Sumber informasi

Harga dan Pajak Mobil Tesla di Indonesia, Murah Buat Orang Kaya

Harga dan pajak mobil Tesla di Indonesia tentu tergantung pada model dan tahun pembuatannya. Untuk tipe mobil Tesla yang ada saat ini, antara lain Model 3, Model S, Model Y, Model X, dan Cybertruck.

Berdasarkan penelusuran, harga mobil listrik semacam ini memang masih tergolong mahal, tapi di lain sisi pajak tahunannya relatif murah apalagi buat konsumen berkantong tebal.

Mobil Tesla yang dijual importir umum Prestige Image Motorcars di IIMS 2021

Mobil Tesla yang dijual importir umum Prestige Image Motorcars di IIMS 2021 (Foto: Carmudi)

Sulit disangkal bahwa Tesla merupakan brand mobil listrik paling populer saat ini. Bukan hanya di negara asalnya, melainkan juga di Indonesia. 

Hal tersebut masih ditunjang fakta cukup banyak pesohor yang menjadikan Tesla sebagai salah satu pilihan kendaraan.

Nama-nama beken, seperti Deddy Corbuzier, Raffi Ahmad, Andre Taulany, hingga Dian Sastrowardoyo dikenal sebagai pemilik mobil listrik yang berasal dari California tersebut.

Bukan sekadar gengsi atau mengikuti tren, pemilik mobil Tesla diyakini sudah menyadari keuntungan-keuntungan yang bisa mereka dapatkan.

Misalnya saja bebas ganjil genap, tempat parkir khusus di tempat-tempat tertentu, hingga berkontribusi menciptakan lingkungan yang lebih baik.

Dalam beberapa waktu ke depan pun tren mobil listrik diprediksi akan makin ramai. Dan Tesla menjadi salah satu pilihan brand yang tersedia di pasaran.

Harga dan Pajak Mobil Tesla di Indonesia

Di pasar Indonesia Tesla hadir melalui sejumlah importir umum, salah satunya Prestige Image Motorcars. Dalam pricelist terbaru yang Carmudi terima pada Agustus 2021, tipe yang ditawarkannya cukup lengkap.

Prestige Image Motorcars memang terlihat cukup serius menawarkan brand Tesla di Tanah Air. 

Kalau Carmudian masih ingat, pada pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2021 silam, mereka juga mengumumkan telah membuka pemesanan Cybertruck untuk konsumen Tanah Air.

Replika Tesla Cybertruck di IIMS 2021

Replika Tesla Cybertruck di IIMS 2021 (Foto: Carmudi)

Disebutkan bahwa unitnya bakal mendarat di Indonesia pada tahun 2022. 

Selain Prestige Image Motorcars, importir umum lain yang juga menawarkan Tesla di Indonesia adalah Gran Cipta Cemerlang.

Memahami Varian Mobil Tesla

Setiap mobil tesla memiliki beberapa varian yang bisa dipilih konsumen, di antaranya Standard Range, Long Range, dan Performance. Perbedaan paling utama dari setiap varian adalah kapasitas baterai dan jumlah motornya.

Ambil contoh untuk Tesla Model 3. Pada tipe Standard Range mobil ini hanya memiliki satu buah motor listrik yang menggerakkan roda belakangnya.

Tapi pada varian Long Range pabrikan juga melengkapinya dengan motor listrik sebagai penggerak roda depan. Dengan begitu mobil memiliki kemampuan All Wheel Drive (AWD).

Sedangkan untuk varian Performance pabrikan menambahkan beberapa komponen yang lebih sporty. Misalnya pelek lebih besar, suspensi khusus, bahkan hingga pilihan mode berkendara tertentu untuk memaksimalkan kemampuan mobil.

Berapa Harga Mobil Tesla di Indonesia?

Mobil Tesla paling murah adalah Model 3 Standard Range yang dijual kira-kira Rp1,5 miliar. Sementara untuk tipe paling mahal adalah Model S Performance Plaid+ dan Model X Performance Plaid yang dijual sekitar Rp4,4 miliar.

Untuk lebih lengkapnya, mari simak daftar harga mobil Tesla yang dipasarkan Prestige Image Motorcars.

Tesla Model 3 Rp1,5 miliar – Rp2 miliar

Model 3

Tesla Model 3 (Foto: Tesla)

Tesla Model 3 merupakan tipe yang cukup banyak beredar di Indonesia. Faktanya ini adalah Tesla paling murah yang tersedia di pasaran saat ini. 

Prestige Image Motorcars memasarkan Tesla Model 3 dalam tiga varian, meliputi Model 3 Standard Range Rp1,5 miliar, Model 3 Long Range Rp1,8 miliar, dan Model 3 Performance Rp2 miliar.

Hadir dalam bentuk sedan, untuk kapasitas kabinnya Model 3 bisa digunakan mengangkut hingga 5 orang penumpang.

Tesla Model Y Rp1,7 miliar – Rp2 miliar

Model Y

Tesla Model Y (Foto: Tesla)

Seiring meningkatnya tren crossover di berbagai negara, Tesla juga membuat mobil dengan tipe bodi semacam ini yang diberi nama Model Y.

Melalui Prestige Image Motorcars, Tesla Model Y ditawarkan dalam dua varian, yakni Model Y Long Range Rp1,7 miliar dan Model Y Performance Rp2 miliar.

Hal menarik dari Model Y ialah ketersediaan dua opsi layout kabin, di antaranya 5 seater dan 7 seater. Jadi konsumen bisa memilih sesuai kebutuhannya.

Tesla Model X Rp3 miliar – Rp4,4 miliar

Model X

Tesla Model X (Foto: Tesla)

Bukan hanya Model Y, Tesla juga memiliki produk dengan tipe bodi crossover lainnya, yakni Model X. 

Walau begitu Model X punya dimensi lebih berat dan bobot yang lebih besar. Dari segi penampilan mobil ini cukup atraktif dengan desain pintunya yang menggunakan jenis gullwing door.

Dibuka ke arah atas, salah satu keunggulan pintu semacam ini ialah hemat tempat dan terlihat keren.

Masyarakat yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya mungkin pernah sekali dua kali melihat Tesla Model X melintas di jalanan. Pasalnya mobil ini ikut memperkuat armada salah satu perusahaan taksi untuk layanan premiumnya.

Tesla Model X ditawarkan dalam dua varian, yakni Model X Long Range Rp3 miliar dan Model X Performance Plaid Rp4,4 miliar.

Tesla Cybertruck Rp1,7 miliar – Rp2,8 miliar

Cybertruck

Tesla Cybertruck (Foto: Tesla)

Di antara mobil Tesla lainnya, Cybertruck memiliki keunikan tersendiri. Coba saja tengok desain bodinya yang sangat nyentrik.

Kemungkinan dalam waktu dekat tipe ini juga sudah bisa dijumpai di Indonesia mengingat Prestige Image Motorcars telah membuka keran pemesanannya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, mobil ini akan tersedia dalam tiga varian, meliputi Cybertruck Standard Range Rp1,7 miliar, Cybertruck Long Range Rp2,1 miliar, dan Cybertruck Performance Rp2,8 miliar.

Hadir dengan konsep kendaraan niaga, kabin Cybertruck memiliki kapasitas 5 bangku penumpang.

Tesla Model S Rp3 miliar – Rp4,4 miliar

Model S

Tesla Model S (Foto: Tesla)

Terakhir adalah Tesla Model S, sedan listrik yang memiliki performa sangat disegani.

Dengan tenaga hingga 1.000 Hp ditambah torsi instan khas mobil listrik, Model S bisa meluncur dari posisi diam sampai kecepatan 100 Km/j hanya dalam waktu 2 detik.

Hal tersebut menempatkannya sejajar dengan Bugatti Chiron, Aston Martin Vulcan, dan “mobil 2 detik” lainnya.

Ada tiga varian Model yang bisa dipilih, meliputi Model S Long Range Rp3 miliar, Model S Performance Plaid Rp4 miliar, dan Model S Performance Plaid+ Rp4,4 miliar.

Model S hanya tersedia layout kabin lima bangku penumpang. Tapi konsumen punya cukup banyak pilihan warna interior, seperti halnya hitam, putih, dan krem.

Berapa Pajak Mobil Tesla Setiap Tahun?

Seperti sudah disebutkan pada awal ulasan bahwa harga dan pajak mobil Tesla di Indonesia cukup variatif tergantung tipe dan tahun pembuatannya.

Mengenai pajak tahunan mobil Tesla itu sendiri, Carmudi coba mencari datanya melalui situs Informasi Data Kendaraan dan Pajak Kendaraan Bermotor Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Berikut adalah rinciannya dari beberapa tipe mobil Tesla yang berhasil ditemui. 

Pajak Tahunan Tesla Model 3 2020

Pajak Tesla Model 3 2020

Pajak Tesla Model 3 2020

Model 3 yang diposisikan sebagai tipe paling terjangkau dalam lini produk Tesla rupanya juga memiliki pajak tahunan yang tergolong murah.

Sebagai contoh, unit buatan tahun 2020 memiliki pokok Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Rp2.205.800.

Kemudian ditambah Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) Rp143.000 maka totalnya Rp2.348.800.

Kebetulan unit yang tersebut memiliki status sebagai kendaraan pertama.

Pajak Tahunan Tesla Model 3 2019

Pajak Tesla Model 3 2019

Pajak Tesla Model 3 2019

Contoh pajak mobil Tesla selanjutnya masih dari Model 3, namun tahun pembuatannya lebih tua, yakni 2019.

Dengan begitu, besarnya PKB pokok juga lebih murah, yakni Rp1.804.000. Jika ditambah SWDKLLJ sebesar Rp143.000 maka pemilik hanya perlu membayar Rp1.947.000 setiap tahun dengan catatan tidak ada keterlambatan.

Pajak Tahunan Tesla Model X 2017

Pajak Tesla Model X 2017

Pajak Tesla Model X 2017

Selanjutnya adalah Model X yang dapat dikatakan sebagai tipe dengan harga tinggi di jajaran produk Tesla.

Walau begitu, PKB pokok mobil ini hanya Rp2.940.000. Sementara untuk SWDKLLJ-nya sama dengan tipe lain, yakni Rp143.000.

Jadi total pajak tahunannya hanya Rp3.083.000. Sebuah angka yang mungkin tak seberapa untuk seseorang yang mampu membeli mobil dengan harga di atas Rp2 miliar.

Pajak Tahunan Tesla Model S 2016

Pajak Tesla Model S 2016

Pajak Tesla Model S 2016

Contoh terakhir adalah pajak tahunan Model S. Bahkan untuk tipe flagship saja, pajaknya tak seberapa dengan total Rp5.923.900.

Rinciannya adalah PKB pokok sebesar Rp5.680.900 dan SWDKLLJ Rp143.000.000. Untuk yang satu ini, mobil memiliki denda keterlambatan SWDKLLJ sebesar Rp100.000.

Memang, usia mobilnya sudah menyentuh lima tahun. Karena itu informasi pajak yang dijelaskan di atas hanya bersifat referensi.

Jumlahnya bisa saja berbeda saat di lapangan atau seiring perubahan peraturan yang diberlakukan oleh pemerintah.

Sebagai kesimpulan, demikianlah informasi mengenai harga dan pajak mobil Tesla di Indonesia.

Jika dilihat secara menyeluruh, untuk memiliki mobil listrik memang butuh biaya besar pada tahap pembelian, namun pajak tahunannya relatif terjangkau.

Untuk beberapa tipe jumlahnya mirip dengan pajak mobil baru bermesin konvensional yang lebih umum dijumpai di jalan raya.

Baca Juga:

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts

/