Home » Mobil » Simak Harga BMW Seri 3 Bekas, Mobil Mewah Harga Terjangkau

Simak Harga BMW Seri 3 Bekas, Mobil Mewah Harga Terjangkau

All New BMW Seri 3 di Indonesia, GIIAS 2019
All New Seri 3 jadi sedan premium besutan BMW terlaris. (Foto: Carudi/Ria)

Jakarta –  Saat ini banyak orang membeli mobil sebagai alat transportasi yang juga dimanfaatkan sebagai gengsi. Maka dari itu, banyak orang lebih memilih mobil bekas khususnya merek Eropa karena dianggap lebih mewah dan berkualitas. Salah satu mobil Eropa yang kerap dicari saat ini adalah BMW. Produsen otomotif asal Jerman ini menjadi salah satu merek incaran, khususnya kawula muda.

Bagi para kaum generasi muda, membeli BMW dianggap mampu mendongkrak nilai prestisius yang mereka miliki. BMW memang sudah lama dikenal sebagai salah satu produsen mobil premium. Salah satu BMW yang kerap menjadi incaran adalah BMW Seri 3. Mobil ini bisa dibilang menjadi varian BMW yang paling laris karena harga BMW Seri 3 bekas cukup terjangkau.

BMW Seri 3 sendiri lebih bersaing secara khusus pada Mercedes-Benz C-Class. Bagi kamu yang tertarik membeli, ada beberapa varian BMW Seri 3 yang bisa menjadi solusi. Nah, kami akan mencoba mengumpulkan beberapa varian BMW Seri 3 yang bisa kamu beli.

BMW E30

Mobil yang satu ini menjadi salah satu ikon dari BMW di Indonesia. Selain pernah menjadi mobil di film Catatan Si Boy, BMW E30 yang juga merupakan BMW Seri 3 ini juga menjadi salah satu mobil incaran penggemar BMW. Mobil yang eksis dari tahun 1981 sampai 1994 ini punya berbagai macam mesin dan varian yang ditawarkan. Ada mesin 1.600 cc, 1.800 cc, 2.000 cc, 2.300 cc, 2.400 cc Diesel, 2.500 cc, dan 2.700 cc. Mesin yang ditawarkan oleh BMW kepada E30 ini pun terdiri dari pilihan 4 silinder dan 6 silinder. Jenis bodi yang tersedia juga beragam, mulai dari versi sedan 4 pintu, sedan 2 pintu, station wagon, dan sedan 2 pintu cabriolet.

Walaupun termasuk ke dalam mobil yang sudah berusia lebih dari 20 tahun, tetapi BMW E30 seakan tak pernah memudar auranya. BMW E30 terpantau memiliki harga yang cukup bervariatif. Karena harga yang tertera ini tidak bisa ditebak-tebak. Sebagai gambaran, BMW E30 yang sudah siap pakai dengan kondisi yang sangat prima harganya bisa mencapai lebih dari Rp150 jutaan. Harga tersebut bisa dibilang cukup tinggi untuk harga pasaran BMW E30. BMW E30 memiliki harga pasaran mulai dari Rp30 jutaan hingga Rp80 jutaan tergantung kondisi. Ini artinya, E30 menjadi BMW Seri 3 dengan harga bekas paling murah.

Biasanya mobil yang harganya di bawah Rp40 jutaan memiliki kondisi yang kurang terawat dan sudah harus dilakukan perbaikan pada beberapa bagian komponen. Ada pepatah yang cukup sering disebutkan oleh para pecinta BMW di Indonesia. “Belum cinta banget sama BMW kalau lu belum punya BMW E30 di rumah”. Pepatah aneh tersebut sering dilontarkan oleh beberapa orang pecinta BMW. Selain punya bentuk yang cukup ikonik, BMW E30 ini juga punya handling dan performa yang cukup asyik untuk dikendarai di jalan. Untuk sekadar menikmati jalanan Ibu Kota pada akhir pekan, tentu sangat menyenangkan mengendarai mobil ini. Apalagi kaca jendela memakai kaca film yang cukup bening atau transparan.

BMW E36

BMW E36 merupakan generasi penerus dari BMW E30. BMW E36 mulai diproduksi pada tahun 1991 sampai dengan tahun 1998. Model yang juga masuk famili BMW Seri 3 ini juga kini kian digandrungi oleh anak-anak muda. Selain itu banyak juga pebalap yang menggunakan mobil ini sebagai mobil balap drifting. Tiga tahun belakangan ini, harga BMW E36 ikut terkerek naik. Sebagai gambaran, BMW E36 mulai dijual dengan harga kisaran Rp30 jutaan hingga Rp120 jutaan tergantung kondisi. Jika kondisinya benar-benar segar dan prima, maka harganya akan semakin tinggi.

BMW E46

BMW E46 merupakan Seri 3 generasi keempat yang diproduksi. Model BMW E46 hadir lebih modern dan banyak juga orang yang mengatakan jika desain BMW E46 cukup timeless. BMW E46 juga diproduksi dengan beberapa macam varian dan mesin sama seperti BMW E30. Hanya saja pada varian ini, sudah dilengkapi dengan lebih banyak komputerasi sebagai pengaturan utama. Karena modelnya lebih modern, maka harga yang ditawarkan juga lebih tinggi. BMW E46 terpantau memiliki harga di kisaran Rp60 jutaan hingga Rp180 jutaan. Untuk varian coupe atau dua pintu, harganya lebih tidak jelas lagi.

Penyakit BMW E46 Paling Banyak Muncul di Seri Mesin N42

BMW E90

BMW generasi kelima dari Seri 3 adalah E90. BMW E90 mulai diproduksi menggantikan E46 pada 2005 hingga 2011. Model ini menjadi salah satu model yang cukup kontradiktif karena banyak orang yang mengatakan jika desain wajah dari BMW E90 kurang sedap dipandang. Salah satu masalah yang sering ditemui dari mobil ini adalah transmisi mechatronic yang kerap bermasalah. Salah satu varian yang cukup diincar di Indonesia adalah varian 325i lantaran punya performa mesin yang dinilai cukup kencang.

BMW E90
BMW E90 (Foto: Carmudi)

Untuk harganya sendiri, BMW E90 ini punya banderol harga di kisaran Rp135 jutaan hingga Rp265 jutaan tergantung varian dan tahun pembuatan. Walaupun harganya terpantau di atas Rp200 jutaan, tetapi BMW E90 saat ini sedang banyak dicari oleh kawula muda sebagai mobil idaman.

BMW F30

BMW F30 merupakan Seri 3 yang diluncurkan perdana pada 2011 silam. BMW F30 hadir dengan banyak model dan mesin. Jika sebelumnya BMW bangga memakai mesin 6 silinder, pada varian ini pabrikan mencoba mengganti mesin 6 silinder dengan mesin 4 silinder turbo. Masa produksi dari BMW F30 ini dimulai pada 2012 hingga 2018. Soal harga pasaran bekas, BMW Seri 3 generasi keenam ini masih terpantau cukup tinggi.

Untuk harganya sendiri, BMW F30 bisa mencapai Rp300 jutaan hingga Rp695 jutaan. Hal itu dikarenakan mobil ini sudah mulai dipersenjatai dengan berbagai fitur elektronik dan usia unitnya masih relatif muda. BMW F30 juga sudah memiliki desain yang jauh lebih modern, mewah dan lebih merepresentasikan sebuah sedan premium yang sangat stylish. Bagi kamu yang memiliki uang dengan kisaran tersebut, BMW F30 layak nih buat dibeli. Biar makin ganteng!

BMW G20

BMW Seri 3 generasi ketujuh berlabel G20. Setelah nomenklatur E, F kemudian disambung dengan G yang menjadi kode sasis Seri 3. BMW G20 pertama kali dirilis pada 2 Oktober 2018 dan rilis resmi pada Maret 2019 silam. Seri 3 ini tersedia dalam 2 bentuk bodi dengan platform tersendiri, yaitu G20 untuk versi sedan dan G21 untuk versi touring. Untuk harganya, BMW G20 punya harga yang masih sangat mahal. Harga bekasnya masih ada di kisaran lebih dari Rp1 miliar.

BMW Seri 3 2019
Jadwal peluncuran BMW Seri 3 G20 di Indonesia masih abu-abu

Selain harga barunya yang mahal, banyak orang yang lebih membeli BMW bekas karena dianggap lebih layak untuk dibeli. Nah, dari semua BMW Seri 3 yang sudah kita kasih tahu, model mana nih yang jadi favorit kamu?

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Baca Juga:

Jual BMW Seri 3 Warna Spesial Sekarang Tidak Anjlok Lagi

Previous post
Dekatkan Yaris ke Kaum Milenial, Toyota Dukung Djakarta Warehouse Project
Next post
Mitsubishi Kenalkan Program Mitsubishi One dan 6 Produk Baru