Home » Mobil » Harga Mobil KIA, Mobil Asia dengan Kualitas Mewah Ala Eropa

Harga Mobil KIA, Mobil Asia dengan Kualitas Mewah Ala Eropa

Kia Grand Sedona Thumbnail
Kia Grand Sedona Diesel (Carmudi)

Jakarta – Bicara mobil asal Korea Selatan, kita langsung berpikir merek KIA atau Hyundai. Memang, dua merek bersaudara itu menghegemoni pasar otomotif global dengan kendaraan-kendaraan berkualitas tinggi setara merek Eropa namun dengan harga terjangkau. KIA salah satunya, Harga mobil KIA setara dengan merek Jepang untuk pasar Indonesia tapi fitur yang ditawarkan lebih lengkap.

Seluruh mobil baru Kia tetap mengusung Tiger Nose design untuk radiator grille sebagai ciri khas Kia secara global. Desain Tiger Nose ini merupakan mahakarya dari Peter Schreyer, yang menjabat sebagai Presiden dan Chief Design Officer. Untuk saat ini, KIA Mobil Indonesia menyediakan tiga model yaitu KIA Rio, KIA Sportage, dan KIA Grand Sedona.

Schreyer menciptakan suatu mobil dengan tampilan stylish dan lebih elegan. Proporsi desain mobil KIA mengedepankan fungsionalitas dan flesibilitas. Mobil KIA termasuk yang masuk ke Indonesia mengadopsi teknologi Eropa sejak lama seperti fitur MID (Multi Information Display) yang memberikan informasi seperti jarak perjalanan, kecepatan rata-rata, jarak tempuh dengan bahan bakar yang ada, konsumsi bahan bakar rata-rata, dan masih banyak lagi.

Berikut ini penjelasan singkat masing-masing model beserta harga mobil KIA terbaru di Indonesia:

KIA Rio

Kia All New Rio di IIMS 2017 (Foto: Carmudi)

KIA Rio diproduksi sejak sejak Agustus 2000 dan kini berada di generasi ketiga. Mobil ini berbagi platform dengan Hyundai Accent dan sebelumnya Rio dijual dengan nama KIA Pride. Pada 2011 silam KIA Indonesia meluncurkan versi terbaru dari KIA Rio, setelah diperkenalkan pada ajang pameran otomotif ternama Geneva Motor Show 2011.

Desain Tiger Nose dengan bodi depan yang lebih pendek 25mm dari versi sebelumnya mengentalkan sisi aerodinamis mobil ini. Di sisi belakang, Kia Rio juga menunjukkan sisi yang sama dengan desain buritan dari SUV elegan Kia Sportage

Daftar Harga KIA Rio

MT Sunroof Rp        260.000.000,00
AT Sunroof Rp        275.000.000,00

Spesifikasi KIA Rio

  • Kapasitas Mesin: 1.4L
  • Kubikasi: 1.396cc
  • Silinder: 4 silinder
  • Katup: 16 Katup
  • Pilihan Transmisi: 6percepatan Manual dan 4 percepatan Matic
  • Tenaga maksimal (HP): 98 bHP/6.000 rpm
  • Torsi Maksimal (nm): 133 Nm/4.000 rpm

Kendati memiliki dimensi yang kompak, tapi secara sisi interior, KIA Rio ternyata cukup lapang bagi lima penumpang. Kemudian sumbu roda (wheelbase) yang panjang dan lebar kendaraan yang bertambah juga memungkinkan untuk menambah kapasitas ruang penumpang.

Urusan sistem hiburan, KIA Rio telah dilengkapi dengan Audio system berteknologi CD, MP3 player,radio, semuanya itu mampu terkoneksi dengan iPod , Bluetooth serta USB, tidak hanya itu Kia Rio juga memiliki 4 speaker utama di dalam kabinnya.

Fitur

  • Spion Lipat Elektrik
  • Power Outlet
  • Power steering
  • AC
  • Power Window Depan
  • Pemanas
  • Ventilasi AC Belakang
  • Adjustable Seats
  • Cup Holder depan
  • Cup Holder belakang
  • Bottle Holder
  • Keyless Entry
  • Kursi Pengemudi Dengan Height Adjuster
  • On Board Computer
  • Lingkar kemudi Dengan Tombol Multi Fungsi
  • Kursi Lipat Belakang
  • Pembuka Bagasi

KIA Sportage

Kia Sportage
All ne Kia Sportage. Foto/Carmudi.

KIA Sportage terakhir kali mengalami penyegaran pada 2017 lalu. Cukup lama memang, tapi ubahan pada Sportage membuatnya lebih memancarkan kesan elegan dan tak ketinggalan ciri khas Tiger Nose. crossover ini muncul dengan bentuk yang lebih bulat namun berotot, dan terihat lebih besar. Mesin yang digunakan serupa Hyundai Tucson yaitu mesin bensin.

Terdapat Panoramic Sunroof yang sangat lebar dan luas (tipe teratas). Mengendarai KIA Sportage layaknya menunggangi mobil sport dengan atap terbuka.

Mesin Kia Sportage generasi ke empat menggunakan Nu 2.0L memiliki jumlah Silinder 4 segaris, dan teknologi Mesin MPI, DOHC, D-CVVT. Berkapasitas mesin1.999 cc, menghasilkan tenaga maksimum 156 Hp @ 6.200 rpm. Torsi maksimum yang dihasilkan sebesar 192 Nm @ 4.000 rpm. Performa saat berkendara bisa memanfaatkan  3 mode yakni Normal, ECO, dan Sport, yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan.

Bicara tentang fitur keselamatan milik Kia Sportage ini cukup lengkap. Airbag enam titik yang berada di depan serta masing-masing di pilar A dan B. Juga terdapat ESC (Electronic Stability Cntrol), HSA (Hill-Start Assist Control). Serta ABS, EBD, (DBC) Sownhill Brake Control, dan VSM (vehicle Stability Management). Berikut ini Harga mobil KIA Sportage di Indonesia:

AT Rp        386.500.000,00
GT Ultimate Rp        475.500.000,00

KIA Grand Sedona

Kia Grand Sedona Diesel Eksterior (Carmudi)
Eksterior (Fransiscus Rosano/Carmudi)

Model terakhir yang jadi andalan KIA yaitu Grand Sedona. MPV bongsor ini mengalami penyegaran pada pertengahan 2018, jadi terbilang masih lumayan baru. KIA Grand Sedona meluncur sebelum ajang GIIAS 2018 karena tidak ikut serta di ajang tersebut. Berikut ini harga mobil KIA Grand Sedona di tahun 2019:

Ultimate Rp        599.000.000,00
Diesel Rp        635.000.000,00

Secara dimensi KIA Grand Sedona jauh lebih besar dibanding Pajero Sport atau bahkan dibanding setiap SUV diesel lainnya seperti Toyota Fortuner, Chevrolet Trailblazer dan Isuzu Mu-X. Tenaganya ini yang membuat Grand Sedona istimewa, mesin ini berkapasitas 2.199cc yang disokong teknologi CRDi dan VGT (Variable Geometry Turbocharger). Mesin mampu menghasilkan tenaga maksimum 200 ps (197 hp) dan torsi 440 Nm yang disambungkan ke transmisi otomatis 8-percepatan baru.

Kia Grand Sedona - Front
Kia Grand Sedona Diesel (Foto: Carmudi)

Mesin ini juga dipakai di Hyundai Santa Fe dan Kia Sorento, namun output tenaga di Grand Sedona dibuat jadi yang tertinggi dengan selisih sekitar 4-7 hp. Karena tenaganya paling besar, akselerasinya pun menjadi sangat bengis. Akselerasi 0-100 km/jam: 9,5 detik.

Sekalipun performanya di atas rata-rata, tapi KIA Grand Sedona ini cukup jinak untuk para pengguna. Maksudnya, karakter mesin dan transmisi di Grand Sedona ini dibuat cenderung smooth. Saat gas diinjak perlahan dan diurut MPV Korea ini akan melaju halus tanpa membuat seisi keluarga di dalam kaget terhempas ke joknya.

MesinR 2.2 (Diesel)
Jumlah Silinder4, Segaris
Teknologi Mesin DOHC, CRDi, VGT
Kapasitas Mesin2.199cc
Tenaga Maksimum197 hp (200 ps) @ 3.800 rpm
Torsi Maksimum440 Nm @ 1.750-2.750 rpm
TransmisiOtomatis 8-percepatan
Layout Mesin Mesin Depan Penggerak Roda Depan
Kapasitas Tangki80 liter
Panjang5.115 mm
Lebar1.985 mm
Tinggi1.755 mm
Wheelbase3.060 mm
Sistem Kemudi Hydraulic Power Steering
Radius Putar5,85 m
Ground Clearance171 mm
  
Suspensi Depan MacPherson Strut
Suspensi Belakang Multi-link
  
Rem Depan Cakram Ventilasi
Rem Belakang Cakram
Sistem Rem ABS, EBD, BA, TCS, ESC, HAC
  
Ukuran BanKumho Crugen 235/60 R18

 

 

mobil88
Previous post
Tidak Banyak yang Tahu, Mobil yang Masih Kredit Bisa Dijual
Next post
Pajak Mobil Listrik dan Sedan Akan Dibuat Nol Persen