Sepeda motor

Harga Italjet Dragster Tembus Rp145 Juta, Apa Hebatnya?

Jakarta – UTOMOCORP memboyong Italjet Dragster ke Indonesia lewat partisipasinya di IIMS 2021 yang berlangsung hingga 25 April mendatang di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Skuter matik ini tak bisa dibilang murah. Diproduksi dalam jumlah terbatas, harga Italjet Dragster tembus Rp145 juta.

Menurut informasi ada dua varian yang dijual. Pertama adalah Italjet Dragster Limited Edition yang punya banderol Rp145.000.000. Kedua, Italjet Dragster Non Limited Edition dengan harga jual Rp137.000.000.

Harga Italjet Dragster 2021

(Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Secara keseluruhan Italjet Dragster akan diproduksi sebanyak 499 unit dan dipasarkan di 19 negara. Denny Utomo, CEO UTOMOCORP mengatakan, “Kami memiliki alokasi sebanyak 49 unit Italjet Dragster yang sudah siap untuk dipesan.”

Di Indonesia sendiri jumlah skuter matik bermesin 200 cc belum begitu banyak. Produk yang masuk kategori ini antara lain Kymco K-XCT 200i (Rp58 jutaan) atau sekalian Yamaha XMax (Rp61 jutaan) yang menggunakan mesin 250 cc.

Kalau dibandingkan dengan dua produk tersebut, harga Italjet Dragster jauh lebih mahal.

Lantas apa hebatnya motor ini?

Keunggulan Italjet Dragster

Datang dari brand Eropa bisa jadi salah satu faktornya. Suka atau tidak, Italjet Dragster membawa DNA motor Italia yang memiliki desain cukup ikonik. Apalagi jumlah produksinya terbatas.

Italjet Dragster punya tampang gahar dengan rangka trellis yang terekspos jelas. Kemudian wajah depannya banyak dibilang mirip dengan Ducati Panigale.

Harga Italjet Dragster IIMS 2021

(Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Tapi tentu bukan hanya soal tampang, melainkan juga teknologi atau inovasi yang ada di motor ini. Ambil contoh penggunaan Independent Steering System (ISS).

Kalau diperhatikan secara saksama kaki-kaki bagian depan Italjet Dragster berbeda dari kendaraan roda dua kebanyakan. Tidak ada ada suspensi garpu tala, sebagai gantinya pabrikan menaruh plat aluminium yang berada di sisi kiri roda.

Plat tersebut berfungsi “memegang” roda depan sekaligus rotor cakram.

Dalam menjalankan tugasnya, sistem ISS akan memisahkan sisi pengendalian dan pergerakan suspensi. Sehingga bisa mengurangi getaran pada stang.

Dalam hal ini sistem ISS dibekali suspensi hidrolik Bitubo yang punya posisi di sekitar area kaki pengendara.

Tak hanya sampai di situ. Komponen-komponen yang menempel pada produk ini juga cukup istimewa.

Bagian pengereman menggunakan disc brake hidrolik Brembo. Kemudian suplai bahan bakar diserahkan pada sistem injeksi Magneti Marelli.

Sumber tenaganya sendiri berupa mesin 200 cc DOHC 4 katup berpendingin cairan. Adapun tenaga yang bisa dihasilkannya mencapai 20 Hp.

Penasaran rasa mengendarainya?

Baca Juga:

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *