Mobil

Harga Mobil Jeep Bekas Masih Tinggi, Bukan Masalah Buat Para Loyalis

Harga mobil Jeep bekas kerap dicari lantaran bisa menjadi alternatif masyarakat yang ingin memiliki kendaraan kuat. Jelas saja, tidak sedikit bagi para pengidam SUV berpenampilan gagah dan dimensi besar ini merasa unit barunya kemahalan.

Nama Jeep sendiri bukan sembarangan, SUV buatan Amerika Serikat ini dinilai tak lekang oleh zaman. Bahkan bisa dibilang Jeep merupakan merek yang pertama kali memperkenalkan genre SUV kepada dunia.

Di Indonesia, Jeep dianggap sebagai salah satu mobil idaman hampir semua orang.

Kembali lagi, bagi sebagian orang membeli mobil Jeep bekas menjadi solusi jitu. Selain harga yang terjangkau, pilihannya pun bisa dibilang cukup banyak.

Harga Mobil Jeep Bekas dan Kisarannya

Jeep Renegade dan Compass 4xe PHEV

Jeep Renegade dan Compass 4xe PHEV (Foto: Paultan)

Harga mobil Jeep bekas bervariasi, mula dari Rp150 jutaan sampai Rp700 jutaan tergantung dari kondisi dan model mobil itu sendiri.

Untuk detailnya, simak kisaran harga mobil Jeep bekas di bawah ini, ya!

Jeep Willys

Jika membicarakan mobil Jeep kita harus membahasnya dari generasi yang cukup tua yaitu Willys.

Nama Jeep sebenarnya berasal dari penyebutan General Purpose yang disingkat GP. Kendaraan ini awalnya memiliki nama Light Reconnaissance and Command Car (LRACC).

Namun karena terlalu panjang, militer Amerika akrab menyebut GP dan lama kelamaan menjadi Jeep.

jeep willys di indonesia

Jeep Willys. (Foto: Pinterest)

Jeep Willys pertama kali meluncur pada tahun 1941 dan menjadi simbol perang dunia kedua. Di Indonesia model ini cukup jarang terdengar. Namun penggemarnya sangat militan.

Harga bekasnya saat ini gelap, alias tidak memiliki kisaran. Untuk kondisi bahan yang perlu restorasi biasanya memiliki kisaran Rp70-Rp90 jutaan tergantung kondisi.

Sedangkan untuk mobil yang sudah direstorasi total bisa mencapai lebih dari Rp200 jutaan.

Kok mahal? Ya, mobilnya kan sudah dari zaman perang dunia, untuk mencari aksesorinya juga pasti sangat sulit.

Jeep CJ

Mobil Jeep kedua yang populer di Indonesia adalah Civilian Jeep atau CJ. Jeep CJ ini merupakan salah satu mobil Jeep yang paling terkenal, terutama pada era 1970-an sampai 1980-an.

Jeep CJ7 diproduksi sejak 1976 sampai 1986.

Salah satu cirinya adalah wheelbase yang pendek dengan lampu bulat. Grilnya juga masih mengadopsi gaya Jeep lama dengan 7 buah lubang di tengah.

Sebenarnya ada cukup banyak seri pada generasi CJ ini. Tetapi yang terkenal di Indonesia hanya CJ7 serta CJ8 yang populasinya saat ini sangat langka dan menjadi buruan kolektor.

Jeep CJ-7

Mesin yang masuk ke Indonesia rata-rata memakai mesin bensin dan diesel.

Termasuk ke dalam kategori mobil tua, tetapi harganya bisa menyaingi mobil baru. Untuk kondisi bahan restorasi biasanya memiliki kisaran Rp80 jutaan sampai Rp120 jutaan.

Sedangkan untuk mobil yang sudah direstorasi bisa lebih dari Rp200 jutaan. Bagi Carmudian yang sedang berburu, jangan sampai salah memilih varian karena Jeep CJ7 ini tersedia varian hard top dan soft top.

Jeep YJ

Generasi selanjutnya yang ada di Indonesia ada Jeep dengan kode bodi YJ. Entah apa makna dari YJ, tetapi salah satu cirinya adalah lampunya sudah memakai model kotak.

Bodinya juga sudah lebih mengotak, berbeda dengan CJ yang masih terlihat membulat. Jeep YJ ini dibuat pada tahun 1986 sampai 1995.

Di era 1990-an, mobil ini jelas menjadi primadona. Tampilannya yang keren, gagah, modern benar-benar memberikan imej sebagai mobil yang mewah dan tangguh.

Jeep YJ. (Foto: Hagerty)

Harga bekas mobil Jeep YJ ini jauh lebih mahal dibanding Jeep CJ yang sudah direstorasi yakni mulai Rp280 jutaan sampai Rp400 jutaan tergantung kondisi.

Populasinya juga tidak banyak di Indonesia. Carmudian bisa menjadikan mobil ini sebagai salah satu investasi sebab harganya selalu naik.

Jeep TJ

Unit lain yang cukup mahal adalah Jeep TJ sebagai generasi penerus dari Jeep XJ. TJ diproduksi dari tahun 1996 sampai 2006.

Model bodinya mirip YJ, hanya saja wajahnya dibuat seperti CJ7 dengan lampu bulat. Jeep TJ di Indonesia populasinya juga sedikit dibanding YJ.

Jeep Wrangler TJ generasi sebelum Jeep Wrangler JK, photo: strutswest

Jeep Wrangler TJ generasi sebelum Jeep Wrangler JK. (Foto: Strutswest)

Sehingga harga bekas mobil Jeep TJ terpantau bisa lebih dari Rp400 jutaan. Ibaratnya, kalau Carmudian punya uang belum tentu bisa mendapatkan unit ini dengan mudah.

Jeep XJ / Cherokee

Jeep XJ atau dikenal juga sebagai Cherokee jadi varian yang paling terkenal dan populer di Indonesia. Masa produksinya dimulai dari 1983 sampai 2000.

Di Indonesia mobil ini terdiri dari dua pilihan mesin; 2.500 cc 4 silinder dan 4.000 cc 6 silinder dengan opsi transmisi manual dan otomatis. Keduanya bermesin bensin yang dikenal bertenaga dan bersuara merdu.

Jeep Cherokee

Rata-rata orang-orang mematok harga termurah mobil Jeep Cherokee XJ bekas ini di kisaran Rp130 jutaan dan tertinggi bisa mencapai Rp350 jutaan untuk tipe Country.

Jeep Grand Cherokee

Generasi selanjutnya adalah Jeep Grand Cherokee. Model ini kurang disukai masyarakat Indonesia lantaran desainnya dianggap jelek.

Selain itu mobil tersebut juga sudah mengadopsi sistem kelistrikan yang cukup kompleks sehingga banyak bermasalah di sisi elektrikalnya.

harga mobil jeep bekas

Jeep Grand Cherokee dijual dari Rp90 jutaan sampai Rp190 jutaan untuk tahun 2000-an awal. Sedangkan untuk generasi terbaru yang produksi 2011 sampai 2015 harganya mencapai Rp400 jutaan sampai Rp800 jutaan.

Jeep Wrangler JK

Satu lagi mobil Jeep yang populer di Indonesia adalah Jeep JK. Sebenarnya bagi orang awam mobil ini lebih dikenal dengan nama Wrangler atau Rubicon.

Padahal sebenarnya kode bodi dari SUV tersebut adalah JK. Jeep JK juga sempat mendominasi SUV mewah pada saat pertama kali muncul di Indonesia tahun 2012 silam.

Sontak kalangan berduit kala itu langsung menyerbu. Mobil ini didatangkan oleh Garansindo dengan model short wheelbase dan long wheelbase.

Variannya juga didatangkan Wrangler dan Rubicon. Mesin yang digunakan memakai 3.600 cc, V6, Pentastar yang cukup bertenaga.

Jeep Wrangler JK lebih dikenal dengan sebutan Jeep Rubicon, photo: istimewa

Jeep Wrangler JK lebih dikenal dengan sebutan Jeep Rubicon, photo: istimewa

Pada saat pertama kali rilis, harga Jeep Wrangler JK mencapai Rp670 juta sampai Rp865 juta. Sekarang, harga bekas mobil Jeep Wrangler JK ada di kisaran Rp700 jutaan sampai Rp800 jutaan.

Bagi orang awam, harga mobil Jeep bekas ini bisa dibilang sangat mahal. Memang, memelihara merek yang kurang populer seperti Jeep membutuhkan niat dan dana yang cukup sebab harga sparepart-nya agak lebih mahal.

Tapi bagi pecinta mobil Jeep, rasanya hal tersebut bukanlah masalah. Ada kesenangan yang tidak bisa didapatkan dari mobil lain.

Baca Juga:

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts