BeritaMobilSumber informasi

Harga Pesaing Avanza dari Renault Akan Diumumkan Pekan Depan

Renault Triber (Foto: Autocar India)

Jakarta – Renault Triber segera mendarat di Indonesia dalam waktu dekat. Sebelum resmi diperlihatkan ke publik, PT Maxindo Renault Indonesia (MRI) selaku pemegang merek Renault di Indonesia akan memperkenalkannya terlebih dahulu. Rencannya perkenalan Renault Triber dilakukan pekan depan pada tanggal 12 Juli 2019. Akan tetapi dalam seremonial perkenalan hanya diperuntukkan bagi kalangan tertentu saja.

Tidak cuma diperkenalkan, kemungkinan besar pihak MRI juga akan mengumumkan harga jual dari pesaing Toyota Avanza itu. Setelah diperkenalkan, Renault Triber mulai diperlihatkan ke publik untuk pertama kalinya pada 18 Juli 2019 bersamaan dengan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019

“Nah di tanggal 12 Juli semoga kami bisa memberikan kabar yang lebih baik misalnya rilis harga dan lain-lain. Perkiraan harga ke konsumen akan diberitahukan segera antara tanggal 12 Juli atau di GIIAS 2019,” ujar Arthur Panggabean, General manager Marketing and system MRI.

Meski belum meluncur secara resmi, namun ada saja calon konsumen yang sudah melakukan pemesanan Triber di dealer resmi mobil Renault. Sebagai tanda jadi calon konsumen diharuskan membayar sebesar Rp5 juta. Terkait hal tersebut, Arthur sudah mengetahuinya. Dirinya menganggap bahwa penyerahan uang Rp5 juta ke tenaga penjual mobil merupakan sesuatu yang wajar.

“Tanda jadi Rp5 juta itu sebenarnya merupakan standar untuk kita booking mobil. Brand apapun juga menerapkan hal sama. Menaruh Rp5 juta di kami itu sebenarnya hanya menyerahkan nama isilahnya. Kenapa kami bilang begitu karena harga belum dirilis sama sekali,” terang Arthur.

Spesifikasi Renault Triber Sama Seperti di India

Renault Triber meluncur perdana di dunia pada 19 Juni 2019. India terpilih menjadi negara tempat peluncuran perdananya. Multi Purpose Vehicle (MPV) yang akan dipasarkan di Indonesia ini memiliki spesifikasi sama seperti di India.

“Sementara ini yang kami masukkan dan hadirkan di GIIAS spesifikasinya masih sama dengan yang di India. Sementara ini yang kami bawa masih transmisi manual sesuai yang meluncur di India. Nanti kami akan tunjukkan semuanya di GGIAS 2019,” papar Arthur.

Interior Renault Triber (Foto: Autocar India)

Sementara itu terkait jumlah varian Renault Triber yang akan ditawarkan ke konsumen di Indonesia, dirinya belum bisa mengungkapkannya. “Yang pasti akan ada versi manual dan yang pasti akan ada transmisi versi semi matik atau automated manual transmission (AMT). Di India baru dua varian nanti menyusul akan ada perkenalan varian satu lagi. Cuma sementara enggak bisa dijelaskan karena di sana belum diperkenalkan,” pungkas dia.

Renault Triber bisa menampung 7 orang penumpang. Triber mengadopsi basis rancang bangun CMF-A Renault yang juga digunakan oleh Kwid. Sumber tenaga dari mobil ini berasal dari mesin BR10 3-silinder segaris berkapasitas 1.000 cc. Mesin ini diklaim mampu mengeluarkan daya maksimal 72 Hp dan torsi 96 Nm. Tenaga disalurkan ke roda melalui transmisi manual 5 percepatan.

Renault Triber juga dibekali fitur keselamatan standar, seperti dual airbag, antilock braking system (ABS), sensor parkir, dan sistem peringatan kecepatan. Sedangkan untuk varian tertinggi Triber sudah diberikan kamera parkir dan airbag lebih banyak.

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts