ini mempunyai aero kit terbaru yang telah dilengkapi dengan DRL (daytime running light). Selain itu sisi front bumper mempunyai sentuhan chrome finisher.

Sedangkan untuk keempat “kakinya” menggunakan alloy wheel 16 inci serta rear roof dua warna. Pada side skirt dilengkapi dengan chrome body molding yang diklaim membuat Grand Livina lebih eksklusif dan premium. Sementara pada bagian belakang disempurnakan dengan penyematan rear spoiler.

Sedikit perubahan pada bagian interior, di baris depan ada ubahan ornament di centre cluster. Ornamen warna chrome dan hitamnya mengalami perubahan, juga ada audio steering wheel. Mobil yang dibanderol Rp 220 juta OTR Jakarta ini untuk mesinnya tak mengalami perubahan.

Bila Anda tertarik sudah bisa dilakukan pemesanan, akan tetapi pengirimannya baru akan dilakukan akhir Maret 2018. Sebagai informasi Nissan Grand Livina muncul di pasar Multi Purpose Vehicle di Indonesia pada 2007. Model ini langsung dirakit secara lokal dan Indonesia menjadi negara kedua yang memproduksi Nissan Grand Livina setelah Cina. (dol)

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts