Berita

Harga Mobil Karimun Bekas Menggiurkan, “Murah Meriah Muntah”

Jakarta — Karimun bekas terpantau cukup banyak dicari menyusul harga BBM yang naik karena dinilai bisa menjadi alternatif mobil irit untuk harian.

harga mobil karimun bekas

Suzuki Karimun Kotak (Foto: Carmudi)

Suzuki Karimun di Indonesia terdiri dari beberapa generasi seperti; Karimun Kotak (Gen 1), Karimun Estilo, dan Karimun Wagon R.

Suzuki Karimun generasi pertama eksis pada sekitaran tahun 1996—2006.

Sementara Karimun Estilo sebagai generasi keduanya muncul pada 2007—2013.

Lalu Karimun Wagon R lahir menggantikan Karimun Estilo pada 2013 hingga distop penjualannya pada 2021 lalu.

Gregy Hardianto, pedagang mobil bekas di kawasan Depok, Jawa Barat mengakui harga mobil Suzuki Karimun bekas cukup menggoda banyak orang.

Terlebih mereka yang ingin menggunakan mobil ini untuk harian.

“Selain harga bekas yang murah, Suzuki Karimun ini juga banyak dicari karena punya slogan ‘murah meriah muntah’ di anak-anak komunitas. Muntah maksudnya kalau isi bensin sampai luber, itu habisnya lama,” katanya kepada kami, Kamis (29/9/2022).

Dari ketiga generasi Karimun yang ada, masih menurut Gregy, orang-orang rata-rata lebih menyukai generasi pertama dan ketiga karena desainnya.

“Kalau Gen 1, kan, sering disebut Karimun Kotak, itu banyak yang cari buat dimodifikasi. Karimun Estilo kurang diminati karena desainnya kurang. Nah, yang Wagon R juga banyak yang cari karena sudah terlihat modern,” sambungnya.

Harga kisaran di pasar mobil bekas Suzuki Karimun berada di Rp40—70 jutaan untuk generasi pertama, Rp50—70 jutaan untuk generasi kedua, dan Rp80—100 jutaan untuk generasi ketiga.

harga mobil karimun bekas

Suzuki Wagon R versi konsep dengan kapasitas 7 penumpang. (Foto: Indianautosblog)

Sebagai gambaran, harga komponen fast moving-nya pun cukup murah.

Misalnya filter oli Rp24 ribuan, filter udara Rp55 ribuan, busi Rp25 ribuan, kampas rem Rp200 ribuan, dan kampas kopling set berkisar di Rp800—1 jutaan.

“Untuk dijadikan mobil harian ini lumayan cocok. Apalagi cari spare part-nya pun gampang, di mana-mana bisa didapat dan harganya juga murah meriah. Bikin senang, lah, pokoknya punya mobil ini,” tandasnya.

Salah satu bagian yang sering rusak yakni kisi-kisi AC. Namun jangan khawatir, harga kisi-kisi AC-nya pun sangat murah dan gampang ditemukan di berbagai toko online.

Berdasarkan pengamatan, harga kisi-kisi ini mulai dari Rp25 ribuan saja.

Penulis: Rizen Panji
Editor: Dimas

Rizen Panji

Pikirannya selalu dipenuhi oleh mobil buatan asal Jerman, Swedia, dan Prancis dengan tahun produksi di bawah 2000. Jangan lupa, mesin yang bersemayam di dalam kap mesin tentunya harus 6 silinder guna memompa adrenalin ketika mengendarainya

Related Posts