HomeBeritaHanya Ada di All New Corolla Altis HEV, Seberapa Canggih Toyota Safety Sense

Hanya Ada di All New Corolla Altis HEV, Seberapa Canggih Toyota Safety Sense

All New Corolla Altis HEV (Foto: Santo/Carmudi)

Jakarta – Toyota tidak main-main soal fitur keamanan dan keselamatan di mobil. Saking pedulinya, pabrikan mobil asal Jepang itu menciptakan sendiri fitur keamanan dan keselamatan tambahan yang diberi nama Toyota Safety Sense (TSS). Paket ini diaplikasikan bersamaan dengan fitur keamanan dan keselamatan standar seperti sabuk pengaman, airbag, dan sebagainya.

Sayangnya, TSS tidak tersedia di semua model keluaran Toyota, kalaupun ada hanya di varian tertentu saja. Sebut saja satu di antaranya terdapat di All New Corolla Altis HEV (Hybrid Electric Vehicle).

Varian tertinggi ini sudah dibekali dengan sejumlah fitur keamanan dan keselamatan standar seperti sabuk pengaman, airbag, Hill Start Assist (HSA), Drive Start Control (DSC) Rear Cross Traffic Al ert (RCTA) dan Blind Spot Monitor (BSM).

“Safety-nya sudah lengkap mulai dari airbag, BSM, HSA, dan lainnya. Tidak hanya item ini saja, All New Corolla Altis HEV sudah dibekali dengan TSS, jadi ini model pertama yang menghadirkan TSS. Fitur ini akan memmeberikan perlindungan yang optimal lagi selain fitur-fitur keselamatan yang sudah ada,” ungkap Marketing Director PT PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, baru-baru ini di Jkaarta (26/9/2019).

Tujuan jangka panjang TSS adalah ‘kecelakaan tanpa korban jiwa’. Caranya, dengan menyematkan berbagai teknologi terkini di bidang keselamatan berkendara yang mengandalkan sensor kamera dan radar yang dalam titik kritis dapat mengambil alih kendali mobil.

Setidaknya ada empat jenis fitur keamanan dan keselamatan TSS di All New Corolla Altis HEV. Berikut daftar dan uraian singkatnya:

1. Pre-Collision System

Pre-Collision System (PCS) bekerja dibantu dengan sensor radar dan kamera untuk mendeteksi keberadaan mobil di depan. Jika sistem melihat adanya kemungkinan tabrakan, PCS akan memperingatkan pengemudi sehingga pengemudi memeiliki kesempatan untuk menghindar. Bahkan, sistem akan melakukan pengereman secara otomatis untuk menghindari kecelakaan.

2. Dynamic Radar Cruise Control

Dynamic Radar Cruise Control (ACC) merupakan pengembangan dari fitur cruise control. Sistem DRCC dapat memantau keberadaan kendaraan lain di depan dan menjaga jarak aman pada kecepatan diatas 50 km/jam.

Dibantu kamera di depan, DRCC dapat memperhitungkan dimensi kendaraan di depan, termasuk membaca marka jalan. Jadi bila ada mobil lain masuk ke jalur di depan secara tiba-tiba, sistem secara otomatis akan mengurangi kecepatan atau bahkan melakukan pengereman secara otomatis jika dirasa jaraknya sudah tidak aman.

Interior All New Corolla Altis (Foto: Santo/Carmudi)

3. Lane Departure Alert

Lane Departure Alert (LDA) with Steering Assist. Fitur ini untuk mengantisipasi potensi kecelakaan akibat micro sleep atau tertidur pulas tiba-tiba ketika pengemudi sedang membawa kendaraan. Masih mengandalkan sensor kamera, sistemnya membaca marka jalan, baik yang berwarna putih maupun kuning. Selanjutnya memberikan peringatan jika terjadi deviasi atau pergerakan mobil yang menjauh dari posisi seharusnya.

Ketika pengemudi mengalami micro sleep dan mobil melenceng dari lajur semestinya, LDA akan mengoreksi kemudi ke posisi normal. Fitur LDA dan DRCC dapat menjaga pengemudi dari potensi celaka akibat teralihnya perhatian. Namun, fitur tersebut tidak membuat pengguna boleh melepaskan tangan dari kemudi. Sistem akan memberi peringatan bila pengemudi melakukannya. Termasuk tidak memaksakan diri untuk mengemudi walau fisik lelah.

 

4. Automatic High Beam

Automatic High Beam (AHB) tetap mengandalkan sensor kamera. AHB akan mendeteksi apakah ada mobil di depan atau dari arah berlawanan ketika berjalan di malam hari yang gelap.

Saat diaktifkan, AHB membantu mendeteksi lampu depan kendaraan yang melaju dan lampu belakang kendaraan sebelumnya, kemudian secara otomatis beralih antara high dan low beams. Fitur ini membuat pengemudi tetap waspada dan lebih cepat mendeteksi adanya halangan yang membahayakan.

Toyota Alphard
Previous post
Perbedaan Toyota Alphard dengan Vellfire, MPV Formal vs MPV Futuristik
Next post
Bayi Lahir di AMMDes Langsung Diberi Nama Amdes