Berita Mobil Reviews

SUV Kencang dari Korea Ini Kini Bertabur Fitur Canggih, Berikut 10 Hal Menarik yang Wajib Diketahui

Hyundai The Grand New Santa Fe (Carmudi/Fransiscus Rosano)

Jakarta – Kejutan, kejutan! Out of the blue, tiba-tiba PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) mengeluarkan senjata pamungkasnya di awal tahun 2019 ini. Hyundai Santa Fe, salah satu SUV diesel kencang andalan pabrikan Negara Ginseng ini, menerima varian baru yang bertaburkan fitur canggih yang disebut “The Grand Santa Fe”.

Wah, inikah yang ditunggu oleh para setiap pecinta SUV?

Meski pada generasi keempatnya, All New Santa Fe telah memiliki bentuk futuristis, platform baru yang terasa sangat nyaman dan rigid, berbagai teknologi baru dan mesin diesel yang terkenal sangat kencang, namun tak sedikit loyalis SUV mewah dalam negeri yang masih kurang puas terhadap fitur yang disuguhkan di varian GLS dan XG.

Hyundai Grand Santa Fe - Eksterior (Carmudi/Fransiscus Rosano)

Mendengarkan calon konsumennya, tak butuh lama sampai akhirnya varian baru, sang crowd pleaser, diluncurkan oleh PT HMI.

“Sejak diluncurkan pertama kali di Indonesia di ajang GIIAS 2018 lalu dan mendapatkan penghargaan sebagai ‘1stWinner Favorite Passenger Car’ dari pengunjung pameran GIIAS 2018, All New Santa Fe telah mendapatkan respon yang baik/positif dari konsumen maupun media. Namun untuk memenuhi kebutuhan di segmen premium, kami hadirkan The Grand Santa Fe yang telah memiliki fitur-fitur terbaik di kelas SUV,” ujar Mukiat Sutikno, President Director perusahaan yang berasal dari negeri K-POP ini.

Lantas, apa saja yang wajib diketahui dari varian baru, Hyundai The Grand Santa Fe, yang kini vertabur fitur canggih? Langsung simak detailnya di bawah ya! (ADV)

1. Varian Tertinggi

Melengkapi yang sebelumnya telah tersedia, The Grand Santa Fe ini adalah varian tertinggi dari setiap All New Santa Fe di Indonesia. Jadi dari yang paling rendah ada GLS, XG dan yang tertinggi, The Grand Santa Fe.

Namun nama “Grand” ini jangan disalah-artikan dengan Grand Santa Fe versi global dulu yang lebih panjang ya. Ini adalah model yang sama dengan yang generasi ke empat yang dijual di sini sekarang dengan kode bodi TM, hanya saja berupa varian lebih tinggi.

Untuk daftar harga lengkap dan lebih jelasnya, silakan kunjungi website Hyundai Indonesia ini.

2. Bagasi Elektrik Pintar

Berbeda dengan All New Santa Fe GLS dan XG yang masih menggunakan bagasi manual, The Grand Santa Fe telah dilengkapi bagasi yang dapat dioperasikan secara elektrik. Uniknya, tak hanya sekadar fungsi buka tutup saja yang disediakan. Ada beberapa fitur pintar juga yang disematkan di bagasi elektrik ini.

Yang pertama adalah Smart Power Tailgate. Fitur ini dapat diaktif dan nonaktifkan via MID (Multi Information Display). Fungsi ini dapat membuka pintu bagasi tanpa perlu menekan tombol apapun atau melakukan gestur kaki apapun, cukup dekati saja pintu bagasinya dan akan terbuka secara otomatis.

Hyundai Grand Santa Fe - Bagasi (Carmudi/Fransiscus Rosano)

Hyundai Grand Santa Fe - Bagasi (Carmudi/Fransiscus Rosano)

Satu lagi, kecepatan buka dan tutup pintu bagasinya juga dapat diatur via MID. Kecepatan yang lebih lambat berfungsi untuk membuka bagasi di tempat sempit, jika tak yakin apakah pintu akan mentok ke sekitarnya atau tidak. Sedangkan yang lebih cepat akan cocok digunakan di keadaan lainnya.

Detail dari fungsi bagasi elektrik pintar ini, bias langsung dicek dari artikel berikut.

3. Instrument Cluster TFT LCD

Tak seperti All New Santa Fe GLS dan XG yang menggunakan instrument cluster dengan MID berupa LCD monokrom yang memiliki menu sangat lengkap itu, varian The Grand Santa Fe ini sudah mengaplikasikan tipe LCD TFT full color 7 inci. Kerennya, desain MID ini terlihat menyatu dengan sisa instrument cluster analog di kiri-kanannya.

Informasi yang tersedia menyerupai yang ada di versi LCD monokromnya, sangat lengkap dengan berbagai indikator pintar seperti memberitahukan ketika tuas lampu dan wiper diubah-ubah.

Hyundai Grand Santa Fe - Interior (Carmudi/Fransiscus Rosano) Hyundai Grand Santa Fe - Interior (Carmudi/Fransiscus Rosano) Hyundai Grand Santa Fe - Interior (Carmudi/Fransiscus Rosano)

Paling unik, warna background MID dan lampu instrument cluster, juga temanyadapat berubah-ubah sesuai mode berkendara (Drive Mode) yang sedang dipakai. Saat masuk ke mode ECO akan berubah menjadi warna hijau, akan menjadi warna biru di mode Comfort dan merah di Sport. Sedangkan, di mode Smart, warnanya akan mengikuti gaya berkendara yang otomatis mengubah modenya.

Selain itu, MID-nya juga dapat diubah dengan tema menjadi layar digital dan analog. Detail dari fungsi instrument cluster digital ini, bias langsung dicek dari artikel berikut.

4. Head Unit dengan Apple CarPlay dan Android Auto

Alih-alih menggunakan head unit (HU) 5 inci monokrom seperti varian GLS dan XG, kali ini The Grand Santa Fe mempercayakan sistem hiburan kabinnya ke HU layer sentuh 7 inci. Kerennya, head unit ini tetap menganut desain floating yang memberikan kesan modern tersendiri.

Kontrol fisikal berupa beberapa tombol dan dua kenop untukmengganti lagu dan mengatur volume juga tetap disediakan sebagai alternatif pengendali lebih mudah ketika sedang berkendara.

Hyundai Grand Santa Fe - Interior (Carmudi/Fransiscus Rosano)

Media yang dapat diputar ada USB dan AUX yang port-nya terintegrasi di bawah, Bluetooth untuk fungsi teleponi dan streaming musik. Fungsi yang cukup unik, adalah tersedianya aplikasi voice note untuk merekam suara langsung dari head unit.

Paling keren, fungsi Apple CarPlay dan Android Auto, yang memproyeksikan sistem operasi ala-ala smartphone kesayangan di layar head unit juga tersedia loh!

Sebenarnya, masih banyak fungsi unik dari head unit canggih The Grand Santa Fe ini. Untuk detailnya, bisa dicek dari artikel berkut.

5. “6 Airbags”, Kamera dan ECM

Meski fitur keselamatan di All New Santa Fe sudah bertambah drastis dibanding generasi sebelumnya, The Grand Santa Fe ternyata menyiapkan kejutan lebih jauh untuk segi safety ini.

Kantung udara alias airbag ketambahan 4 buah dari sebelumnya 2 di GLS dan XG, kini total jadi 6 airbags dengan tambahan side airbags di jok untuk melindungi bagian thorax danpelvis, juga di side curtain airbags.\

Hyundai Grand Santa Fe - Interior (Carmudi/Fransiscus Rosano)

Bila sebelumnya terdapat sensor parkir 4 titik terintegrasi di belakang SUV kencang Korea ini, kini fungsi ini ketambahan langsung kamera mundur. Tentu tak sekadar tambahan aftermarket, ini adalah kamera mundur berkualitas tinggi yang langsung dibawa dari Santa Fe Korea dengan garis panduan yang bisa ikut berbelok ketika setir dibelokkan.

Uniknya lagi, tersedia dua sudut berbeda dari kamera ini. Saat dimasukkan ke gigi mundur, maka akan menampilkan sudut zoom out & wide yang lebih lebar. Sedangkan ketika diaktifkan dengan tombol “VIEW” dari konsol tengah, maka akan menampilkan sudut yang lebih lurus ke belakang.

Hyundai Grand Santa Fe - Interior (Carmudi/Fransiscus Rosano)

Satu lagi, kini tersedia Electrochromatic Mirror alias ECM, yaitu spion tengah yang dapat memberikan cahaya biru untuk mengurangi kesilauan dari lampu mobil di belakang ketika malam hari. Oh ya, ECM dan kamera mundur kini juga tersedia di All New Santa Fe varian GLS dan XG ya.

Tentu fitur keselamatan baru ini melengkapi yang sebelumnya sudah tergolong berlimpah. Seperti rem cakram di setiap bannya, ABS, EBD, Electronic Stability Control dan Vehicle Stability Control, rem parkir elektrik dengan fungsi Auto Hold, hill assist control  hingga downhill brake control.

6. Tidak Ada Tombol Kosong

Berkat setiap fitur-fitur baru di atas, berefek ke sekarang tidak ada tombol kosong (blanks) sama sekali di dalam. Yes, dalam kata lain, berasa menggunakan mobil full spec.

Contohnya, di sisi kanan setir, setiap tombol penuh diisi fitur pembuka bagasi elektrik, switch stability control, pengatur tingkat keterangan instrument cluster dan levelling ketinggian lampu depan. Di konsol tengah pun, setiap tombol terisi. Ada EPB (Electronic Parking Brake), Auto Hold, tombol pengganti Drive Mode, pengaktif Downhill Brake Control, switch sensor parkir dan tombol “VIEW” untuk mengaktifkan kamera mundur.

Begitu juga di setir, yang dipadati tombol cruise control, pengatur audio dan MID serta paddle shift. Secara keseluruhan, fitur The Grand Santa Fe ini jadi jauh lebih lengkap dan keliahatan lebih mewah berkat hilangnya setiap tombol kosong.

Hyundai Grand Santa Fe - Interior (Carmudi/Fransiscus Rosano) Hyundai Grand Santa Fe - Interior (Carmudi/Fransiscus Rosano) Hyundai Grand Santa Fe - Interior (Carmudi/Fransiscus Rosano) Hyundai Grand Santa Fe - Interior (Carmudi/Fransiscus Rosano) Hyundai Grand Santa Fe - Interior (Carmudi/Fransiscus Rosano)

7. Jok Penumpang Elektrik

Untuk varian GLS dan XG, All New Santa Fe sudah dilengkapi pengaturan elektrik untu jok pengemudi. Tepatnya, pengaturan 8 arah dengan detail ketinggian bagian depan dan belakang yang bisa diatur individual, juga dengan tambahan pengaturan lumbar dua arah.

Khusus varian The Grand Santa Fe, jok penumpang depan pun juga dibekali pengaturan elektrik. Namun tak seperti kebanyakan mobil, yang pengaturan jok penumpang lebih sedikit dibanding pengemudi, di Santa Fe tetap 8 arah.

Hyundai Grand Santa Fe - Interior (Carmudi/Fransiscus Rosano)

Tambahannya, disediakan juga tombol untuk pengatur slide dan recline di sebelah kanan jok penumpang depan. Fungsinya, agar pengemudi maupun penumpang di belakang bisa memajukan jok penumpang depan hingga mentok, untuk memberi ruang tambahan di belakang.

8. Hanya Tersedia Warna Hitam

Dari sisi eksterior, satu-satunya perbedaan The Grand Santa Fe dengan varian XG adalah tambahan emblem “Grand” di atas emblem “Santa Fe”. Sisanya, benar-benar persis dengan varian XG, seperti penggunaan gril dengan lis krom minimalis dan velg raksasa 19 inci.

 Oh iya, varian tertinggi All New Santa Fe ini hanya tersedia dalam warna hitam Phantom Black saja ya. Yang uniknya, ternyata setiap lis satin krom di warna lain, di warna hitam ini menjadi dark chrome dengan kelir keemasan yang terlihat unik.

9. Ubahan Minor Interior

Meski sekilas terlihat sama dengan varian lain, ternyata PT Hyundai Mobil Indonesia menyematkan ubahan minor di dalam kabin The Grand Santa Fe. Sama-sama menggunakan bahan kulit untuk jok, namun di varian tertinggi ini mengaplikasikan motif diamond di bagian atas jok baris pertama dan kedua.

Uniknya, motif diamond ini menyerupai yang ada di gril speaker loh.

Hyundai Grand Santa Fe - Interior (Carmudi/Fransiscus Rosano)

Satu lagi, bagian plafon diberikan motif kain yang lebih gelap dan lebih ramai dibanding di varian GLS dan XG. Rasanya pun lebih halus dan premium, yang uniknya juga kali ini bahan fabric-nya memanjang hingga pilar A, pilar B dan pilar C.

10. Hanya Tersedia di Varian Diesel

Selain hanya ada dengan pilihan warna Phantom Black, urusan mesin, Hyundai Grand Santa Fe juga hanya dengan opsi mesin dieselnya.

Bagi yang lupa, mesin diesel berkode R 2.2 milik Hyundai ini terkenal sangat buas meski hanya berkapasitas 2.199 cc. Dengan tenaga maksimum 190hp/193 PS dan torsi 441 Nm/45 Kg.m, mesin ini sanggup membuat All New Santa Fe menempuh kecepatan 100 km/jam dari diam hanya dalam 8,4 detik saja berdasarkan pengetesan yang dilakukan oleh Carmudi.

Lebih cepat dibanding setiap kompetitor SUV diesel Jepang? Jelas…

Hyundai Grand Santa Fe - Interior (Carmudi/Fransiscus Rosano)

Galeri Foto The Grand Hyundai Santa Fe

Hasil Pengetesan Performa (Santa Fe 2.2d XG)
0-60 km/jam  4 detik
0-100 km/jam  8,4 detik
40-80 km/jam  3,2 detik
0-402 meter  16,5 detik
Hasil Pengetesan Konsumsi Bahan Bakar (Santa Fe 2.2d XG)
Rute Kombinasi (Kemacetan, Tol, Dalam Kota)  12,9 km/liter
Eco Driving  20,5 km/liter
Data Spesifikasi All New Hyundai Santa Fe
(Diesel: GLS, XG, Grand)
Mesin  R 2.2
Jumlah Silinder  4, Segaris
Teknologi Mesin  DOHC, CRDi, eVGT
Kapasitas Mesin  2.199 cc
Tenaga Maksimum  190hp/193 ps @ 3.800 rpm
Torsi Maksimum  441 Nm/45 Kg.m @ 1.750-2.750 rpm
Transmisi  Otomatis 8-percepatan
Layout Mesin  Mesin Depan Penggerak Roda Depan
Kapasitas Tangki  64 liter
(Bensin: GLS, XG)
Mesin  Theta II 2.4 MPI
Jumlah Silinder  4, Segaris
Teknologi Mesin  DOHC, DVVT, MPI
Kapasitas Mesin  2.359 cc
Tenaga Maksimum  170 hp/172 PS @ 6.000 rpm
Torsi Maksimum  225 Nm/22,9 Kg.m @ 4.000 rpm
Transmisi  Otomatis 6-percepatan
Layout Mesin  Mesin Depan Penggerak Roda Depan
Kapasitas Tangki  64 liter
Panjang  4.770 mm
Lebar  1.890 mm
Tinggi  1.680 mm
Wheelbase  2.765 mm
Sistem Kemudi  Motor Driven Power Steering
Radius Putar  5,71 m
Ground Clearance  185 mm
Suspensi Depan  MacPherson Strut
Suspensi Belakang  Multi-link
Rem Depan  Cakram Ventilasi
Rem Belakang  Cakram
Sistem Rem  ABS, EBD, ESC, HAC, DBC
Ban (GLS)  235/60 R18
Ban (XG & Grand)  235/55 R19

Fransiscus Rosano

Meski menyandang gelar S.T., namun pria botak ini merasa pekerjaan di jurnalistik otomotif lebih cocok dan menyenangkan sehingga setelah melewati tiga tahun dunia kerja pertama sebagai Jurnalis di Tabloid Otomotif, kini menjadi Reviewer mobil di Carmudi Indonesia. Jumlah mobil yang pernah dicoba? Hmm, mungkin sekitar 200-300 yaa...
Follow Me:

Related Posts

/