Home » Mobil » Harga Range Rover Bekas, Ada yang Rp200 Jutaan!

Harga Range Rover Bekas, Ada yang Rp200 Jutaan!

Harga Range Rover Bekas di Indonesia
Range Rover. Foto: Ilustrasi

Jakarta – Range Rover merupakan sebuah SUV mewah dengan berbagai fitur dan teknologi canggih, terutama dalam kapabilitas offroadnya.  Hal inilah yang membuat Range Rover tetap diincar untuk dijadikan mobil harian atau mobil hobi. Harga Range Rover Bekas bisa dibilang sangat menggiurkan bagi mereka yang sedang mengincar mobil ini.

Hal tersebut karena harga Range Rover bekas terpantau mengalami penurunan harga yang cukup jauh dari harga barunya. Sehingga banyak orang lebih memilih untuk membeli Range Rover bekas dibanding baru. Biasanya kondisi bekasnya pun masih dalam kondisi yang sangat istimewa, karena kerap dipakai oleh para bos yang menggunakan supir.

Sehingga kondisi bekasnya masih sangat terawat. Tapi, buat kamu yang ingin membelinya dalam kondisi bekas, ada baiknya kamu memahami kisaran harga Range Rover bekas yang ada di Indonesia. Agar kamu bisa menyiapkan dana yang tepat untuk memboyongnya ke garasi rumah kamu.

Tipe Range Rover

Range Rover merupakan sebuah merek dari perusahaan mobil asal Inggris, Land Rover. Land Rover pun menghasilkan berbagai macam mobil sejak tahun 1948 dengan kantor pusat yang berada di Whitley, Coventry. Namun, sejak tahun 2008 merek ini diambil alih sahamnya oleh perusahaan India, Tata Motors. Perusahaan satu ini menjadi perusahaan mobil penggerak roda 4 tertua kedua di Dunia setelah Jeep.

Sedangkan untuk Range Rover sendiri merupakan SUV yang dibuat untuk segmentasi konsumen yang lebih mewah. Merek ini pertama kali meluncur pada tahun 1970 silam, dan hingga saat ini memiliki 4 generasi Range Rover. Pada 1970, Gordon Bashford dan Spen King mendesain sebuah SUV untuk kebutuhan mewah dan nyaman. Namun pada 2002, secara resmi merek ini baru menjajakan kaki ke Indonesia.

Range Rover menjadi mobil bersejarah bagi Ratu Inggris (Foto: Pinterest)

Sebelumnya memang sudah ada, akan tetapi banyak orang mendatangkan mobil ini lewat jalur importir umum. Range Rover pada generasi ini menjadi salah satu mobil SUV yang populer di Indonesia. Terlebih, nuansa kemewahan yang tersaji pada SUV ini semakin meningkat dari generasi kedua. Alhasil, mobil ini menjadi langganan kaum jetset di Tanah Air.

Setelah merilis Range Rover, Land Rover kemudian merilis versi Sport dari SUV ini  2005. Range Rover Sport adalah versi sporty, versi kompak dari Land Rover Range Rover dengan performa yang lebih tinggi. Meskipun keduanya hadir sebagai SUV premium, tapi kesan tangguh dan sanggup menjelajah medan-medan offroad tetap dipertahankan Land Rover selaku produsen.

Ratu Elizabeth II sejak lama jadi penghobi Range Rover (foto: Pinterest)

Dengan harga yang lebih terjangkau, masyarakat bisa merasakan teknologi offroad terbaik dari Range Rover serta nuansa sporty yang terpancar dari performa mesin yang lebih impresif. Baik Range Rover maupun Range Rover Sport sama-sama mendapat sambutan baik, tak hanya di dunia tapi juga di Indonesia.

Varian Range Rover di Indonesia

Di Indonesia, penjualan mobil Range Rover kini ditangani oleh PT Wahana Auto Ekamarga. Distributor tersebut menyediakan empat model Range Rover, termasuk di antaranya Velar dan Evoque. Agar tidak bingung, yuk kita intip versi terbaru dari masing-masing model.

Range Rover

Lini tertua keluarga Range Rover yaitu belum ada embel-embel di belakangnya, namanya hanya ‘Range Rover’. Range Rover generasi terbaru diperkenalkan pada 2018 lalu dalam varian Short Wheelbase (SWB) dan Long Wheelbase (LWB) dengan mesin 3.000 cc. Versi 3.000 cc LWB hadir dengan kabin lega yang mempengaruhi aspek kenyamanan 5 penumpang.

Range Rover hadir dengan Full Sheet Aluminium Iconic Clam Shell Bonet, desain gril termasuk bumper baru dan penggunaan lampu Matrix LED. Kursinya dapat dibaringkan hingga 40 derajat, sehingga bisa lebih rebah dan santai. Selain itu, ruang kaki juga bertambah 186 mm menjadi 1,206 mm untuk model LWB.

Range Rover (foto: Land Rover Indonesia)
Range Rover (foto: Land Rover Indonesia)

Adanya fitur Terrain Response milik Land Rover memberikan pilihan mudah bagi pengemudi dalam menghadapi rintangan di berbagai permukaan jalan. Selain itu, model ini menjadi model dengan ukuran paling besar. Bagasinya mampu memuat kapasitas hingga 900 liter. Konsumsi bbm Range Rover menurut spesifikasi pabrik mampu meraih 1:14 km per liter.

Range Rover Sport

Model yang satu ini hadir dengan karakter yang lebih agresif dari Range Rover biasa, namun dengan harga yang lebih murah. Sekalipun pakai embel-embel “Sport”, namun mobil ini tetaplah SUV sejati dengan ground clearance tinggi dan penggerak 4X4. Penampilannya terkesan sporty karena pelek berdiameter besar dan desain apron di bumper depan.

Demi mendukung kinerja di medan offroad, mobil ini juga memiliki sensor Wade Sensing yang akan memberikan informasi kedalaman air yang Anda lewati. Range Rover Sport tentunya mumpuni di medan offroad terjal karena telah didukung fitur Brake Control, Stability Control, dan Hill Descent Control.

Harga Range Rover Bekas di Indonesia
Range Rover Sport

Soal dimensi, Range Rover Sport ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding Range Rover standard. Kapasitas angkut penumpangnya lebih baik, bisa memuat 7 orang penumpang. Sedangkan kapasitas bagasinya lebih kecil, 780 liter. Konsumsi bbm Range Rover Sport mampu mencatatkan angka 1:14 km per liter.

Range Rover Velar

Bila kita ingin melihat versi racing dari Range Rover Sport, bisa melihat sosok Range Rover Velar. Velar hadir pada 2017 lalu dengan desain sudut pilar C lebih membulat dan headlamp bergaya sipit. Kesan sporty diperkuat dengan gril bergaya honeycomb dan pelek berdiameter besar.

Secara posisi, Velar berada di antara Range Rover Evoque dan Range Rover Sport. Land Rover selaku produsen spesialis SUV tentunya tetap mempersiapkan mobil yang kokoh. Range Rover Velar didukung fitur Touch Pro Dual Display hingga fitur keselamatan Stability Control. Fitur Front Impact Beam yang canggih membuat Velar mendapatkan hasil yang memuaskan dalam uji tabrak.

Range Rover Velar (foto: Land Rover Indonesia)

Jika dilihat dari bentuk, Range Rover Velar memiliki desain yang lebih pipih sehingga aerodinamisnya lebih baik dibanding kedua model sebelumnya. Mobil berkapasitas 5 penumpang ini juga terbilang cukup irit. Konsumsi bbm Range Rover Velar menurut data pabrik mencapai 1:18 km per liter. Angka ini tentunya sangat baik untuk ukuran mobil mewah. Kapasitas bagasinya mencapai 673 liter.

Range Rover Evoque

Varian terakhir yang dijual secara resmi adalah Range Rover Evoque. Model terakhir Range Rover yang tak kalah menarik untuk dibahas yaitu Evoque. PT WAE meluncurkan SUV kompak ini pada 2019 lalu. All New Range Rover Evoque merupakan generasi kedua yang sudah dibekali oleh berbagai spesifikasi jempolan.

Evoque mengusung desain yang bersih dan minimalis dipadukan dengan Flush Deployable Door Handle. Ciri khas desain coupe tetap dipertahankan dengan garis atap menurun. Atapnya bergaya floating roof dan sentuhan warna hitam. interior dari All New Range Rover Evoque tampil lebih menawan menggunakan material Eucalyptus Textile and Ultrafabrics serta Kvadrat Premium Textile and Dinamica Suedecloth.

Harga Range Rover Bekas di Indonesia
Range Rover Evoque

Secara dimensi, model ini merupakan model dengan ukuran paling kecil dan kompak. Kapasitas penumpangnya hanya 5 orang, dengan kapasitas bagasi mencapai 575 liter. Konsumsi bbm Range Rover Evoque ini juga sangat baik. Mampu mencatatkan angka di 1:18 km per liter menurut dari data yang diberikan oleh pabrik.

Soal konsumsi bbm Range Rover, memang angkanya tidak akan sama dengan klaim yang diberikan dari pabrik. Kondisi jalan, gaya berkendara, jarak tempuh dan bahan bakar yang digunakan tentunya mempengaruhi dari konsumsi bbm itu sendiri. Setidaknya, calon pembeli sudah mendapatkan gambaran mengenai konsumsi bbm Range Rover sebelum membelinya.

Harga Range Rover Bekas di Indonesia

Untuk harga bekas Range Rover di Indonesia pun bervariasi. Jika ingin mencari harga yang lebih terjangkau kamu bisa membeli Range Rover dengan tahun produksi lebih lawas. Seperti produksi tahun 2010 contohnya. Di pasar mobil bekas, Range Rover tipe Vogue dengan mesin 5.000 cc tahun 2010 dijual dengan kisaran harga Rp730 jutaan.

Sedangkan untuk tahun produksi 2005, harganya jauh lebih terjangkau. Range Rover Vogue tahun 2005 ini dijual dengan kisaran harga Rp250 jutaan hingga Rp300 jutaan. Sedangkan untuk tipe dengan tahun produksi lebih muda harganya cenderung masih cukup tinggi. Range Rover tahun 2019 atau 2020 harganya berkisar di Rp5 miliar hingga Rp6 miliar.

Kemampuan All New Range Rover Evoque di medan off road semakin tinggi. (Foto: Carmudi/Santo)

Sedangkan untuk tipe Range Rover Sport, harga bekasnya mencapai Rp1,4 miliar untuk tahun produksi 2014. Jika ingin yang lebih terjangkau, maka kamu bisa mencari tahun produksi yang lebih lawas. Range Rover Sport lansiran 2005 misalnya. Harga bekasnya ada di kisaran Rp380 jutaan hingga Rp450 jutaan tergantung kondisi.

Lain lagi untuk tipe Range Rover Velar. Harga Range Rover bekas tipe ini ada di kisaran Rp1,8 miliar hingga Rp2,5 miliar untuk tahun produksi 2017. Tipe ini cukup digemari, karena jumlahnya yang juga cukup sedikit. Maka harga bekasnya terpantau lebih stabil dibanding dengan Range Rover. Lalu untuk model Evoque, harga bekasnya lebih terpantau terjun bebas. Entah apa yang membuat harganya lebih jatuh.

Range Rover LWB Vogue SE
Range Rover LWB Vogue SE

Harga Range Rover Evoque bekas di pasaran dibanderol Rp400 jutaan hingga Rp600 jutaan untuk tahun produksi 2011 – 2012. Sedangkan untuk tahun 2013 hingga 2016 harga bekasnya ada di kisaran Rp500 jutaan sampai Rp900 jutaan tergantung tipe dan kondisi. Semakin sedikit kilometernya, semakin tinggi harga jualnya.

Nah, itu tadi merupakan harga Range Rover bekas yang ada di Indonesia. Bagi kamu yang sedang berniat membeli SUV mewah satu ini, kamu bisa melihat-lihat dan mencari versi bekasnya terlebih dahulu.

Penulis: Rizen

Editor: Lesmana

Konsumsi BBM Honda Brio
Previous post
Penjualan Mobil Baru Mulai Merangkak Naik, Honda Brio Terlaris
Next post
Di Bali Harga Bensin Pertalite Setara Premium