BeritaSepeda motor

Harga Tiket MotoGP Indonesia Disesuaikan dengan Daya Beli Masyarakat

Sirkuit Mandalika (Foto: ITDC)

Jakarta – Pemesanan tiket untuk menonton balap sepeda motor bertaraf internasional, MotoGP Indonesia atau Indonesian Grand Prix (GP) telah resmi dibuka sejak 20 Januari 2020. Antusiasme masyarakat Indonesia terutama pecinta balap sepeda motor dalam menyambut MotoGP Indonesia sangat tinggi sekali. Tercatat dari 10 ribu tiket yang disediakan sekira 3.000 tiket sudah terpesan oleh para penggila MotoGP.

“Untuk tiket baru kita buka tanggal 20 Januari kemarin, sudah 3.000 dan sebentar lagi sudah habis, tapi itu tiket pre-booking, nanti sisanya kita beli waktu balapan dimulai. Kita menunggu dari Dorna (pengelola MotoGP) juga, nanti pengumuman Agustus 2020,” ungkap Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar M. Mansoer usai melakukan pertemuan dengan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan, di Jakarta, Rabu (29/1/2020).

Mengenai harga tiket untuk menonton MotoGP di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) belum tertera di halaman website resmi Mandalika Grand Prix Association (MGPA). Sempat beredar rumor bahwa harga tiket dimulai dari Rp295 ribu. Namun sampai sekarang belum ada yang mengklaimnya benar.

“Harga tiket akan kita sesuaikan dengan kemampuan masyarakat. Yang jelas masyarakat juga akan diberikan hiburan yang luar biasa. Harga tiket dijamin tidak mahal dan masih terjangkau oleh masyarakat. Keputusan mengenai tiket juga masih menunggu pengumuman oleh Dorna pada bulan Agustus mendatang.” ujar Abdulbar.

Pertama di Dunia Gelaran MotoGP di Pinggir Pantai

Sirkuit Mandalika mempunyai desain sangat bagus dengan latar belakang perbukitan dan pantai yang indah. Sirkuit tersebut juga akan menyediakan ruang bagi masyarakat yang ingin menyaksikan langsung MotoGP dari perbukitan yang ada di sekitar sirkuit.

“Persiapannya saya dengar sudah sangat bagus, dan memang ini adalah yang pertama di dunia, gelaran MotoGP di pinggir pantai. Dengan adanya ini akan lebih menggaungkan pariwisata Indonesia di dunia,” ungkap Menko Marves Luhut.

Menko Luhut menjelaskan, berdasarkan laporan Dirut ITDC, progres persiapan MotoGP 2021 dinilai sangat baik dan terus menunjukkan peningkatan. Menko Luhut juga memberikan arahan kepada pihak ITDC, agar segala pekerjaan dapat dilakukan secara mendetail dan berstandar internasional.

Nonton MotoGP gratis bareng Yamalube di Sepang Malaysia. Foto/Ist.

“Progress-nya sudah sekitar 40 persen, sudah ada jalan langsung dari Airport ke Mandalika, infrastruktur jalan saya kira juga sudah lebih dari 40 persen. Presiden sudah pergi kesana pada bulan Mei tahun lalu untuk melihat persiapan itu, sekarang progress-nya sudah mulai terlihat. Rencana pada bulan Maret atau April ini saya akan berkunjung kesana, karena pada bulan Oktober ini akan diselesaikan,” jelasnya.

Sebagian besar dari progress tersebut adalah pekerjaan tanah dan perbaikan tanah dasar untuk penyiapan badan footprint. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan standar jalan, yang sebelumnya didesain hanya sebagai jalan kawasan dengan jalan kelas 3. Peningkatan standar jalan menuju kelas 1 agar sesuai dengan standar kekuatan struktur dan keamanan yang ditetapkan oleh Fédération Internationale de Motorcyclisme (FIM).

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Asyik, Tiket MotoGP Indonesia Sudah Bisa Dipesan, Jumlahnya Terbatas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts