HomeMobilHarga Daihatsu Sigra Bekas, Tetap Stabil Tak Tergoyahkan

Harga Daihatsu Sigra Bekas, Tetap Stabil Tak Tergoyahkan

Harga Daihatsu Sigra bekas tipe terbawah masih stabil (Foto: Carmudi)

Jakarta – Pada September tahun lalu PT Astra Daihatsu Motor (ADM) merilis New Daihatsu Sigra. Saat peluncurannya, ADM tidak menaikkan harga New Sigra dibanding versi sebelumnya. Dengan hadirnya versi terbaru, rupanya harga Daihatsu Sigra Bekas juga tetap tinggi.

Sigra bisa dibilang menjadi penyelamat Daihatsu di pasar otomotif Indonesia. Selama pandemi Covid-19, penjualan Sigra naik signifikan karena menjadi alternatif utama low MPV seperti Daihatsu Xenia. Hal ini tak lepas karena harga yang ditawarkan lebih terjangkau namun masih bisa menampung 7-penumpang.

Sigra menjadi jawaban Daihatsu bagi masyarakat yang ingin punya mobil 7-penumpang dengan harga terjangkau. Daihatsu Sigra memiliki ukuran panjang 4.070 mm, lebar 1.655 mm dan tinggi 1.600 mm. Bila dibandingkan dengan Xenia, Sigra hanya sedikit lebih pendek 70 mm, lebih ramping 5 mm dan lebih rendah 95 mm.

Daihatsu Sigra sebagai mobil yang bermain di segmen LCGC hadir dengan fitur terlengkap. Duet kembar Daihatsu Sigra dan Toyota Calya berhasil menjadi favorit masyarakat di segmen LCGC sejak diluncurkan sekitar empat tahun lalu.

Sebagai mobil yang diperuntukkan untuk segmen mobil murah, atau biasa disebut low cost green car (LCGC), fitur dari Sigra sudah proporsional. Sigra telah dibekali layar Multi Infromation Display pada panel instrumen dan head unit 2DIN. Fitur keselamatannya didukung duall SRS Airbag sebagai standar di setiap tipe.

Berikut ini daftar harga Daihatsu Sigra baru yang dirilis oleh Daihatsu:

  • 1.0 D MT Rp 119.500.000
  • 1.0 M MT Rp 129.900.000
  • 1.2 X MT Rp 139.250.000
  • 1.2 X MT DLX Rp 144.750.000
  • 1.2 R MT Rp 145.650.000
  • 1.2 X AT Rp 152.050.000
  • 1.2 X AT DLX Rp 157.550.000

Rincian Harga Bekas Daihatsu Sigra

Test drive New Daihatsu Sigra di Bandung, Jawa Barat.
Test drive New Daihatsu Sigra di Bandung, Jawa Barat.

Daihatsu Sigra menjadi salah satu mobil dengan harga bekas cukup stabil. Alasannya, mobil ini cukup irit, perawatan mudah, dan cukup tangguh mesinnya sehingga sanggup untuk disiksa sebagai mobil harian. Tidak jarang, Sigra digunakan sebagai mobil taksi online karena kapasitas kabinnya yang bisa hingga 7-penumpang.

Kali ini kita akan membahas terlebih dahulu harga Daihatsu Sigra bekas keluaran 2019, alias dengan pemakaian sekitar setahun. Berdasarkan listing Carmudi, harga Sigra bekas 2019 berkisar antara Rp 83 juta sampai dengan Rp 140 juta. Untuk menghitung depresiasi, kita harus memakai list harga tahun lalu saat Daihatsu meluncurkan New Sigra.

Berikut ini daftar harga Daihatsu New Sigra saat diluncurkan tahun lalu:

  • 1.0 D MT Rp 114,000,000,-
  • 1.0 M MT Rp 122,900,000,-
  • 1.2 X MT Rp 132,250,000,-
  • 1.2 X MT DLX Rp 137,750,000,-
  • 1.2 X AT Rp 145,050,000,-
  • 1.2 X AT DLX Rp 150,550,000,-
  • 1.2 R MT Rp 138,150,000,-
  • 1.2 R MT DLX Rp 141,950,000,-
  • 1.2 R AT Rp 150,950,000,-
  • 1.2 R AT DLX Rp.156.750.000

Lebih lanjut, harga termurah Sigra bekas di listing Carmudi untuk keluaran 2019 yaitu Rp 83 juta dan unit yang dijual ialah Sigra D MT. Melihat harganya, depresiasi untuk Sigra D MT 2019 sebesar Rp 31 juta, atau 27 persen dalam setahun pemakaian.

Kemudian, untuk tipe 1.0 M MT keluaran 2019 dijual seharga Rp 89 juta untuk kondisi bekas. Adapun harga saat 2019 lalu dijual Rp 122.900.000 dan ini artinya depresiasi dari Sigra 1.0 M MT sebesar Rp 33,9 juta atau sebesar 27,6 persen. Melihat dua tipe terbawah dari Toyota Sigra, maka persentase penurunan harga relatif kecil, karena di bawah 30 persen dari harga baru.

Depresiasi Harga Daihatsu Sigra Bekas 1.200 cc

Harga Daihatsu Sigra untuk over kredit sebesar Rp 98 juta, dan masih sisa tiga tahun cicilan (Foto: Carmudi)

Lantas, bagaimana dengan nilai penurunan Daihatsu Sigra bermesin 1.200 cc? Terdapat Sigra R Deluxe MT 2019 yang dijual hanya Rp 98 juta, padahal harga baru tahun lalu sebesar Rp 141.950.000. Penurunannya cukup besar, mencapai hampir Rp 44 juta atau hampir 31 persen.

Sayangnya, tidak dijelaskan lebih lanjut apakah harga tersebut untuk over kredit atau harga normal. Sebab, pada listing lain dengan harga Rp 95 juta untuk tipe 1.2 R MT disebutkan bila mobil yang dijual berupa over kredit.

Apabila ternyata depresiasi di tipe R ini mencapai lebih dari Rp 40 juta, maka akan sangat menarik bagi kalangan konsumen mobil bekas. Sebab, dengan uang tidak sampai Rp 100 juta maka bisa mendapat mobil bekas dengan fitur cukup lengkap dan pemakaian hanya sekitaran setahun.

Daihatsu Sigra, Pilihan Mobil Bekas yang Valuable

Komunitas
Komunitas Calya dan Sigra saat kopdar. Foto/Carmudi Indonesia/Dok.Calsig.

Kalian yang sedang berburu mobil bekas, tidak ada salahnya memasukkan Sigra sebagai daftar incaran. Sebab, mobil ini murah tapi tidak murahan karena fitur yang tersedia lumayan lengkap serta dukungan layanan purna jual yang luas.

Pada Daihatsu Sigra terbaru varian tertinggi, terlihat desain dasbornya sudah mengusung gaya akses two one dan dilengkapi dengan fitur hiburan 2DIN yang diapit oleh kisi-kisi AC mobil. Pihak Daihatsu telah melengkapi mobilnya ini dengan berbagai fitur keselamatan seperti ABS, airbags, brake assist, crash sensor, dan fitur keselamatan lainnya.

Mesin yang digunakan pada Daihatsu Sigra ini masih memakai mesin lama Ada dua pilihan mesin yang ditawarkan yaitu mesin 1.000 cc, 3 silinder dan 1.200 cc, 4 silinder. Memang sih, bukan mesin yang istimewa dan paling bertenaga, tapi cukup kok bila cuma untuk bepergian dalam kota atau ke kota sebelah.

Dengan mesin tersebut, Daihatsu Sigra terbaru diklaim memiliki konsumsi bahan bakar yang irit dan efisien. Sebagai catatan, banyak yang mengeluhkan bila performanya biasa saja dan under power bagi transmisi otomatis. Bagi kalian yang ingin penampilan Sigra bekas lebih fresh, sebaiknya cari unit New Sigra.

Lampu utama kini sudah memakai LED yang dapat ditemui dari varian M dipadukan gril depan yang kini berbentuk horizontal dengan warna hitam doff. Penampilannya lebih modis dengan aksesoris back door with duck tail design yang bisa didapat di semua varian. Sementara di bagian belakang, sudah terpasang wiper yang tersedia mulai varian M.

Secara keseluruhan, dimensi New Sigra bertambah 40 mm yang terdapat di sisi depan. Efeknya, otomatis ruang kaki di bagian depan juga bertambah menjadi lebih lega dibanding generasi sebelumnya. Struktur body dan rangka pada New Daihatsu Sigra ini memakai Total Advance Function (TAF) yang diklaim lebih kokoh saat terjadi benturan.

Tambah Besar, Ruang Penyimpanan Semakin Banyak

New Daihatsu Sigra, hadir dengan beberapa ubahan.
New Daihatsu Sigra, hadir dengan beberapa ubahan. Foto: Istimewa

 

Kabin New Sigra kini sedikit bertambah besar, efeknya tentu penyimpanan dan ruang penumpang jadi lebih lega. Konsol penyimpanan terdapat di pintu, bagian belakang jok depan, gantungan di bagian dashboard, cup holder di pintu tengah.

Kelemahan Daihatsu Sigra Bekas

Air circulator Daihatsu Sigra
Air circulator Daihatsu Sigra

Sejak pertama diluncurkan hingga kini, Daihatsu Sigra ini menggunakan air circulator untuk menyejukkan ruang baris kedua sampai belakang. Alat tersebut menggantikan double blower supaya harganya lebih terjangkau. Fungsi air circulator sendiri adalah menghisap dan menghembuskan udara dari bagian depan hingga belakang mobil.

Nah disinilah kelemahannya, apabila ternyata pengemudi atau penumpang di baris depan tidak suka terlalu dingin maka akan menyetel suhu AC dengan temperatur normal. Imbasnya, saat dihisap memakai air circulator malah tidak menjadi dingin dan cuma angin doang. Sialnya lagi, penumpang baris ketiga cuma kebagian sisa hawa yang tidak ada sejuknya.

Rasa gerah semakin menjadi bila berkendara saat siang hari, di saat matahari sedang dalam cuaca panas. Untuk mengatasi hal ini, pengemudi harus menyalakan ac pada posisi 2 atau 3 dengan suhu paling rendah untuk mengakomodasi udara dingin pada saat siang hari terik.

Baris Ketiga Sempit, Cuma Untuk Anak-anak dan Barang

Daihatsu Sigra
Daihatsu Sigra yang penjualannya masih stabil. Foto/ADM.

Baris ketiga pada Daihatsu Sigra sebenarnya hanya pelengkap, karena cukup sempit. Di luar negeri, Sigra ini sebenarnya memiliki konfigurasi 5+2 sehingga kursi belakang fungsinya cuma tambahan.

Bagi penumpang dewasa, sebaiknya tidak menempati baris ketiga dari Daihatsu Sigra karena memiliki ruang kaki dan kepala yang sempit. Untuk anak-anak sampai usia 10 tahun mungkin masih layak, dan bila tidak digunakan untuk penumpang bisa dilipat untuk ruang bagasi tambahan.

Jika dipaksakan, kaki dan badan akan cepat merasakan pegal akibat posisi kaki yang menekuk terlalu lama dan menjadi ‘musibah’. Rasanya benar-benar tidak nyaman karena seperti duduk setengah jongkok.

Ya, dari bicara kelemahan ini tak semata-mata kelemahan, namun ini adalah bicara ada uang ada barang. Kalau ingin memilih mobil dengan kenyamanan banyak sudah pasti Anda harus pilih Terios namun kocek yang dikeluarkan pastinya tak seperti Sigra.

Penulis: Yongki

Editor: Lesmana

Previous post
Mobil123 DRIVE Virtual Expo 2020 Siap Digelar dengan Berbagai Promo Menarik
Next post
Mitsubishi Xpander Cross Dibuat di Indonesia, Dijual ke Vietnam