Mobil

Harga dan Spesifikasi Hyundai Stargazer Harus Mampu Tandingi Pemain Lama

Harga dan spesifikasi Hyundai Stargazer masih menjadi tanda tanya sampai saat ini. Mobil tersebut diharapkan rilis dalam beberapa waktu ke depan dan disebut-sebut akan menjadi pesaing Avanza Cs.

Peluncuran Hyundai Stargazer

(Foto: Carscoops)

Sudah bukan rahasia lagi Hyundai di bawah naungan PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) sedang jor-joran menggarap pasar otomotif Tanah Air.

Langkahnya dimulai pada tahun 2020 yang awalnya mengandalkan sejumlah mobil listrik dan Sport Utility Vehicle (SUV) untuk merebut perhatian konsumen.

Belakangan merek asal Korea Selatan tersebut pun turut mendirikan pabrik untuk menunjang suplai produk di dalam negeri dan sejumlah negara lain. Boleh dibilang Hyundai saat ini jauh lebih siap untuk melayani konsumen di Indonesia.

Bagaimana dengan lini produknya? Setelah kehadiran Creta pada pameran GIIAS 2021 jajaran produk Hyundai “nyaris” lengkap.

Creta mewakili pilihan konsumen di segmen SUV kompak dengan harga relatif terjangkau. Sementara itu untuk konsumen SUV yang kantongnya lebih tebal maka bisa melirik Santa Fe atau Palisade.

Masih menyasar kelas atas, Hyundai juga punya wakil di kategori Multi Purpose Vehicle (MPV) premium dengan adanya Satria.

Ditambah lini produk mobil listrik seperti Ioniq 5, Ioniq EV, dan Kona EV. Maka lini produk Hyundai di Indonesia bisa dibilang “nyaris” lengkap. Belum komplet sepenuhnya karena terasa masih ada yang kurang.

Hyundai Stargazer Bisa Isi Celah Kosong

Semua orang pasti tahu mobil yang populer di Indonesia adalah Low MPV 7-seater. Contohnya tentu sudah tak asing lagi, seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, atau Suzuki Ertiga.

Entah Hyundai tertarik atau tidak untuk bermain di kategori ini. Namun, secara logika pasar LMPV yang selalu ramai peminat sungguh sayang untuk dilewatkan. Apalagi jika sebuah pabrikan memiliki sumber daya untuk bersaing di dalamnya.

Nama Hyundai Stargazer pun akhirnya muncul ke permukaan dan disebut-sebut akan menjadi produknya. Sampai sejauh ini detail mengenai mobil tersebut memang masih samar-samar.

Jangankan harga dan spesifikasi Hyundai Stargazer, publik pun belum bisa mendapat kepastian kapan mobil tersebut akan hadir di Indonesia.

Namun, satu hal yang pasti, belakangan ini makin banyak informasi berseliweran mengenai Stargazer. Baik yang datang dari dalam negeri ataupun situs-situs berita otomotif asing.

Spyshot Hyundai Stargazer

(Foto: Instagram @akhdan_qolbi)

Harga Hyundai Stargazer Baru Sebatas NJKB

Salah satu pemicu mencuatnya nama Stargazer dalam beberapa waktu belakangan ini ialah munculnya angka Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) mobil tersebut. Dari informasi itu pun kemudian terlihat varian-varian yang terdaftar.

Satu hal yang perlu dipahami adalah angka NJKB masih bersifat “mentah”. Sebabnya belum ditambah biaya-biaya lain yang sudah semestinya terdapat pada mobil baru. Dengan begitu dapat dipastikan harga yang nanti ditawarkan ke konsumen akan lebih tinggi.

Lebih lengkap mengenai NJKB Stargazer bisa disimak pada tabel di bawah ini, dirangkum dari situs web Samsat DKI Jakarta pada akhir Maret 2022.

  • Hyundai Stargazer ACT15 4x2A – Rp164 juta
  • Hyundai Stargazer ACT15 4x2M – Rp155 juta
  • Hyundai Stargazer PRM15 4x2A – Rp202 juta
  • Hyundai Stargazer STY15 4x2A – Rp189 juta
  • Hyundai Stargazer TRN15 4x2A – Rp176 juta
  • Hyundai Stargazer TRN15 4x2M – Rp167 juta

Dari daftar di atas terlihat beberapa akronim yang menjurus pada nama-nama variannya nanti, yaitu ACT atau Active, PRM atau Prime, STY atau Style, dan TRN atau Trend.

Varian Active tampaknya menjadi opsi yang paling murah dengan NJKB mulai dari Rp155 juta. Kemudian diikuti oleh varian Trend, Style, dan Prime yang paling mahal. Susunan varian ini mungkin sudah tak asing lagi bagi sebagian orang karena identik dengan susunan varian Creta.

NJKB Hyundai Stargazer

Kapan Hyundai Stargazer Meluncur di Indonesia?

Publik harap bersabar menanti kehadiran mobil ini. Carmudi coba menghubungi sebuah diler Hyundai di Jawa Barat untuk menanyakan perihal Stargazer.

Sayangnya, belum diketahui pasti kapan Hyundai Stargazer akan diluncurkan atau bisa dipesan. Bahkan belum ada yang bisa memastikan nama mobil baru Hyundai selanjutnya adalah Stargazer.

Terlepas dari hal tersebut, tahun ini publik akan kembali disuguhkan dengan pameran otomotif GIIAS 2022 yang rencananya berlangsung pada 11-21 Agustus 2022 di ICE BSD City, Tangerang.

Akankah pameran ini menjadi momen kehadiran Stargazer di Indonesia? Mari kita tunggu saja.

Spesifikasi Hyundai Stargazer

Hal lain yang tentunya juga bikin penasaran publik ialah spesifikasi teknis Stargazer.

Melihat daftar NJKB mobil ini terlihat Stargazer akan menggunakan sistem penggerak roda yang umum untuk mobil sekelasnya, yaitu 4×2. Besar kemungkinan roda depan yang akan menjadi sumber penggeraknya.

Dalam daftar NJKB tersebut juga terlihat adanya kode A dan M yang diyakini sebagai singkatan jenis transmisinya.

Jika benar demikian maka Stargazer akan memiliki transmisi A (Automatic) sekaligus M (Manual) untuk varian Tren dan Active. Sementara itu varian Style dan Prime hanya ada pilihan automatic.

Kemudian terlihat kode angka 15 yang kemungkinan merujuk pada kapasitas mesin 1.500 cc. Pada saat ini Hyundai di Indonesia memiliki mesin dengan kapasitas sebesar itu yang menempel di Creta.

Bukan hal yang mustahil Stargazer akan menggunakan mesin tersebut. Terlebih lagi jika melihat strategi yang banyak digunakan rivlanya.

Mesin Hyundai Creta

Contohnya Avanza yang menggunakan mesin serupa dengan Rush, Mobilio menggunakan mesin BR-V, atau Ertiga yang performanya ditunjang mesin XL7.

Dengan begitu, bukan sesuatu yang aneh seandainya Stargazer meminjam mesin Creta. Namun, sekali lagi hal ini belum dapat dikonfirmasi sampai mobilnya benar-benar meluncur.

Sekilas mengenai mesin Creta, PT HMID membekalinya dengan mesin bensin Smartstream G1.5 MPI Inline 4-silinder. Mesin tersebut memiliki kapasitas 1.497 cc dengan tenaga tertinggi 113,4 hp dan torsi puncak 143 Nm.

Hal yang menarik, seandainya Stargazer menggunakan mesin Creta maka produk tersebut akan menjadi salah satu LMPV yang bertenaga. Di atas kertas mesinnya lebih kuat dibandingkan Avanza 1.500 cc atau Ertiga. Tenaga puncaknya hanya kalah tipis dari Mobilio.

Harga dan spesifikasi Hyundai Stargazer bukan hanya membuat penasaran masyarakat Indonesia. Namun, juga menjadi bahan pemberitaan sejumlah portal otomotif asing.

Salah satu portal otomotif asal India juga memprediksi penggunaan mesin Creta untuk Stargazer nanti. Bahkan bukan hanya mesin, tapi Stargazer juga dikabarkan akan membawa teknologi-teknologi canggih dari Creta, seperti Hyundai Smartsense.

Tak kalah menarik adalah desas-desus mengenai kemungkinan adanya mesin diesel untuk mobil ini.

Sementara itu, penampakan mobil yang diduga adalah Stargazer makin ramai beredar di internet. Sebabnya apalagi jika bukan spyshot yang berhasil ditangkap pengguna jalan lain.

Sekilas proporsi bodi mobil tersebut memang menyerupai LMPV kebanyakan. Hal yang unik ialah desain wajah depannya seperti terinspirasi dari kakaknya, yaitu Staria.

Kap mesinnya dibuat melandai dengan kaca depan, kemudian terdapat susunan lampu depan di sebelah grilnya.

Terlepas dari semua itu, pastinya bukan hal mudah bagi pabrikan untuk menentukan harga dan spesifikasi Hyundai Stargazer. Mengingat persaingan di segmen ini sangat ketat dan dipenuhi konsumen loyal. Harus ada kejutan yang benar-benar mampu menarik perhatian konsumen.

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *