Home » Reviews » Harga Mobil Hyundai 2019, Saat Kualitas Jempolan Berbanding dengan Harga Terjangkau

Harga Mobil Hyundai 2019, Saat Kualitas Jempolan Berbanding dengan Harga Terjangkau

Harga Mobil Hyundai murah tapi tidak murahan (Foto: aawsat)

Jakarta – Merek Hyundai telah hadir sekitar dua dekade silam di Indonesia. Hyundai masuk ke Indonesia melalui rebranding merek Bimantara, yang menjadi proyek mobil nasional era Presiden Soeharto. Secara kualitas, Hyundai menawarkan kendaraan dengan fitur jempolan dan kualitas internasional, satu sisi harga mobil Hyundai termasuk murah dikelasnya.

Jauh sebelum proyek mobil nasional muncul ke permukaan, Hyundai sudah eksis terlebih dahulu sejak 1995, dengan memboyong Hyundai Elantra 1.6 DOHC. Beberapa waktu setelahnya, pemerintah melakukan rebranding dua merek asal Korea Selatan untuk membantu riset mobil nasional. Pasca krisis moneter, dua merek nasional yaitu Timor dan Kia ambruk.

Namun sebagai pabrikan Korea yang sudah cukup lama hadir, Hyundai sudah memiliki konsumen loyal tersendiri. Alasannya, Hyundai menghadirkan mobil kualitas internasional dan umumnya masuk secara Completely Built Up.

Satu sisi, Hyundai berhasil menghadirkan mobil dengan kualitas jempolan. Hyundai bermain di bawah harga mobil-mobil Jepang, bisa lebih murah tapi kualitas tidak murahan. Sayangnya, populasi mobil yang tak sebanyak mobil Jepang membuat ketersediaan suku cadangnya juga tidak terlampau banyak. Akibatnya harga mobil Hyundai untuk bekasnya cukup jatuh.

Saat ini Hyundai memiliki tujuh model kendaraan untuk pasar Indonesia yang terdiri dari enam mobil penumpang dan satu mobil pickup. Lini modelnya relatif lengkap, mulai dari city car, minibus, SUV, sampai kendaraan niaga mereka tawarkan. Berikut ini deretan mobil-mobil Hyundai yang tersedia di Indonesia:

Hyundai New Grand i10

Hyundai i10
Hyundai Grand i10X tampil baru dengan beberapa penyegaran siap meluncur Agustus mendatang. Foto/Carmudi Indonesia.

Hyundai i10 sudah hadir sejak tahun 2009. Model pertama Hyundai i10 ditujukan sebagai mobil penerus dari Hyundai Atoz yang sempat menjadi mobil mungil untuk pengendara perkotaan. Di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 lalu, Hyundai Grand i10 meluncur dengan sejumlah pembaruan bersifat facelift baik pada eksterior, interior dan konfigurasi mesin.

Penyegaran di sisi eksterior ini mencakup Grille honeycomb hexagonal, Bumper depan two-tone dengan DRL dan fog lamp, Bumper belakang dual-tone, dan Fog lamp dengan DRL. Sementara sumber tenaga berasal dari mesin Kappa 1.2MPI, DOHC 16 katup, D-CVVT, 4-silinder segaris, berkapasitas mesin 1.248 cc.

Tenaga yang sanggup dihasilkan sebesar 87 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncaknya mencapai 12.2 kg-m pada 4.000 rpm. Sistem transmisi yang dibenamkan ada dua opsi, manual 5-percepatan dan 4-percepatan shiftronic. Sementara untuk sistem penggerak rodanya dipergunakan model penggerak roda depan (FWD).

  • Konsumsi BBM: 12-15 km/liter
  • Jenis bahan bakar: Bensin
  • BBM yang direkomendasikan: Oktan 92
  • Kapasitas tanki: 35 liter
TYPEHARGA ON THE ROAD
NEW GRAND i-10 XMTRp. 181.500.000
NEW GRAND i-10 GLXMTRp. 176.500.000
NEW GRAND i-10 GLXATRp. 198.500.000
NEW GRAND i-10 XATRp. 203.500.000

Hyundai Starex Mover

Hyundai Grand Starex Masuk Indonesia Jadi Starex Mover (Foto: Hyundai)

Mobil Ambulance Puskesmas, itulah kata-kata yang bisa menjelaskan sosok Starex di Indonesia. Alasannya, mobil ini menjadi kendaraan dinas operasional Puskesmas kecamatan sebagai ambulance untuk mengangkut orang sakit atau untuk penyuluhan kesehatan. Padahal, Starex ini awalnya dihadirkan sebagai minibus mewah, saling berbagi platform Hyundai H1.

Bedanya, Harga mobil Hyundai Starex lebih murah ketimbang saudara kembarnya tadi. Ukuran kabin Hyundai Starex terbilang jumbo, mampu mengangkut hingga 11 orang penumpang. Ini membuat mobil tersebut bisa digunakan untuk mobil ambulans. Secara head to head, Hyundai Starex ini sepadan dengan Toyota Hiace.

Bedanya, desain Starex dibuat agar tidak ‘rasa angkot’ dan mengikuti gaya hidup perkotaan. Sliding door di sisi kiri dan kanan sangat membantu keluar-masuknya penumpang dalam jumlah banyak. Beragam fitur-fitur terkini sudah disematkan ke dalam mobil berperawakan bongsor ini. Harga mobil Hyundai Starex Mover ini dijual Rp. 410.600.000 dan hanya tersedia dalam satu tipe dengan transmisi manual.

Hyundai All New i20

Tampilan depan Hyundai i20. Foto: Dony Lesmana.

Hyundai i20 diproduksi pertama kali pada 2008 dan menempati lini produk diantara Hundai i10 dan Hyundai i30. Generasi kedua Hyundai i20 meluncur secara global pada 2014, namun generasi keduanya tidak masuk ke Indonesia karena penjualan generasi pertama tidak sesuai harapan.

Hatchback penantang Toyota Yaris ini kembali hadir lewat ajang GIIAS 2016 dan hanya mempunyai 1 pilihan mesin yaitu bensin. Hyundai menyematkan mesin DOHC Kappa 1.4 MPi yang memiliki kapasitas 1.368 cc. Mesin tadi menghasilkan tenaga 100 PS / 5.500 rpm dan torsi 13.9 kg.m / 4.200 rpm.

Desain Hyundai i20 ini mengedepankan kombinasi sporty-elegan dengan multi focus headlight dan grill trapezoidal chrome surrounded Honey comp Hezagonal terpisah. karakter hatcback tampak begitu jelas dengan adanya desain lekukan waist line molding. Sedangkan bagian belakang terlihat menyatu dengan stoplamp clear strip light. Sama seperti Starex, i20 hanya tersedia satu tipe. Harga mobil Hyundai Starex ini dijual Rp 249.000.000 dengan transmisi manual.

Hyundai All New Tucson

Hyundai
Hyundai berencana akan buka pabrik di Indonesia. Foto/Carmudi.

Peluncuran generasi terbaru Tucson untuk pasar Indonesia dilakukan pada perhelatan  Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016. Hyundai All New Tucson diperkenalkan dengan desain Fluidic Sculpture 2.0, yang merupakan penggabungan antara model yang inovatif dengan kenyamanan yang dinamis.

Orang yang bertanggung jawab untuk desain Fluidic Sculpture 2.0 pada Tucson generasi ketiga ini adalah Peter Schreyer, President of Design Center Hyundai dan Thomas Burkle, Chief Designer Hyundai Motor Europe. Untuk dapur pacunya dibekali dua opsi mesin yaitu mesin bensin dan diesel.

Varian bensin dibekali dengan mesin bertipe NU 2.0 MPI, D-Cvvt, 4-silinder, berkapasitas 1.999 cc, dengan istem asupan bahan bakarnya menggunakan MPI. Tenaga yang dihasilkan sebesar 157 PS pada 6.200 rpm, dengan torsi puncaknya mencapai 20.0 kg.m pada 4.000 rpm.

Sementara All New Tucson versi diesel ini dibenamkan mesin R2.0 CRDi 16 valve, dengan kapasitas 1.955 cc. Tenaga yang dihasilkan sebesar 178 PS pada 4.000 rpm, dengan torsi puncaknya mencapai 400 Nm pada 1.750 – 2.750 rpm dan disalurkan melalui transmisi otomatis shiftronic 6-percepatan. Berikut ini daftar harga mobil Hyundai Tucson di Indonesia:

TYPEHARGA ON THE ROAD
ALL NEW TUCSON GLSATRp. 391.000.000
ALL NEW TUCSON XGATRp. 422.000.000
ALL NEW TUCSON XG CRDiATRp. 467.000.000

Hyundai New Santa Fe

Hyundai Grand Santa Fe - Eksterior (Carmudi/Fransiscus Rosano)
Hyundai Grand Santa Fe (Carmudi/Fransiscus Rosano)

Tidak hanya memiliki Tucson, Pabrikan H miring juga belum lama ini merilis Santa Fe untuk segmen SUV high-end di ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. Berbekal kata ‘All New’, tentu saja mobil SUV ini secara keseluruhan mengalami ubahan total, atau luar dalam. Varian Hyundai Santa Fe cukup lengkap, dengan adanya opsi mesin bensin atau diesel.

Pada bagian fascia depan, kini diisi Cascading Grille baru dan layout 3-lampu, dimana sudah ada DRL LED dan lampu utama projector LED. Kemudian bagian belakang, lampu LED yang memiliki kontur internal menarik jadi titik yang paling mencolok. Ukurannya juga tambah melar, dengan wheelbase meningkat 65 mm dan panjang keseluruhan bertambah 120 mm.

Keunikan dari Hyundai Santa Fe ini memiliki varian mesin diesel, dengan ukuran setara Honda CR-V namun kisaran harga bersaing dengan Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport. Santa Fe generasi Ke-4 akhirnya boleh berbangga karena mendapat fitur berlimpah. Kini Santa Fe memiliki sistem passive keyless entry dengan Smart Key dan tombol Start/Stop Engine. Berikut ini daftar harga mobil Hyundai Santa Fe di Indonesia:

TYPEHARGA ON THE ROAD
ALL NEW SANTA FE GLS GASOLINEATRp. 507.000.000
ALL NEW SANTA FE GLS CRDiATRp. 557.000.000
ALL NEW SANTA FE XG GASOLINEATRp. 528.000.000
ALL NEW SANTA FE XG CRDiATRp. 577.000.000
GRAND SANTA FE CRDiATRp. 629.500.000

Hyundai New H1

Hyundai H1
Hyundai H1 akan segera muncul di GIIAS 2018, dengan banyak perubahan. Foto/Carmudi.

Setelah membahas versi murah, sekarang kita bahas sosok minibus mewahnya Hyundai, yaitu Hyundai H1. Mobil ini sangat cocok untuk membawa keluarga tercinta saat bepergian jauh atau liburan. Hyundai H1 memiliki fitur yang dapat memanjakan penumpang dan pengemudi didalamnya.

Fitur seperti jok kulit yang bisa membuat nyaman dan membuka pintu tengah bagian kanan dan kiri kini bisa secara otomatis dilakukan dengan ‘One Touch’ dapat dikendalikan melalui ruang pengemudi. Lebih nikmat lagi, terdapat TV LED dibagian plaffon tengah, untuk memanjakan penumpang yang berada dibagian tengah dan belakang.

Sementara itu, sisi eksterior Hyundai H1 kian mewah dari aksen Chrome serta asesoris yang digunakan. Apalagi menggunakan velg dengan ring 18 (tipe XG dan Royale) membuat mobil ini terkesan tak kalah mewah dari Toyota Alphard. Dari sisi harga, Hyundai H1 lebih ekonomis daripada rivalna asal Jepang tersebut. Berikut ini daftar harganya:

TYPEHARGA ON THE ROAD
NEW H-1 ELEGANCE CRDiATRp. 494.000.000
NEW H-1 XG GASOLINEATRp. 490.000.000
NEW H-1 XG CRDiATRp. 520.000.000
NEW H-1 ROYALE GASOLINEATRp. 568.000.000
NEW H-1 ROYALE CRDiATRp. 604.000.000

Hyundai H100

Hyundai H100
Hyundai H100

Melihat Namanya, jangan berpikiran bila mobil ini masih saudara dari H1. Memang masih sama-sama produksi Hyundai, tapi hubungannya jauh banget dengan H1 karena H100 adalah mobil pick up atau kendaraan niaga. Ukurannya cukup besar dan secara segmen sepadan dengan Hilux atau L200 pickup.

Kegunaan Hyundai H100 tidak hanya untuk angkutan barang, karena Hyundai menyediakan banyak varian yang bisa digunakan untuk berbagai kegunaan seperti minibus untuk mobil angkot atau ambulans, tersedia juga opsi pickup dengan penyejuk udara. Berikut ini tipe dan varian Hyundai H100 di Indonesia:

TYPEHARGA ON THE ROAD
H-100 CHASSIS ACMTRp. 205.000.000
H-100 VAN MINIBUSMTRp. 284.500.000
H-100 VAN MINIBUS HIGH ROOFMTRp. 296.000.000
H-100 VAN AMBULANCEMTRp. 285.500.000
H-100 VAN AMBULANCE HIGH ROOFMTRp. 296.500.000
H-100 CHASSISMTRp. 190.650.000 *
H-100 Pick UpMTRp. 195.650.000 *
H-100 Pick Up ACATRp. 205.150.000 *

 

mobil terbang mewah
Previous post
Malaysia Sudah Mau Perkenalkan Mobil Terbang, Indonesia Kapan?
merek motor di giias
Next post
Semua Merek Motor di GIIAS 2019 Diajak Pamerkan Produk Konsepnya