Harga Honda BeAT 2021 Tak Jauh Beda dari Rival, Cek Komparasi Spesifikasinya
Dengan kesuksesan penjualan yang diraihnya, Honda BeAT bisa dibilang adalah skuter matik paling favorit saat ini. Buat Anda yang juga ingin memilikinya, mari simak ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Honda BeAT 2021 sekaligus komparasinya dengan beberapa rival di pasaran.
Mereka yang tengah mempertimbangkan memiliki Honda BeAT kemungkinan besar sedang membutuhkan kendaraan roda dua untuk harian dengan harga terjangkau dan irit bahan bakar. Jika itu yang dicari maka Honda BeAT dijamin memenuhi semua persyaratan.
Tapi kenapa harus Honda BeAT? Padahal di luar sana juga banyak produk yang bisa jadi pilihan. Ambil contoh Yamaha Mio yang sejak awal sudah menjadi menjadi rival terdekatnya.
Kedua skuter matik ini lahir di era yang sama. Yamaha memang memperkenalkan Mio lebih dulu, yaitu tahun 2004. Sementara Honda BeAT lahir empat tahun setelahnya. Sejak saat itu persaingan kedua model ini terus berlangsung sampai sekarang.
Di pertengahan jalan, tepatnya 2011, Suzuki Nex ikut hadir untuk meramaikan segmen skuter matik entry level.
Walau kedatangan banyak pesaing, tapi Honda BeAT tetap kokoh menduduki peringkat teratas daftar motor terlaris. Pada tahun 2020 lalu, skuter matik ini laku terjual hingga sekitar 950 ribu unit.
Honda BeAT 2021 Desain Makin Elegan
Pada awal 2020 PT Astra Honda Motor (AHM) menghadirkan Honda BeAT generasi kelima.
Model ini membawa perubahan yang cukup banyak, di antaranya penggunaan rangka baru dengan teknologi eSAF. Pabrikan mengklaim dengan perubahan ini bobot Honda BeAT bisa berkurang hingga 4 kg dan manuvernya tambah lincah tanpa kehilangan kestabilan.
Dari segi tampilan, kami mengapresiasi perubahan yang ada. Desain bodi Honda BeAT jelas tambah keren.
Penggunaan lampu depan LED menjadi nilai tambahnya dibanding para rival. Berdasarkan penelusuran, hanya Suzuki Nex II yang memiliki fitur serupa. Sedangkan Yamaha Mio M3 125 masih setia dengan lampu halogen.
Di samping itu, Honda BeAT juga punya bodi yang terlihat lebih elegan dengan balutan warna matte. Hal ini sedikit mengingatkan pada tampilan skuter matik premium, Honda PCX atau Honda Vario.
Dengan begitu, prediksinya Honda BeAT bisa memikat konsumen dari kalangan yang lebih luas. Jika sebelumnya skuter matik ini lebih atraktif bagi anak muda, tapi dengan tampilannya yang elegan bukan tidak mungkin konsumen lebih dewasa juga jatuh hati.
Harga Honda BeAT 2021 Dibanding Rivalnya
Harga bisa dilihat sebagai salah satu alasan yang membuat skuter matik ini begitu diminati. Honda BeAT adalah skuter matik termurah dari brand berlambang sayap mengepak.
Menurut informasi di situs AHM, Harga Honda BeAT 2021 berada di rentang Rp16.665.000 sampai Rp17.564.000.
Hal yang menarik adalah Honda BeAT generasi kelima ini memiliki cukup banyak varian. Dari yang paling rendah adalah BeAT CBS, BeAT CBS ISS, BeAT Street, dan yang paling tinggi adalah BeAT Deluxe. Apa bedanya?
Honda BeAT CBS bisa dibilang adalah varian basic. Varian ini memiliki fitur-fitur standar, seperti halnya lampu depan LED, panel instrumen kombinasi analog dan digital, shutter key, dan ban tubeless. Adanya kode CBS menandakan model ini sudah menggunakan Combi Brake System.
Sekilas tentang teknologi tersebut, keberadaannya bertujuan menghasilkan pengereman yang seimbang dan optimal untuk ban depan sekaligus belakang hanya dengan memanfaatkan satu tuas rem (tuas kiri).
Selanjutnya adalah varian BeAT CBS ISS. Varian ini memiliki semua fitur yang terdapat di varian BeAT CBS, tapi ada tambahan power socket 12V dan tentunya teknologi ISS yang merupakan singkatan dari Idling Start Stop.
Fitur ini berguna untuk membuat mesin lebih irit bensin. Caranya, pada saat motor dalam kondisi langsam selama tiga detik maka mesin akan mati. Kemudian lampu indikator menyala sebagai tanda ISS sedang aktif.
Untuk mulai berkendara lagi pengguna tinggal putar tuas gasnya.
Varian selanjutnya adalah BeAT Street yang pada dasarnya adalah BeAT CBS tapi menggunakan setang model telanjang. Perbedaan lainnya, BeAT Street menggunakan panel instrumen yang sepenuhnya sudah digital.
Terakhir adalah varian BeAT Deluxe. Varian ini adalah BeAT CBS ISS, namun dengan pilihan warna matte tanpa ada tambahan grafis apapun. Hasilnya, varian ini memiliki tampilan yang elegan.
Nah, seperti disampaikan sebelumnya Honda BeAT adalah pilihan paling terjangkau dibanding skuter matik Honda lainnya. Tapi bagaimana jika dibanding para rival?
Ternyata selisih harga setiap produk tidak terlalu jauh. Suzuki Nex II bermain di rentang harga Rp17.000.000 sampai Rp17.450.000. Sedangkan Yamaha Mio M3 ditawarkan antara Rp16.500.000 sampai Rp17.270.000.
Semua harga mengacu pada informasi di situs web pabrikan, diakses Juni 2021. Untuk lebih jelas mengenai perbandingan harga setiap model mari simak tabel berikut.
Harga Honda BeAT 2021 | Harga Yamaha Mio M3 2012 | Harga Suzuki Nex II 2021 |
BeAT CBS ISS
Rp16.665.000 |
Mio M3 125
Rp16.650.000 |
Nex II Standar
Rp17.000.000 |
BeAT CBS ISS
Rp17.365.000 |
Mio M3 125 AKS SSS
Rp17.270.000 |
Nex II Elegant
Rp17.000.000 |
BeAT Street
Rp17.365.000 |
– | Nex II Elegant Premium
Rp17.450.000 |
BeAT Deluxe
Rp17.465.000 |
– | – |
Komparasi Spesifikasi
Sekarang mari lihat perbandingan spesifikasi Honda BeAT 2021 dengan para rivalnya. Di atas kertas Honda BeAT bukanlah yang paling bertenaga lantaran pakai mesin paling kecil. Produk Honda ini dibekali mesin 109,5 cc dengan tenaga puncak 8,8 Hp dan torsi 9,3 Nm.
Masih kalah dibanding Suzuki Nex II yang ditenagai mesin 113 cc bertenaga 8,9 Hp dan torsi 8,5 Nm. Apalagi dibanding Yamaha M3 yang punya mesin 125 cc bertenaga 9,3 Hp dan torsi 9,6 Nm.
Yamaha Mio M3 jelas adalah yang paling unggul dari sisi tenaga yang dihasilkan. Tapi lain cerita kalau bicara efisiensi bahan bakar. Honda BeAT adalah juaranya.
AHM mengklaim konsumsi BBM Honda BeAT terbaru bisa mencapai 60,4 km/liter.
Angka tersebut memang baru sebatas klaim pabrikan yang biasanya memang lebih tinggi dibanding penggunaan sehari-hari nantinya. Tapi kalau produsen berani mengklaim angka sebaik itu, berarti mereka juga percaya diri produknya memang irit bahan bakar.
Untuk dua produk lainnya, Suzuki mengklaim konsumsi bahan bakar Nex II adalah 49 km/liter. Sementara hasil pengujian Yamaha atas konsumsi BBM Yamaha M3 125 menghasilkan angka 53,68 km/liter.
Berikut adalah sekilas perbandingan spesifikasi Honda BeAT dengan para rivalnya.
Honda BeAT | Suzuki Nex II | Yamaha Mio M3 125 | |
Jenis Mesin | 4-tak, SOHC | 4-tak, SOHC | 4-tak, SOHC |
Kapasitas | 109,5 cc | 113 cc | 125 cc |
Tenaga | 8,8 Hp | 8,9 Hp | 9,3 Hp |
Torsi | 9,3 Nm | 8,5 Nm | 9,6 Nm |
Konsumsi BBM | 60,4 Km/liter | 49 Km/liter | 53,68 Km/liter |
Jadi kalau dikembalikan lagi pada pertanyaan awal, kenapa harus memilih Honda BeAT? Jawaban utamanya memanglah faktor keiritan bahan bakar dan harga yang masih terjangkau.
Bisa juga ditambah faktor desainnya yang terlihat keren. Menurut penilaian kami, Honda BeAT memiliki penampilan yang paling menarik dibanding rival-rivalnya.
Walau dimensinya kompak, tapi terlihat berisi. Dilihat dari depan sampai belakang skuter matik ini pun nampak proporsional.
Selebihnya, perang fitur di segmen skuter matik entry level belum begitu terasa.
Honda BeAT boleh jadi punya ISS, tapi Yamaha Mio M3 juga dilengkapi start and stop system yang cara kerjanya mirip. Kemudian Honda BeAT menggunakan lampu LED, konsumen juga bisa menemukannya di Suzuki Nex II.
Terakhir, untuk memberi gambaran aspek teknis lebih menyeluruh tentang Honda BeAT, berikut adalah spesifikasi lengkapnya.
Spesifikasi Honda BeAT 2021
- Mesin: 4-tak, SOHC, eSP
- Kapasitas: 109,5 cc
- Sistem Suplai BBM: Injeksi
- Diameter x Langkah: 47,0 x 63,1 mm
- Transmisi: Otomatis
- Rasio Kompresi: 10,0:1
- Tenaga: 109,5 Hp @ 7.500 rpm
- Torsi: 8,8 Hp
- Starter: Elektrik dan Starter Kaki
- Kopling: Otomatis, Kering, Sentrifugal
- Rangka: Tulang Punggung eSAF
- Suspensi Depan: Teleskopik
- Suspensi Belakang: Lengan Ayun, Peredam Kejut Tunggal
- Ukuran Ban Depan: 80/90 – 14 M/C Tubeless
- Ukuran Ban Belakang: 90/90 – 14 M/C – Tubeless
- Rem Depan: Cakram Hidrolik Piston Tunggal
- Rem Belakang: Tromol
- Sistem Pengereman: Combi Brake System (CBS dan CBS ISS)
- P x L x T: 1.877 x 669 x 1.074 mm
- Tinggi Tempat Duduk: 740 mm
- Jarak Sumbu Roda: 1.256 mm
- Jarak Terendah ke Tanah: 147 mm
- Curb Weight: 89 Kg (CBS), 90 Kg (CBS ISS)
- Kapasitas Tangki Bahan Bakar: 4,2 Liter
- Kapasitas Minyak Pelumas: 0,65 Penggantian Periodik
- Tipe Aki: MF 12V-3Ah (Tipe CBS) MF 12V-5Ah (Tipe CBS-ISS)
- Sistem Pengapian: Full Transistorized, Baterai
- Busi: NGK MR9C-9N/DENSO U27EPR9-N9