Sumber informasi

Harga APAR untuk Mobil Ternyata Murah, Antisipasi Sebelum Kebakaran

Berkaca pada insiden Mustang Shelby GT500 yang terbakar di Pondok Pinang, Jakarta Selatan beberapa hari lalu, menyisakan ingatan akan pentingnya sebuah Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di dalam mobil.

Merujuk pada Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat nomor KP 972/ AJ 502/ DRJD/ 2020 tentang Fasilitas Tanggap Darurat Kendaraan Bermotor yang diberlakukan mulai Februari 2020 lalu, pengadaan APAR menjadi sangat penting sekarang ini.

Namun masih banyak yang beranggapan kalau harga APAR untuk mobil itu mahal.

Apakah Harga APAR untuk Mobil Mahal?

Berdasarkan penelusuran di beberapa marketplace, ternyata harga APAR untuk mobil ini terbilang cukup terjangkau dalam berbagai ukuran; 400 ml, 500 gram, 1 kilogram, hingga 3 kilogram.

harga apar untuk mobil

Untuk APAR ukuran 400 ml biasa dijual di kisaran Rp20 ribuan hingga Rp30 ribuan. Lalu untuk ukuran 500 gram sampai 1 kilogram biasa dijual Rp100 ribu hingga Rp130 ribuan saja.

Sedangkan untuk tabung ukuran 2 kilogram dijual di kisaran Rp200 ribuan sampai Rp350 ribuan. Terakhir ada ukuran 3 kilogram yang dijual dengan harga Rp200 ribu sampai Rp400 ribuan.

harga apar untuk mobil

Ilustrasi harga APAR (Foto: tangkapan layar Tokopedia)

Melihat harga yang sangat bervariasi tersebut, rasanya APAR ini cukup murah untuk disimpan di dalam mobil. Mengingat fungsinya saat penting ketika mengalami keadaan darurat bagi Anda maupun orang lain ketika di jalan.

Cara Memakai APAR

Tapi harus diingat, pemilik mobil sebaiknya tak hanya menyediakan APAR saja, tetapi harus mengetahui juga cara memakainya.

Dikutip dari laman Damkar Banda Aceh Kota, ada 4 cara yang bisa dilakukan untuk menggunakan APAR:

  1. Tarik pin pengunci atas tabung APAR
  2. Jaga jarak aman dengan api kemudian arahkan selang ke titik api yang kobarannya cukup besar.
  3. Tekan tuas berwarna hitam untuk mengeluarkan isi APAR. Jangan ragu-ragu ketika hendak menekan tuas tersebut, langsung arahkan sembari menekan agar semburan yang dihasilkan bisa maksimal.
  4. Sapu sebaran APAR secara merata hingga api tersebut padam.
harga apar untuk mobil

Toyota Alphard terbakar (Foto: NTMCPolri)

Baca Juga:

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts