Sumber informasi

Harga Rp200 Jutaan Bisa Dapat Mobil Mercy Bekas Tipe Ini

Mobil bekas merek Mercedes-Benz (Mercy) kerap dicari oleh kalangan pehobi atau pemula yang baru mau memiliki mobil. Hanya saja tidak semua orang paham dengan kisaran harga mobil Mercy bekas yang ada di pasaran.

Umumnya orang awam menilai harga mobil Mercy bekas ini sangat mahal. Padahal sebenarnya tidak demikian, masih banyak juga mobil Mercy bekas yang harganya setara dengan mobil baru merek Jepang.

Selain harga bekas yang dinilai mahal, banyak juga yang menilai kalau mobil Eropa punya penyakit bawaan mesin yang mudah overheat. Benarkah demikian?

Kurnia Jaya, Bengkel spare part dan spesialis Mercy di Jakarta

Kurnia Jaya, bengkel sparepart dan spesialis Mercy di Jakarta

Evelyna, pemilik toko sparepart khusus Mercedes-Benz, Kurnia Jaya di kawasan Blok M, Jakarta Selatan membeberkan faktanya.

“Kalau gampang overheat enggak juga, sih, ya. Ini mobil lumayan badak, cuma sayang banyak pemilik yang salah merawat,” ujarnya kepada Carmudi belum lama ini.

Secara kualitas memang diakui jika sebenarnya Mercy punya durabilitas yang sangat baik. Namun, kondisi Mercy kerap mogok sebenarnya diakibatkan oleh kesalahan diagnosa dan perawatan oleh pemiliknya sendiri.

Tips Membeli Mobil Mercy Bekas

Hasyim, salah satu mekanik di Kurnia Jaya membeberkan tips mengenai beberapa hal yang harus diperhatikan saat mau membeli mobil Mercy bekas. Salah satunya adalah interior usahakan masih asli.

“Kalau Mercy, sih, usahakan interiornya asli. Sama buka kap mesin, ada kabel-kabel jumper atau enggak, usahakan ruang mesin ini enggak ada kabel-kabel jumper,” ujar Hasyim, spesialis elektrikal.

“Elektrikal Mercy itu lumayan banyak dan ribet. Kalau sudah banyak jumper-jumper, biasanya nanti ke depannya itu bakal banyak masalah. Makanya usahakan cari yang elektrikalnya masih asli,” terangnya.

Mercy C-Class 2005

Mercy C-Class 2005

Sedangkan interior yang dimaksud masih orisinil adalah sebisa mungkin mencari mobil yang interiornya masih bawaan pabrik, alias belum di-retrim ulang atau diganti.

Cara untuk mengetahuinya adalah dengan mengecek keaslian mobil menggunakan Vehicle Identification Number (VIN) melalui kode rangka. Carmudian cukup memasukkan kode rangka di situs web seperti mbdecoder atau lastvin, nantinya akan ketahuan seluruh informasi tentang mobil.

Infonya pun lengkap seperti tahun pembuatan dan negara pembuat, warna eksterior, warna interior, transmisi yang digunakan, fitur bawaan, dan kapasitas mesin mobil.

Berikut ini beberapa tips yang bisa Carmudian gunakan ketika mau membeli mobil Mercy bekas.

  • Usahakan interior orisinil
  • Bagian elektrikal mesin tidak ada kabel jumper
  • Bebas karat
  • Cek data asli mobil berdasarkan kode rangka
  • Mesin tidak berisik atau berasap
  • Temperatur stabil
  • Aksesoris eksterior dan interior lengkap
  • Starter normal
  • Kaki-kaki tidak berbunyi
  • Scan menggunakan Star Diagnosis (Stardiag) di bengkel spesialis Mercedes-Benz
  • Siapkan dana perbaikan kendaraan

Kisaran Harga Mobil Mercy Bekas

Jika membahas mengenai harga mobil Mercy bekas, menurut kami hal ini sangat subjektif sebab berurusan dengan keuangan seseorang.

Ada sebagian orang yang punya bujet terbatas dan ada juga yang punya bujet berlebih. Semuanya tergantung dengan kemampuan beli seseorang.

Oh iya, jangan lupa juga pertimbangan soal model, sebab Mercedes-Benz punya banyak model yang ditawarkan di Indonesia.

Beberapa di antaranya terdiri dari A-Class, C-Class, E-Class, S-Class, ML-Class, G-Class, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kali ini kami akan membahas mengenai kisaran harga mobil Mercy bekas di angka Rp150 jutaan hingga Rp250 jutaan.

C-Class (W204)

Mobil Mercy yang bisa didapatkan dengan kisaran harga tersebut salah satunya adalah C-Class generasi ketiga dengan kode bodi W204. Sedan satu ini diproduksi sejak 2007 hingga 2014 sebelum berganti kode chasis yang baru menjadi W205.

harga mobil mercy bekas w204

Mercedes-Benz C-Class W204

C-Class generasi ketiga ini bisa didapatkan dengan kisaran harga Rp150 jutaan hingga Rp250 jutaan tergantung tipe dan kondisi. Model ini juga menjadi salah satu favorit karena durabilitasnya dan desainnya yang masih terlihat oke walaupun usianya lebih dari 10 tahun.

Umumnya mereka yang membeli C-Class lebih menyukai mobil yang dimensinya tidak terlalu besar dengan handling yang mumpuni.

E-Class (W211/W212)

Kemudian model selanjutnya yang juga cukup favorit adalah sedan E-Class. E-Class dianggap sebagai sedan yang punya kenyamanan lebih baik dibandingkan dengan C-Class.

Jika C-Class punya dimensi yang sedang dan handling mumpuni, berbeda dengan E-Class yang dimensinya lebih panjang dan lebih terkenal akan kenyamanan suspensinya yang jauh lebih nikmat.

harga mobil mercy bekas w211

Mercedes-Benz E-Class W211

Dengan kisaran harga Rp150 jutaan hingga Rp250 jutaan, Carmudian bisa memilih dua generasi E-Class yang ada, yakni generasi ketiga dan keempat. Mobil generasi ketiga menggunakan kode rangka W211, sedangkan generasi keempat kode rangkanya W212.

Soal kualitas dan durabilitas, Anda tak perlu khawatir sebab Mercy W204, W211, dan W212 pernah dijadikan armada taksi oleh salah satu perusahaan taksi ternama di Jakarta. Secara tidak langsung ketiga mobil ini punya ketangguhan yang cukup baik untuk ‘disiksa’ sebagai mobil harian.

w212 mercedes

Mercedes-Benz E-Class W212

Untuk W211 kisaran harga yang ada di pasaran ada di Rp110 jutaan sampai Rp220 jutaan tergantung tipe dan kondisi. Sedangkan untuk W212 punya kisaran harga Rp200 jutaan hingga Rp500 jutaan untuk model facelift.

W211 sendiri diproduksi sejak tahun 2003 sampai 2009, sedangkan W212 diproduksi sejak tahun 2010 sampai 2016 silam.

S-Class (W140/W220)

Sedan dengan rasa kenyamanan lebih baik dari dua model di atas, Carmudian bisa pilih S-Class sebagai sedan kasta tertinggi di line up Mercedes-Benz.

w140 mercedes harga mobil mercy bekas

Mercedes-Benz S-Class W140

Model ini juga yang kerap digunakan oleh kepala negara untuk dijadikan Mobil Kepresidenan lantaran punya kenyamanan dan keamanan yang sangat baik.

Dari segi harga, S-Class ini ternyata juga bisa dibeli dengan kisaran Rp150-250 jutaan. Salah satunya adalah S-Class generasi ketiga dengan kode bodi W140 yang diproduksi sejak 1991-1998.

Mungkin banyak yang beranggapan mobil ini sudah cukup tua, padahal kenyamanan yang diberikan jauh lebih baik dibandingkan mobil baru dengan rentang harga yang sama.

w220

Mercedes-Benz S-Class W220

S-Class W140 ini juga pernah dijadikan Mobil Kepresidenan era Presiden Soeharto hingga Megawati Soekarnoputri. Kisaran harganya saat ini sekitar Rp150 jutaan hingga Rp300 jutaan tergantung tipe dan kondisi.

M-Class (W164)

Bagi penggemar SUV, Carmudian bisa memilih M series atau ML generasi kedua dengan kode bodi W164. SUV berkapasitas 5 penumpang ini bisa menjadi pilihan bagi mereka yang mau membeli Mercy non-sedan.

Umumnya mobil yang diproduksi sejak 2005 sampai 2011 ini dijual dengan kisaran harga Rp180 jutaan sampai Rp230 jutaan. M-Class kini digantikan dengan nama GL series.

Mercedes-Benz M-Class W164

Beberapa harga mobil Mercy bekas yang sudah kami sebutkan di atas bisa menjadi panduan bagi Carmudian yang baru ingin mencoba mobil Eropa. Yang terpenting, jangan lupa persiapkan mental untuk merawat mobil merek Eropa yang elektrikalnya lebih rumit dibanding mobil merek Jepang.

Baca Juga:

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *