Reviews

Harga dan Spesifikasi Kia Sonet 7, Mampukah Menarik Hati Publik?

Sudah bukan rahasia mayoritas konsumen Tanah Air begitu menyukai mobil 7-seater. Tak mau ketinggalan, PT Kreta Indo Artha (KIA) selaku agen pemegang merek Kia memperkenalkan Sonet versi tiga baris bangku penumpang. Namun apakah harga dan spesifikasi Kia Sonet 7 mampu menarik hati konsumen?

Sebagai gambaran singkat, Kia Sonet 7 dijual pada rentang harga Rp199,5 juta – Rp296 yang terbagi dalam lima varian. Terdapat tiga varian tingkat kemewahan ditambah dua pilihan transmisi.

Harga dan Spesifikasi KIA Sonet 7

(Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Terlepas dari hal itu nama Kia Sonet sendiri pastinya sudah cukup terdengar sejak tahun lalu. Mobil ini pertama kali masuk Indonesia pada November 2020 untuk meramaikan segmen Compact Sport Utility Vehicle (SUV).

Pada awal kemunculannya Kia Sonet memiliki segmentasi yang cukup menarik

Berbekal spesifikasi mesin 1.500 cc dan konfigurasi bangku 5-seater,mobil ini bisa disandingkan dengan Honda HR-V 1.5. Namun kalau melihat harganya lebih cocok masuk ke ranah Low SUV seperti halnya Honda BR-V atau Rush/Terios.

Tak lama berselang Kia kembali memperkenalkan varian baru dari produk ini yang menggunakan konfigurasi bangku tiga baris. Dengan begitu kapasitas angkutnya pun bertambah menjadi 7-seater. Kehadirannya sudah barang tentu akan menjadi pilihan baru mobil 7-seater di Indonesia.

Tapi sebelum Anda benar-benar menjatuhkan pilihan sebaiknya tengok dulu lebih dalam mengenai harga dan spesifikasi Kia Sonet 7. Pasalnya setiap varian memiliki kelengkapan yang agak berbeda.

Kemudian kami juga sudah membuktikan sendiri rasanya berada di bangku paling belakang. Sebagai bocoran, bangku baris ketiga memang cukup berguna, namun menyimpan impresi tersendiri saat Anda berada di sana.

Harga dan Spesifikasi Kia Sonet 7

Sampai saat ini Kia Sonet masih menjadi mobil di bawah Rp300 juta dengan fitur sangat berlimbah. Bayangkan saja, mobil ini sudah dilengkapi dengan fitur pendingin jok yang biasanya cuma bisa ditemui pada mobil-mobil mewah.

Tapi bagaimana dengan spesifikasinya? Mari simak ulasannya.

Spesifikasi Eksterior

Eksterior KIA Sonet 7

(Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Hal penting yang perlu diketahui dari eksterior Sonet 7 ialah dimensinya tetap sama dengan model 5-seater. Di atas kertas mobil ini memiliki ukuran P 4.120 mm x L 1.790 mm x T 1.615 mm. Kemudian untuk wheelbase-nya 2.500 mm.

Semua lampu sudah menggunakan LED. Mulai dari headlamp, Daytime Running Light (DRL), fog lamp, hingga stop lamp. Tapi ini hanya berlaku untuk varian Premiere, Dynamic, dan Smart.

Di sektor kaki-kaki semua varian juga memakai ban dengan ukuran yang sama, yaitu 215/60 R16. Tapi khusus tiga varian tadi dilengkapi velg alloy sementara varian terbawah, yaitu Standard menggunakan velg steel.

Pada sisi eksterior Sonet 7 memiliki perbedaan cukup besar dengan tipe 5-seater karena tak lagi ditemui sunroof. Hilangnya fitur tersebut bukan tanpa alasan melainkan ada hubungannya dengan kehadiran fitur baru di dalam kabin, yaitu air circulator.

Eksterior KIA Sonet 7 2021

(Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Selebihnya kalau dilihat dari luar mobil ini masih sama dengan model 5-seater-nya. Tampangnya mendapat pemanis berupa spoiler belakang yang terintegrasi dengan High Mount Stop Lamp (HMSL).

Lalu untuk bagian depan ada gril berwarna krom. Sentuhan yang sama juga berlaku untuk gagang pintu dan garis di pinggir jendela.

Tapi lagi-agi sentuhan krom ini hanya berlaku untuk varian Smart ke atas karena untuk varian Standard warna yang digunakan sama dengan bodi.

Spesifikasi Interior Kia Sonet 7

Interior KIA Sonet 7

(Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Pembahasan harga dan spesifikasi Kia Sonet 7 belum sah kalau tidak melihat ke bagian dalam mobil. Karena faktanya pada sisi inilah perubahan utama itu berada.

Kini Kia Sonet punya bangku baris ketiga yang yang otomatis membuat daya angkutnya bertambah. Penambahan tersebut dilakukan secara serius karena juga ikut mengubah struktur lantai kendaraan agar penumpang tetap bisa duduk dengan nyaman.

Carmudi berkesempatan melihat langsung mobil ini. Mesti diakui, duduk di bangku belakangnya terasa sempit bagi orang dewasa. Head room pas-pasan begitu juga dengan ruang kaki yang tersedia di depan lutut.

Tapi kehadiran bangku baris ketiga ini bukan tanpa fungsi sama sekali. Karena masih bisa digunakan oleh penumpang yang masih berusia cilik. Adanya sabuk pengaman tiga titik di sana cukup menjamin keselamatan.

Kalau boleh dibilang sebenarnya orang dewasa juga masih bisa duduk di bangku baris ketiga. Tapi mungkin tidak untuk perjalanan jarak jauh.

Bangku Baris Ketiga KIA Sonet 7

(Foto: Carmudi/Badjora Ibrahim)

Kemudian penumpang belakang akan mendapat sandaran tangan sekaligus cup holder dan laci penyimpanan kecil. Tak ketinggalan pabrikan juga menyediakan semacam pegangan di samping pintu agar penumpang dari luar lebih mudah masuk ke belakang.

Penambahan bangku baris ketiga ini juga disertai perubahan pada bangku baris kedua. Pertama, kini joknya bisa digeser maju dan mundur. Jadi pengaturan luas kabin bisa lebih disesuaikan dengan kondisi.

Kedua, bangku tengah dibagi menjadi 40:60. Beda halnya dengan Sonet 5-seater yang menyatu. Walhasil pemilik bisa membawa barang dengan dimensi panjang sekaligus mengangkut satu atau dua orang penumpang di bangku tengah tersebut.

Nah, seperti sudah disebutkan di awal bahwa Sonet 7 tidak memiliki sunroof karena kini ada air circulator. Asal tahu saja, fitur ini berbeda dengan double blower karena fungsinya hanya menyedot hawa dingin dari Air Conditioner (AC) depan untuk diteruskan ke belakang.

Varian Premiere sebagai tipe tertinggi tentunya dilengkapi fitur paling lengkap. Sebut saja head unit 10,25 inci dengan koneksi Bluetooth, voice recognition, Apple Carplay, Android Auto, USB dan Aux, serta Qibla direction.

Sementara itu untuk varian di bawahnya mesti puas head unit 8 inci.

Fitur wireless charging hanya tersedia di varian Premiere dan Dynamic. Remote engine start juga bisa ditemui pada kedua varian itu ditambah Smart bertransmisi otomatis.

Spesifikasi Mesin

Mesin KIA Sonet

(Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Tak ada yang berubah dari spesifikasi mesin Kia Sonet 7 dibanding Sonet biasa. Pabrikan membekalinya dengan mesin Smartstream, Gamma III yang sudah menggunakan teknologi DOHC dan Dual CVVT.

Mesin dengan kapasitas 1.497 cc tersebut memiliki tenaga tertinggi 113,4 Hp @ 6.300 Rpm dan torsi puncak 144 Nm @ 4.500 rpm. Mesin tersebut dipasangkan dengan transmisi manual 6 kecepatan atau otomatis 8 kecepatan.

MesinSmartstream G 1.5, DOHC
Jumlah silinder4 segaris
Kapasitas mesin 1.497 cc
Tenaga Maksimum113 Hp @ 6.300 rpm
Torsi Maksimum144 Nm @ 4.500 rpm
TransmisiCVT 8 kecepatan / manual 6 kecepatan
Dimensi (P x L x T)4.210 mm x 1.790 mm x 1.615 mm
Wheelbase2.500 mm
Ground clearance205 mm
Sistem kemudiElectric Power Steering
Suspensi depanMcPherson Strut
Suspensi belakangCoupled Torsion Beam Axle
Ukuran ban 215/60 R16
Rem depanCakram ventilasi
Rem belakangTromol
Keselamatan aktifABS, EBD, ESC, HSA

Harga Kia Sonet 7 Indonesia

Body Samping KIA Sonet 7

(Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Kia Sonet 7 tidak memiliki varian Active seperti halnya yang bisa ditemui pada Sonet biasa. Jadi urutannya dari yang paling rendah adalah Standard, Smart, Dynamic, dan Premiere.

Varian standar hanya memiliki pilihan transmisi manual. Varian Smart terdiri dari manual dan otomatis. Kemudian Dynamic hanya tersedia dalam transmisi otomatis.

Lalu untuk pilihan warna yang bisa dipilih, antara lain:

  • Clear White (putih)
  • Intelligency Blue (biru)
  • Intense Red (Merah)
  • Steel Silver (abu-abu metalik)
  • Aurora Black Pearl (Hitam)
  • Beige Gold (emas)

Sedangkan untuk daftar harga lengkap Kia Sonet 7 bisa Carmudian simak di bawah ini.

TipeHarga
Standard 7 MTRp199,5 juta
Smart 7 MTRp245,5 juta
Smart 7 iVTRp258,5 juta
Sonet Dynamic 7 iVTRp272 juta
Sonet Premiere 7 iVTRp296 juta

Simak juga video review Kia Sonet 7 dari Carmudi berikut ini:

Baca Juga:

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts