Home » Sepeda motor » Calon Legenda, Harga Kawasaki Ninja 150 RR Kalahkan Ninja 250 CC

Calon Legenda, Harga Kawasaki Ninja 150 RR Kalahkan Ninja 250 CC

Kawasaki Ninja 150 RR.Foto/Google
Harga Kawasaki Ninja 150 RR lebih tinggi dari versi 250 cc (Foto/Google)

Jakarta Kawasaki Ninja kini memasuki fase menjadi legenda hidup motor sport di Indonesia.  Setelah sudah tidak diproduksi lagi sejak tahun 2015, harga Kawasaki Ninja 150 RR bekasnya malah melambung tinggi.

Eksistensi Ninja dimulai dari era motor 2-tak 150 cc di mana PT Kawasaki Motor Indonesia menjual Ninja 150 RR sebagai motor sport fairing. Kawasaki Ninja 150 RR mengawali kiprahnya pada 1996, tepat pada era keemasan motor sport 2-tak di Tanah Air. Motor sport dengan nama resmi ZX-150R itu langsung adu kencang dengan sesama motor fairing garapan pabrikan lain macam Suzuki RG-R, Honda NSR, atau Yamaha RZR.

Di antara keempat model tadi, hanya Ninja 150 RR yang sanggup melewati era pergantian milenium dan bertarung dengan motor sport fairing bermesin 4-tak. Ninja 150 RR telah mengabdi hingga 19 tahun dan menorehkan tinta emas bagi Kawasaki di Indonesia.

Harga Kawasaki Ninja 150 RR Meroket

Kawasaki secara resmi mengakhiri produksi Ninja 150 RR di Indonesia pada Juli 2015 karena mesin 2-tak yang diusung tidak memenuhi standar Euro3. Terakhir, PT Kawasaki Motor Indonesia menjual Ninja 150 RR dibanderol Rp39,9 juta dan Ninja RR 150 Special Edition harganya Rp40,9 juta. Stok sisa dijual tanpa diskon dan harganya cenderung dinaikkan oleh pihak diler.

Kawasaki Ninja 150 RR (Foto: Kawasaki)

Karena tingginya peminat motor 2-tak, beberapa diler resmi Kawasaki sengaja menyimpannya dan menjualnya lebih mahal. Harga jualnya naik mulai dari kisaran Rp5 jutaan bahkan ada yang sampai Rp10 jutaan.

Harga unit Ninja 150 RR pun ada yang menembus angka Rp50 jutaan dan itu pun laku dibeli. Meroketnya harga Kawasaki Ninja 150 RR ini karena hukum permintaan dan penawaran. Tak heran, karena para pembeli Ninja 150 RR rata-rata adalah kalangan pehobi.

Permintaan terhadap motor 2-tak ini sangat tinggi dan tidak sebanding dengan ketersediaan stoknya. Ninja 2-tak jadi motor idaman anak muda yang suka dengan kecepatan. Motor ini punya desain yang keren, kencang, mudah untuk dimodifikasi.

Terang saja, motor ini menjadi favorit speed lovers karena larinya yang kencang dan karakternya nurut apa maunya pengendara. Ninja 150 RR mampu mencapai tenaga maksimum 21 kW pada putaran 11.000 rpm, serta torsi 20 Nm pada putaran 9.000 rpm.

Pensiunnya Kawasaki Ninja 150 RR

Pabrikan kendaraan bermotor harus mematuhi Peraturan Menteri Lingkungan Hidup (PMLH) Nomor 23/2012 tentang perubahan atas PMLH Nomor 10/2012 tentang Baku Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori L3. Peraturan itu mewajibkan seluruh sepeda motor yang dipasarkan ke Indonesia punya standar emisi Euro3.

Peraturan ini efektif berlaku mulai Agustus 2015. Sementara itu, model-model sepeda motor Kawasaki bermesin 2-tak masih menggunakan standar emisi Euro2 termasuk Kawasaki Ninja 150 RR. Demi mengikuti peraturan pemerintah tentang emisi gas buang, motor modern saat ini diharuskan untuk memakai teknologi 4 tak dan ditambah injeksi.

Kawasaki Ninja 150 RR harganya naik hingga Rp 10 juta

Alasan itulah yang membuat motor Kawasaki Ninja 150 RR harus pensiun karena tidak memenuhi kriteria yang disyaratkan pada Peraturan Meneri Lingkungan Hidup. Namun, kita harus standing ovation kepada Ninja 150 series karena punahnya belakangan.

Di saat para pesaing sudah rontok digerus perkembangan zaman, Ninja 150 masih sanggup bertahan hingga 2015. Sebagai informasi, Yamaha Indonesia mempensiunkan RX King di tahun 2009 karena tidak mampu menembus standar Euro2. Fitur Super KIPS (Kawasaki Integrated Power Valve System) dan HSAS (High Performance Secondary Air System) generasi Ninja RR menjadi andalan untuk ”membersihkan” emisi gas buang dan meningkatkan tenaga.

Harga Kawasaki Ninja 150 RR Bekas Tetap Perkasa

Ninja 150 RR menjadi kuda besi yang banyak peminatnya di kelas motor sport. Hadirnya fitur Super Kips pada mesin membuat 150 RR teknologinya lebih maju dibandingkan motor lain sekelasnya, saat itu.

Status sebagai legenda pada Kawasaki Ninja 2-tak membuat banderol harga barunya di penghujung 2015 tak lagi mengikuti harga resmi. Terlebih, setelah motor ini berakhir masa produksinya pada 31 Juli 2015, semakin banyak orang yang mencari untuk jadi koleksi.

Kawasaki Ninja 2013

Yuk, kita mulai dari keluaran terakhir Kawasaki Ninja 150 RR sampai tiga tahun ke belakang. Berdasarkan listing marketplace Carmudi, harga termurah supersport “pekgoan” ini untuk tahun 2015 yaitu Rp29 juta. Sementara itu, harga termahalnya Rp31,7 juta. Depresiasinya cuma sekitar Rp10 jutaan saja dari harga terakhir Kawasaki Ninja 150 RR di angka Rp39,9 juta.

Selanjutnya kita urut ke belakang, masuk tahun 2014 atau kini berusia lima tahun. Motor sport ini dijual berkisar Rp26-26,5 juta. Tampak selisihnya cukup jauh bila dibandingkan dengan keluaran terakhir yang harga jual bekasnya masih sangat tinggi.

Meski demikian, harga jual kembali Kawasaki Ninja 150 RR masih sangat kuat. Ini bisa dilihat dari Ninja KRR keluaran 2013 yang dijual dengan harga termurah Rp27,4 juta. Bahkan, harga bekas Ninja 150 RR ini sedikit lebih mahal dari versi 250 cc yang dijual Rp20,5 juta.

Kawasaki Ninja 250 Sulit Tumbangkan Popularitas 150 KRR

Ninja 150 RR sering juga dijuluki sebagai Ninja KRR oleh penggemarnya. Motor bermesin 2-tak ini memang sudah pensiun sedari 2015, namun nama besarnya tetap dikenal orang hingga saat ini.

Hingga beberapa waktu ke depan, Ninja 150 RR diprediksi akan semakin dicari para peminat motor untuk dikoleksi. Dengan demikian, harganya pun akan turut melambung terutama pada varian SE. Bisa dilihat, harga barunya saat telah stop produksi hampir menembus angka Rp50 juta.

Melihat sejarah dari Yamaha RX King yang kini menjadi barang favorit di segmen motor bekas, setidaknya perlu lebih dari 10 tahun agar Ninja 150 RR bisa dihargai tinggi ketika dijual dalam kondisi bekas. Namun, tanda-tanda sebagai calon motor legendaris sudah mulai muncul, walaupun saat ini harganya belum setinggi “raja” dari kubu pabrikan berlogo garpu tala.

Perbandingan Harga Ninja 150 RR dengan Ninja 250 SL

Dari perbandingan antara Ninja 150 RR dengan Ninja 250 R, kita bisa berasumsi kalau kalangan penunggang motor sport fairing jauh lebih memercayai kemampuan Ninja 150 di atas motor-motor modern. Ninja 250 berbekal kapasitas mesin lebih besar dengan desain fairing maskulin dan berotot sulit menandingi popularitas Ninja 150.

Lebih parahnya lagi, Kawasaki gagal mendorong Ninja 250 SL meneruskan kejayaan Ninja KRR. Padahal, sejatinya motor sport bermesin 250 cc satu silinder ini dipersiapkan sebagai penerus KRR, dengan output tenaga yang mirip.

Begitu terpuruknya popularitas 250 SL, PT KMI terpaksa menurunkan harga jualnya. Kini, harga Ninja 250 SL bahkan lebih murah bila dibandingkan dengan varian tertinggi motor sport fairing 150 cc bermesin 4-tak. PT KMI menjualnya seharga Rp36,8 juta OTR untuk wilayah Jabodetabek, sedangkan Honda CBR 150R ABS Matte Black dijual Rp37.855.000.

Waspadai KIPS Ninja 150 RR Bermasalah

Ganasnya performa Ninja 150 berasal dari Super KIPS, yaitu katup otomatis yang berfungsi menambah tenaga. KIPS akan membuka penuh katup buang setelah mesin bekerja di atas 7.000 rpm. Katup ini membuka lubang pembuangan tambahan sehingga sirkulasi gas buang lebih lancar dan cepat.

Carmudian perlu hati-hati sebab Super KIPS ini bisa macet, dan efeknya membuat sang Ninja tak lagi gesit. Sudah tarikannya lelet, minumnya makin boros pula. Makin ngeselin, kan?

Macetnya KIPS berawal dari tumpukan kerak sisa gas buang, sehingga gerak putar katup terhambat. Untuk perbaikannya cukup dibersihkan, caranya seperti membersihkan kepala silinder.

Baca juga:

Banting Harga, Kawasaki Ninja 250 SL Goda Pengguna Motor Sport Fairing 150 CC

 

Penulis: Yongki Sanjaya

Editor: Dimas

Mitsubishi Xpander
Previous post
Yuk, Hitung Simulasi Kredit Mitsubishi Xpander, Cicilan Termurah Mulai Rp 5,5 Jutaan
Next post
Alasan Toyota Suntik Mati Sienta Tipe E