HomeSepeda motorHarga Honda PCX Bekas Kini Semakin Menggoda

Harga Honda PCX Bekas Kini Semakin Menggoda

Honda PCX Glorious Matte Black (Foto: Honda)

Jakarta – Harga Honda PCX bekas menjelang akhir tahun 2020 ini bisa dibilang lumayan menggoda karena terpantau turun dibandingkan tahun sebelumnya.

Salah satu penyebab penurunan harga bekas Honda PCX adalah pandemi Covid-19 yang menerpa Indonesia. Tak hanya PCX, harga seluruh kendaraan pun terkoreksi mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Tak heran, harga bekas dan baru Honda PCX punya selisih yang jauh sehingga membuat orang kini banyak lebih memilih membeli unit bekasnya Ibaratnya, selisihnya untuk menabung dan modifikasi juga masih bisa.

Ada beberapa alasan mengapa orang sangat tertarik dengan Honda PCX, di antaranya karena desain yang oke serta kenyamanan yang diberikan oleh motor skuter besar ini cukup bagus.

Walaupun bagi sebagian orang harga bekas motor ini cukup stabil, ternyata enggak sepenuhnya demikian. Menurut survey yang kami lakukan di listing Carmudi harga bekasnya mengalami penurunan.

Harga Baru Honda PCX 2020

Oktober 2020, harga Honda PCX bekas terpantau tidak mengalami kenaikan atau penurunan. Honda menawarkan PCX dalam tiga tipe yang bisa dibeli sesuai keinginan konsumen.

Ketiga tipe itu adalah Honda PCX CBS, PCX ABS, dan PCX Hybrid. Ketiganya punya selisih harga yang cukup lumayan, yakni bisa mencapai Rp3-11 jutaan.

harga honda pcx bekas
2018 Honda PCX125
  • Honda PCX 150 CBS Rp29,8 jutaan
  • Honda PCX 150 ABS Rp32,8 jutaan
  • Honda PCX Hybrid Rp43,3 jutaan.

Alasan Honda PCX Berharga Mahal

Untuk ukuran sebuah motor matik, jelas Honda PCX punya harga yang cukup tinggi.

Lantas, apa yang membuat Honda PCX ini menjadi mahal?

  • Fitur Honda PCX

Salah satu alasan harga Honda PCX menjadi mahal adalah penggunaan kunci keyless yang menjadikannya sebagai salah satu pelopor penggunaan fitur tersebut. Jadi tak heran kalau secara teknologi motor ini sudah cukup keren.

Keyless sudah terintegrasi dengan alarm dan Answer Back System yang ada pada varian sepeda motor Honda lainnya. Pada kunci tersebut juga sudah tersemat tombol pembuka tangki serta jok yang terintegrasi pada kunci tersebut.

  • Mesin Honda PCX

Honda PCX memiliki mesin berkapasitas 150 cc, 1 silinder, 4 tak SOHC, PGM FI dengan pendingin air. Mesin tersebut menggunakan transmisi otomatis V-Matic yang mampu menghasilkan tenaga hingga 13 hp dengan torsi 13,2 Nm.

harga honda pcx bekas

Konsumsi bahan bakarnya juga irit, bisa mencapai kisaran 1:45 km/liter. Kapasitas tangki bahan bakar yang dimilikinya pun termasuk besar, mampu membawa 8 liter bahan bakar dalam satu kali pengisian.

Harga Honda PCX Bekas

Honda PCX sendiri pertama kali diperkenalkan pada tahun 2010 silam. Nah, motor generasi pertama ini sudah punya harga yang murah jika dibanding versi terbarunya.

Harga Honda PCX bekas tahun 2010 sampai 2014 berkisar antara Rp13 jutaan sampai Rp23 jutaan. Harga ini kami nilai cukup stabil, mengingat usia motor tersebut sudah lebih dari lima tahun.

Biasanya, motor bekas di atas lima tahun mengalami penurunan harga yang sangat jauh.

Sebagai informasi tambahan, Honda PCX generasi awal masih didatangkan dari Thailand alias unit CBU. Sehingga masih banyak orang menilai jika motor ini punya durabilitas yang lebih baik dibanding generasi setelahnya.

harga honda pcx bekas
Honda PCX Hybrid (Foto: Santo/Carmudi)

Sedangkan untuk produksi 2014 sampai 2018 harganya tidak berbeda jauh. Honda PCX 2014 punya harga lebih tinggi karena masih buatan Thailand. Harga bekasnya berkisar Rp25 jutaan paling tinggi.

Lalu untuk Honda PCX tahun produksi 2015 sampai 2018, harga bekasnya berkisar Rp22 juta sampai Rp27 jutaan.

Sedangkan untuk lansiran 2019 atau tahun lalu Honda PCX harga pasarannya Rp25 jutaan hingga Rp28 jutaan. Varian yang ditawarkan pun bervariasi antara tipe ABS dan non ABS.

Lalu untuk harga Honda PCX bekas tahun 2019 sampai 2020, harganya terpantau tidak berbeda jauh. Biasanya harganya lebih mahal Rp2 jutaan dibanding tahun produksi 2018.

Misalnya Honda PCX 2018 rata-rata punya harga bekas Rp25 jutaan, maka tahun 2019 harga bekasnya berkisar Rp27 jutaan hingga Rp29 jutaan.

Kode Kerusakan Penyakit Honda PCX

Walaupun motor ini punya harga mahal, tetapi Honda PCX punya beberapa penyakit yang bisa dilihat dari kode kerusakan yang akan muncul seiring pemakaian.

harga bekas honda pcx
Saat MIL di Honda PCX menyala, jadi pertanda kode kerusakan (Foto: Biangcara)

Biasanya kode yang muncul akan berbeda-beda. Agar lebih paham mengenai kode kerusakannya, berikut kami sampaikan beberapa kode kerusakan pada Honda PCX.

  1. Kode DTC 1, kerusakan sensor Manifold Absolute Pressure (MAP)
  2. Kode DTC 7, kerusakan sensor Engine Coolant Temperature (ECT)
  3. Kode DTC 8, kerusakan sensor Throttle Position (TP)
  4. Kode DTC 9, kerusakan sensor Intake Air Temperature (IAT)
  5. Kode DTC 11, kerusakan sensor Vehicle Speed Sensor (VS)
  6. Kode DTC 12, kerusakan sensor Injector
  7. Kode DTC 21, kerusakan sensor O2 Sensor
  8. Kode DTC 29, kerusakan sensor Idle Air Control Valve (IACV)
  9. Kode DTC 33, kerusakan sensor Engine Control Module (ECM)
  10. Kode DTC 52, kerusakan sensor Crankshaft Position (CKP)
  11. Kode DTC 57, kerusakan sensor Engine Coolant Over Temperature

Cara Mengetahui Kode Kerusakan

Ada cara mudah mengetahui hitungan kode yang keluar. Misalnya saja pada sensor speed dengan kode 11, maka cara membacanya yaitu sekali kedipan panjang dan sekali kedipan pendek.

Kemudian, ada jeda sekian detik dan MIL kembali berkedip sekali panjang dan sekali pendek. Kalian mesti mengetahui bagian mana yang vital dan perlu segera diperbaiki, dan mana yang bisa ditunda. Kadang, sinyal ini muncul karena sambungan soket yang kendor.

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Baca Juga:

Ingin Kredit Honda PCX, Segini Besaran DP Supaya Cicilannya Murah

Previous post
Kelemahan Motor Sering Pakai Standar Samping Bukan Standar Tengah
Pajak Mobil Baru 0 Persen
Next post
Menkeu Menolak Usulan Pajak Mobil Baru 0 Persen