Mobil

Harga Mobil Mitsubishi Xpander Lebih Menggoda Setelah Diskon PPnBM

Harga mobil Mitsubishi Xpander termasuk Xpander Cross kian menggoda setelah dipotong Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) 100%. Menariknya lagi, konsumen bisa membeli Xpander dengan harga jauh lebih terjangkau hingga Agustus mendatang.

Mitsubishi Xpander merupakan satu dari 23 mobil yang menerima fasilitas insentif PPnBM 100% ditanggung pemerintah. Dengan begitu mobil yang bermain di segmen Low Multi Purpose Vehicle (MPV) ini turun hingga belasan juta.

Awalnya, diskon PPnBM 100% untuk mobil baru dengan mesin di bawah 1.500 cc direncanakan hanya berlaku sampai Mei 2021. Tetapi, melihat dampak positif dari relaksasi ini, pemerintah memperpanjang masa berlakunya sebagaimana tertulis dalam Peraturan Menteri Keuangan No. 77/PMK.010/2021.

Konsumen yang memang berniat membeli mobil baru, ada baiknya memanfaatkan betul momen ini kalau tak mau mendapat harga yang terpaut cukup tinggi. Sebab, dalam peraturan yang diundangkan pada 30 Juni tersebut diketahui diskon PPnBM periode berikutnya (September sampai Desember) adalah sebesar 25%.

Harga Mitsubishi Xpander Setelah PPnBM

(Foto: MMKSI)

Xpander sendiri merupakan pilihan yang cukup menarik, terutama bagi mereka yang tengah mencari mobil keluarga.

Wujudnya terlihat atraktif di mata konsumen Tanah Air yang sudah terlalu lama disuguhi Toyota Avanza, Suzuki Ertiga, atau Honda Mobilio.

Awalnya PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) selaku agen pemegang merek memperkenalkan mobil ini dalam wujud konsep bernama Mitsubishi XM. Mobil konsep tersebut menjalani world premierenya di pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016.

Pada momen inilah konsumen Tanah Air untuk pertama kalinya disuguhkan langsung dengan Dynamic Shield. Mitsubishi menggunakan istilah tersebut untuk menggambarkan wajah depan Mitsubishi Xpander dan sejumlah mobil Mitsubishi lain di pasar global.

Desain fascia yang lebih seragam di antara produk-produknya, diharapkan bisa menjadi identitas baru brand Mitsubishi ke depannya.

Pada Oktober 2017 Xpander masuk jalur produksi. Berselang tiga tahun kemudian Xpander mengalami facelift untuk pertama kali.

Perubahannya tergolong minor tapi cukup bernilai, meliputi penggunaan lampu depan LED, penambahan sensor parkir mundur, defogger di kaca belakang, cruise control, dan head unit layar sentuh 7 inci.

Kosmetiknya juga sedikit berubah dengan adanya revisi minor desain gril, pelek, dan antena sirip hiu.

Sementara interiornya dapat tambahan material dengan tampilan motif kayu.

Harga Mobil Xpander Setelah PPnBM

Bodi Samping Mitsubishi Xpander

(Foto: MMKSI)

Pada 3 Maret 2021, MMKSI pernah merilis harga Xpander dan Xpander Cross yang sudah dikenai potongan PPnBM 100%. Penurunan harga dari masing-masing model bervariasi, berkisar antara Rp13 jutaan sampai Rp18 jutaan.

Berdasarkan informasi tersebut, Carmudi coba melakukan pengurangan terhadap harga Xpander dan Cross yang terdapat di website resmi MMKSI.

Untuk diketahui, harga yang tertera di laman tersebut belum termasuk potongan diskon PPnBM 100%.

Dari hasil perhitungan tersebut, berikut ini harga mobil Xpander setelah dipotong PPnBM 100% yang berlaku hingga bulan depan di wilayah Jakarta (OTR Jakarta).

Harga Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross

ModelNon Warna PutihWarna Putih
Xpander GLS MTRp223.680.000Rp223.520.000
Xpander GLS ATRp233.900.000Rp234.740.000
Xpander Exceed MTRp231.500.000Rp231.340.000
Xpander Exceed ATRp241.430.000Rp241.270.000
Xpander Sport MT Rp248.820.000Rp248.660.000
Xpander Sport ATRp258.300.000Rp258.140.000
Xpander Ultimate ATRp262.130.000Rp261.970.000
Xpander Cross MTRp259.540.000Rp259.380.000
Xpander Cross ATRp268.820.000Rp268.660.000
Xpander Cross Premium ATRp281.360.000Rp281.200.000

Perlu diketahui, ada kemungkinan harga mengalami perubahan sewaktu-waktu. Sehingga calon konsumen sangat disarankan menghubungi diler resmi Mitsubishi untuk mendapatkan harga terbaru.

Selama kebijakan diskon PPnBM 100% hampir semua varian Xpander dan Xpander Cross mengalami peningkatan permintaan.

Menurut pengakuan MMKSI, varian yang menjadi favorit konsumen, ialah Xpander Ultimate dan Xpander Cross Premium.

Hal tersebut cukup lumrah mengingat konsumen di Tanah Air cenderung lebih suka memilih tipe tertinggi dari sebuah model.

Terlepas dari itu, mungkin masih ada konsumen yang belum mengetahui spesifikasi atau fitur dari varian tertinggi atau bahkan varian-varian lainnya.

Spesifikasi dan Fitur Mitsubishi Xpander

Interior Xpander

(Foto: MMKSI)

Usai melihat harga mobil Xpander setelah dipotong PPnBM yang berlaku saat ini, penting juga bagi calon pembeli untuk mengetahui spesifikasi dan fiturnya.

Semua varian Xpander menggunakan mesin 1.500 cc dengan kode 4A91. Kalau menengok ke negara lain, mesin ini juga digunakan pada Colt city car.

Salah satu ciri khas dari mesin Xpander adalah penggunaan timing chain sebagai penggerak camshaft alias noken asnya. Jadi bukan menggunakan timing belt atau timing gear. Adapun keunggulan dari timing chain, yaitu lebih awet dan kuat.

Kemudian Mitsubishi pun menggunakan kombinasi material pada oil pan mesin 4A91 ini, yaitu aluminium pada bagian atas dan besi di bawahnya. Tujuannya untuk membuat bobot mesin tetap terjaga, sehingga bisa mengurangi getaran.

Seperti mobil Mitsubishi modern pada umumnya, mesin Xpander juga sudah mengusung teknologi katup variabel Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control system (MIVEC). Sehingga dari sisi teknologi tak kalah dengan mesin Avanza Veloz yang mengadopsi Dual VVT-i atau Honda Mobilio dengan i-VTEC-nya.

Adapun tenaga maksimal yang bisa dihasilkannya mencapai 102,5 Hp dan torsi puncak 141 Nm. Mesin tersebut dipasangkan dengan transmisi otomatis 4 percepatan atau manual 5 percepatan.

Untuk diketahui, transmisi otomatis yang digunakan Xpander masih konvensional, bukan CVT seperti yang dimiliki rivalnya, yaitu Honda Mobilio.

Varian Apa yang Harus Dipilih?

Bagasi Xpander

(Foto: MMKSI)

Xpander tersedia dalam beberapa varian. Bagi Carmudian yang ingin menjadikannya sebagai kendaraan harian ke kantor atau untuk berkendara bersama keluarga rekomendasinya adalah varian Sport ke atas (Ultimate). Sebab mulai dari varian itulah fiturnya bisa dikatakan lengkap.

Xpander Sport dan Ultimate sudah punya head unit layar sentuh 7 inci, lingkar kemudinya diberi lapisan bahan kulit, keyless entry, sensor parkir lengkap dengan kamera mundur, hill start assist, traction control, stability control, dan brake assist.

Bahkan, jika konsumen memilih varian Ultimate bisa mendapatkan fitur cruise control.

Selain varian di atas, bisa dikatakan lebih cocok sebagai kendaraan operasional, karena fitur-fiturnya terbatas dan bisa dibilang ketinggalan zaman. Misalnya saja audio 2DIN (GLS dan Exceed), antena tiang (GLS), atau lampu depan halogen (GLS).

Hal lain yang biasanya dicari konsumen adalah keberadaan AC double blower. Untuk fitur yang satu ini semua varian Xpander sudah memilikinya.

Selebihnya, kabin Xpander menawarkan kepraktisan dan akomodasi yang tergolong baik. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya tempat penyimpanan yang tersedia.

Selain tempat penyimpanan standar seperti glove box atau laci konsol tengah, mobil ini juga punya tempat penyimpanan barang di bawah jok depan dan laci “rahasia” di lantai bagasinya.

Selain itu, masih banyak laci kecil atau cup holder yang tersebar dari bangku baris pertama hingga ketiga.

Untuk pelipatan bangkunya, jok baris ketiga menggunakan pembagian 50:50 sedangkan jok baris kedua 40:60. Jika dilipat semua, akan bisa menghasilkan ruang bagasi yang lebih besar dengan lantai rata.

Kesimpulan

Harga mobil Xpander setelah PPnBM dipotong 100% seperti saat ini kian menggoda. Dengan perhitungan yang Carmudi lakukan, harganya berkisar antara Rp223,520 juta hingga Rp281,360 jutaan.

Mobil ini memiliki eksterior yang atraktif dan kabin yang sesuai dengan kebutuhan akan kendaraan keluarga.

Jika ingin mendapatkan fitur-fitur terkini, konsumen direkomendasikan memilih varian Sport atau Ultimate.

Untuk mengetahui lebih detail mengenai Mitsubishi Xpander, simak video berikut ini.

Baca Juga:

Penulis: Mada Prastya

Editor: Santo Sirait

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts

  1. Yes .. kami sudah memilih Xpander Ultimate untuk mobil Keluarga. Pertengahan Juni mobil sudahmkami terima. Belakangan, PPnBM 50persen akan dikembalikan lagi kepada Kami. Namun smapai pertengahan Juli ini belum terealisasi. Terima kasih.

    • Halo pak, semoga sehat selalu. Terima kasih atas respon pemberitaan kami. Kalau boleh tahu apakah pengembalian potongan PPnBM 50 persen sudah diterima? Ini dari diler mana ya, Pak?
      Terima kasih.

Comments are closed.