Home » Sample Blog » Harga Honda Civic Nouva, Murah Meriah Karena Kalah Pamor dengan Civic Estilo

Harga Honda Civic Nouva, Murah Meriah Karena Kalah Pamor dengan Civic Estilo

Harga Honda Civic Nouva termasuk stabil (Foto: Carmudi)

Jakarta – Honda Civic punya sejarah cukup panjang di Indonesia. Mobil ini termasuk sering berganti desain, antara sedan atau hatchback. Untuk yang versi hatchback, begitu populer di era 90-an dalam versi Civic EF atau yang juga disebut Civic Nouva yang kini harga Honda Civic jadul masih tinggi karena banyak peminat.

Civic Nouva adalah pendahulu dari Honda Civic Estilo, dikenal dengan kode sasis SH3. Hatchback ini ukurannya kompak dan profilnya rendah yang membuatnya langsung terkesan sporty tanpa perlu diceperin. Ciri khas desain yang mengotak namun timeless dan sedap dipandang hingga kini. Padahal, umurnya sudah lebih dari 30-tahun.

Di kalangan masyarakat, Civic Nouva juga dikenal sebagai Civic ‘Setrika’ karena bentuk kaca belakang yang besar dan rata mirip seperti punggung setrika. Meskipun sekarang ini banyak bermunculan mobil terbaru tetapi tidak sedikit orang yang masih mencari hatcback andalan Honda era 90-an ini.

Pada masa awal penjualannya, Honda Civic Nouva sangat laris di pasaran. Untuk mobil masa itu Honda Civic Nouva ini tergolong canggih dan mesin yang bertenaga lumayan besar. Oleh karena mesinnya yang hebat, akselerasi juga bisa secara cepat.

Kelebihan Honda Civic Nouva yang membuat orang tergoda ingin memiliki mobil ini yaitu Harga yang sangat terjangkau dan spesifikasi yang gahar. Banyak orang yang mencari Civic Nouva untuk direstorasi sebagai EF9 yang performanya lebih gahar dan fiturnya lebih lengkap.

Harga Honda Civic Nouva ini berkisar antara Rp 40-55 juta tergantung kondisinya. Termasuk relatif murah untuk hothatch retro yang tak lekang zaman.

Kisaran harga Honda Civic Nouva

Berdasarkan daftar listing yang tercatat di situs jual beli mobil bekas terpercaya Carmudi, harga Honda Civic Nouva paling murah yaitu 42 juta untuk tahun produksi 1990 lalu yang termahal seharga Rp 53 juta untuk keluaran tahun 1991. Dari listing yang tersedia, terlihat bila Civic Nouva ini termasuk mobil yang jarang dijual.

Sebab, di tahun produksi yang sama, Honda juga memasarkan Grand Civic di Indonesia. Versi sedan ini populasinya jauh lebih banyak dan imbasnya tentu membuat harga Honda Civic versi sedan jadi lebih murah. Untuk tahun yang sama dengan Civic Nouva, Harga Honda Civic sedan dijual seharga Rp 32 juta untuk tahun 1990 dan Rp 45 juta untuk tahun 1991.

Honda Civic Nouva

Baik Grand Civic maupun Civic Nouva masuk ke dalam generasi keempat keluarga Civic. Modelnya didesain ulang dengan peningkatan dimensi dan garis kap mesin yang lebih rendah. Berbagai macam model dan trim level yang ditawarkan untuk berbagai pasar di seluruh dunia.

Honda Civic Nouva, Versi Hatchback Grand Civic

Tidak salah memang bila menyebut Civic Nouva atau EF ini sebagai versi hatchback dari Civic LX atau Grand Civic. Sebab keduanya memakai mesin yang sama, yaitu D15B2. Mesin dengan konfigurasi 4 Silinder segaris, SOHC 16 Katup 1.500 cc. Tenaga yang dihasilkan 92 HP / 6.000 rpm dan torsi 119 Nm / 4.500 rpm.

Namun, kita tidak membahas versi sedan yang sudah sangat ketinggalan zaman. Untuk Civic Nouva, adalah sebagai hasil pengembangan dari varian sebelumnya yaitu Civic Wonder yang juga berwujud hatchback.

Bagian belakang Civic Nouva mirip setrika (Foto: Carmudi)

Tidak heran jika tampilan mobil ini tidak jauh berbeda dari varian sebelumnya. Ya meskipun ada beberapa bagian yang sudah mengalami perubahan, baik itu pada bagian eksterior atau pun bagian interiornya.

Berbekal mesin berkapasitas besar, maka banyak dari pengguna Civic Nouva menjadikan mobil ini sebagai bahan untuk dibangun sebagai mobil balap touring car. Bodi mobil yang mungil membuat Nouva bisa berakslerasi atau manuver yang luar biasa.

Tapi, dengan harga yang termasuk murah pastinya Carmudian harus siap menerima risiko dengan kondisi mobil yang tidak sesehat dulu. Banyak pemiliiki mobil ini yang mengeluhkan bahwa mobil ini mudah keropos, hal ini disebabkan penggunaan bahan material yang masih jauh dari standar.

Bisa dibilang, build quality saat itu tidak begitu bagus. Anda perlu melakukan pemeriksaan yang mendetail agar tidak sampai mendapat unit yang keropos bodinya. Lalu untuk pemilik, disarankan agar tetap memeriksa bagian kolong untuk menghindari terjadinya keropos bagian bodi bawah karena usia.

Penyakit Civic Nouva, Turunan dari Civic Wonder

Hadir dengan pembaharuan yang signifikan, ternyata Honda belum membenahi sektor kaki-kaki Civic Wonder menjadi lebih baik pada generasi Civic Nouva. Penyakit bawaan keduanya sama, yaitu terletak pada kaki-kaki.

Bagian yang sering bermasalah yaitu di shockbreaker, ball joint, dan bushing arm. Biasanya, muncul  kebocoran shock atau keausan pada bagian kaki-kaki. Dan ketika dijalankan, muncul bunyi abnormal dari kolong sekitaran roda.

Selebihnya, perawatan Civic Nouva terbilang mudah dan spare patnya murah dan mudah dicari di bursa onderdil atau pasar mobil. Catatan hanya terdapat di spare part kaki-kaki yang cukup mahal sehingga Carmudian perlu menyiapkan uang lebih bila harus jajan bagian ini.

Kelebihan Civic Nouva

Bicara soal keunggulan Civic Nouva ini termasuk banyak, salah satunya dari desain bagian belakang yang jadi inspirasi Honda Brio. Kesan klasik dan elegan, membuat mobil ini terlihat lebih bernilai dan memiliki nilai seni yang tinggi.

Memang, gaya kotak masih tampak jelas dari Civic Nouva, dan mobil ini juga yang mengakhiri style itu. Pada generasi selanjutnya yaitu Civic Estilo desainnya membulat ala kapsul sehingga jauh lebih everlasting. Tapi, penggemar mobil lawas ala JDM atau Japan Domestic Market lebih menjatuhkan pilihan kepada Civic Nouva yang lebih mudah dioprek sesuai gaya dan selera.

Sisi positifnya, harga jual Civic Nouva tidak gaib atau sukar ditebak seperti adiknya. Sebagaimana diketahui, Pasaran harga Honda Civic Estilo mencapai sekitar Rp 70 jutaan dengan kondisi biasa dan tembus Rp 100 jutaan untuk kondisi mulus.

Civic EF Kalah Kelas dibanding Civic Estilo

Ini bagi sebagian orang dianggap sebagai kekurangan Civic EF yang desainnya masih mengotak dengan bagian belakang mirip setrika. Selain itu, kapasitas mesin Nouva juga kalah besar dan kalah bertenaga ketimbang Estilo yang muncul setelahnya.

Hal lainnya yang tidak ada pada Civic Nouva yaitu rasio gigi dekat dan kemudi yang ringan. Penyempurnaan ini baru muncul pada Civic Estilo yang membuat hatchback ini salah satu pilihan mobil yang fun to drive di era 90-an.

Anda mendapatkan feedback positif ketika memutar kemudi bermanuver di tikungan tanpa takut mobil mengalami gejala bodyroll, understeer ataupun oversteer. Ini karena Estillo sudah dibekali suspensi sport khas Honda. Tak heran bila mobil ini banyak diburu dan membuat harganya gaib di pasaran kendaraan bekas.

Mesin
Tipe1,5 liter D15B2 karburator
Volume Silinder1.500 cc
Tenaga Maksimal92 HP @6.000 RPM
Torsi Maksimal119 Nm @4.500 RPM
Rasio Kompresi9,2:1
Transmisi5 Percepatan AT/MT
Sasis
Suspensi DepanDouble Wishbone
Suspensi BelakangMultilink
RemDisc
Ban175/55/R15
Fitur
ACStandard
Power WindowSeatbelt with Pretensioner & Force Limiter

 

 

Mercedes-Benz C-Class Facelift (Fransiscus Rosano/Carmudi)
Previous post
Harga dan Spesifikasi Mercedes-Benz C-Class | Sudah Pantas Disebut Sedan Mewah
Next post
Lima Fakta Menarik soal Toyota Avanza Baru, Mobil Sejuta Umat di Indonesia