Home » Tips dan Trik » Waspada, Ini Hal yang Merusak Lapisan Coating Mobil

Waspada, Ini Hal yang Merusak Lapisan Coating Mobil

Proses coating mobil butuh waktu 1-2 hari

Jakarta – Coating mobil sekarang ini menjadi satu-satunya cara ampuh melindungi cat mobil dari jamur dan goresan halus. Banyak gerai salon mobil yang menawarkan jasa coating mulai dari harga sejutaan sampai di atas lima juta rupiah.

Sekalipun berfungsi melindungi cat, pemilik mobil juga harus menjaga agar lapisan coating tidak rusak. Patut disayangkan bila coating jutaan rupiah rusak karena masalah sepele. Tampilan mobil pun tidak lagi cerah sebagaimana usai dicoating. Christopher Sebastian, Presiden Direktur Topcoat Indonesia mewanti pemilik mobil agar tidak usah lagi memoles setelah melakukan coating.

“Setelah coating jangan dipoles, sebab memoles itu akan memotong lapisan coating. Selain itu, pemakaian sabun atau shampo sembarangan di pencucian mobil juga bisa merusak. Makanya kami memberi garansi coating Sapphire Serum Technology ini mencapai 1000 kali pencucian,” ungkap Chris saat pembukaan showroom Topcoat Radio Dalam.

(memoles mobil)

Lebih lanjut, Chris mengungkapkan bila masih banyak salon mobil yang menggunakan obat poles berbahaya. Ini bisa dilihat dari harga yang ditawarkan cukup murah dengan pengerjaan yang juga cepat. Apabila untuk mobil yang belum di coating, memoles ini akan terus memotong lapisan pernis sampai akhirnya habis.

Tidak hanya itu, kebiasaan parkir mobil di bawah pohon menurut Chris juga bisa merusak cat atau lapisan coating. Sekalipun lebih teduh, kotoran dari pohon bisa merusak lapisan coating. Lebih bahaya lagi, ketika mobil kena kotoran burung yang hinggap di dahan pohon.

“Banyak orang berpikir, parkir di bawah pohon itu bagus karena lebih adem. Padahal di bawah pohon itu lebih rentan terkena kotoran dari atas. Lebih baik, sekalian parkir di lahan terbuka (dijemur) karena itu lebih aman,” jelasnya.

Lapisan coating mobil menurut Chris mampu melindungi cat dari jamur dan panas matahari. Chris pun memperingati para pemilik mobil yang terbiasa parkir di ruang terbuka akan bahaya embun pagi. Tanpa disadari, embun sifatnya bisa menimbulkan karat seperti air laut.

Cara Mencuci Mobil dengan Lapisan Coating

Cuci mobil
Cepat Cuci mobil setelah kena air hujan. Foto/Carmudi.

Perawatan mobil dengan lapisan coating sebenarnya jadi jauh lebih mudah. Pemilik tinggal menjaga supaya lapisan coating tidak rusak akibat kotoran atau shampo dengan kandungan pH yang tidak sesuai.

Shampo mobil tidak bisa sembarangan dan harus pH balance. Selain itu, mobil juga harus tetap bersih dan kering dari sisa-sisa air hujan atau setelah mencuci. Sisa air menyebabkan muncul bercak-bercak jamur di lapisan coating.

“Untuk menyeka tidak bisa memakai lap chamois biasa. Mobil yang sudah di coating harus bebas sisa air dan untuk lapnya memakai microfiber. Apabila memakai lap biasa atau chamois bisa menyebabkan swirl (gores halus seperti sarang laba-laba),” jelasnya.

Previous post
Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi Mirage yang Tak Dimiliki Pesaingnya
Program menarik Chevrolet
Next post
Ingin Beli Mobil Baru? Simak Dulu Program Menarik Chevrolet