Home » Berita » Toyota Koreksi Harga All New Corolla Altis Hybrid?

Toyota Koreksi Harga All New Corolla Altis Hybrid?

All New Corolla Altis HEV (Foto: Santo/Carmudi)

Jakarta – Dari tiga varian yang ditawarkan Toyota pada All New Corolla Altis, salah satunya sudah mengusung teknologi hybrid. All New Corolla Altis HEV (Hybrid Electric Vehicle), begitu Toyota memberi namanya. Sedan dengan dua tenaga penggerak yakni mesin konvensional dan motor listrik itu dibanderol dengan harga Rp566,3 juta.

Harga jual All New Corolla Altis HEV yang ditawarkan ke konsumen itu belum bisa dipastikan turun jika seandainya peraturan pemerintah tentang mobil listrik terbit. Seperti diketahui saat ini yang baru diterbitkan adalah Peraturan Presiden (Perpres) No. 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan. Tetapi dalam Perpres tersebut belum mengatur secara detail mengenai petunjuk pelaksanaan (juklak) hingga besaran pajak yang harus ditanggung oleh mobil listrik khususnya jenis hybrid.

“Sebenarnya harga yang kami tentukan ini sudah melalui pertimbangan sebaik-baiknya antara yang hybrid dan non hybrid supaya harganya terjangkau. Terus terang, kalau ditanyakan apakah harganya akan tetap atau menyesuaikan ketika peraturan mobil listrik terbit? Memang Perpres sudah keluar, tapi di dalam Perpres belum dicantumkan dengan jelas mengenai peraturan apakah ada perubahan di insentif Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) dan lain-lain,” ujar Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy.

Toyota Enggan Berandai-Andai Soal Harga All New Corolla Altis HEV

Toyota All New Corolla Altis 2019. (Foto: Carmudi/Santo)

Dirinya berharap peraturan pemerintah yang merupakan pelengkap dari Perpres segera diterbitkan. Menurut Anton jika memang isi dari peraturan itu mengatur soal pajak mobil hybrid, maka bukan tidak mungkin pihaknya akan menyesuaikan harga jual kendaraan.

“Kami juga berharap nanti pada saat peraturan keluar mengenai pajak dan lain-lain pada saat itu kami akan lebih jelas kapan waktunya dan kira-kira kriteria seperti apa yang akan bisa menikmati insentif dari pajak itu. Dan pastinya Toyota akan mencoba menyesuaikan sesuai dengan kondisi dari masing-masing peraturan tersebut,” jelas Anton.

Terkait seberapa besar penurunan harga mobil All New Corolla Altis HEV jika pajak dan insentif mobil listrik sudah ditetapkan, Anton belum bisa menjelaskannya. Dirinya menolak untuk berandai-andai, lebih baik menunggu peraturan pemerintah resmi terbit.

“Mohon maaf kami enggak bisa bicara langsung harganya akan seperti apa karena memang detail dari Perpres dan juklak belum keluar. Tapi kami rasa harga yang kami tawarkan pada saat ini untuk mobil-mobil hybrid sudah kami buat sekompetitif mungkin,” sambungnya.

All New Corolla Altis HEV jadi Model Hybrid Kelima

TAM merupakan satu-satunya produsen mobil di Tanah Air yang paling banyak menawarkan mobil hybrid. Setidaknya ada lima model yang dipasarkan seperti Prius, Camry HEV, Alphard HEV, C-HR HEV dan terakhir yang baru saja meluncur, Corolla Altis HEV. Kedatangan sedan ramah lingkungan itu sebagai wujud dukungan kepada pemerintah terhadap percepatan pengembangan kendaraan listrik di Indonesia.

All New Corolla Altis HEV dibekali motor listrik P610 HEV transaxle dengan tenaga 7o hp atau setara dengan Hybrid 4-cylinder yang dikombinasikan dengan mesin bensin 2ZR-FXE berkapasitas 1.8 L.

All New Corolla Altis HEV (Foto: Santo/Carmudi)

All New Corolla Altis HEV juga merupakan model pertama Toyota di Indonesia dengan fitur-fitur keselamatan yang lengkap dan canggih dari Toyota Safety Sense (TSS).

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Dijual Mulai Rp468 Jutaan, Toyota All New Corolla Altis Tanpa Transimisi Manual

Previous post
Empat Mobil Andalan Mitsubishi Tampil Menggoda Konsumen GIIAS Makassar
Next post
Bukan Tak Mungkin Mitsubishi Kuda Akan Muncul Kembali