Berita

Hari Bersejarah, Hyundai Rayakan Produksi Massal SUV Creta di Pabrik Deltamas

Jakarta — PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) menyampaikan pihaknya telah memulai tahap produksi massal SUV Hyundai Creta, Senin (17/1/2022).

Sejarah akan mencatat Creta sebagai mobil Hyundai pertama yang dibuat di Indonesia. Lebih tepatnya di pabrik HMMI yang berlokasi di Deltamas, Cikarang, Jawa Barat.

Produksi Massal Creta

Seremoni produksi massal Creta di pabrik Hyundai di Deltamas. (Foto: Hyundai)

Dalam keterangan resmi yang diterima, seremoni tersebut dihadiri para petinggi grup Hyundai.

Di antaranya President Director HMMI Yoon Seok Choi, President Director PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) SungJong Ha, dan President Hyundai Motor Asia-Pacific Headquarters YoungTack Lee.

Masing-masing terekam kamera menandatangani unit pertama Hyundai Creta yang diproduksi di pabrik tersebut. Selain itu, seremoni ini juga melibatkan para karyawan yang bekerja di sana.

Hyundai Creta sendiri pertama kali diperkenalkan ke hadapan publik pada November tahun lalu lewat pameran GIIAS 2021. Pabrikan menawarkannya dengan harga Rp279-399 juta.

Dalam keterangan terpisah, HMID menyampaikan produk tersebut mendapat penerimaan yang baik dari konsumen. Selama masa pre-booking Hyundai Creta berlangsung (November-Desember 2021) tercatat ada sebanyak 1.200 pemesanan yang masuk.

Produksi Massal Hyundai Creta

(Foto: Hyundai)

Rencana Awal Mulai Produksi Akhir 2021

Sebenarnya realisasi produksi Creta sebagai mobil Hyundai pertama buatan Indonesia agak meleset dari rencana yang pernah disampaikan.

Pada November 2020, Lee Kang Hyun, Chief Operating & Vice President Hyundai Motor Asia Pacific menyampaikan pabrik ini direncanakan sudah bisa menelurkan mobil Hyundai pertama buatan Indonesia pada akhir 2021.

Selain itu, target awalnya ialah mulai 2022 Hyundai mulai memproduksi mobil listrik di pabrik tersebut dan menjualnya lokal.

Creta sendiri menjadi permulaan dari model Hyundai lainnya yang akan lahir di pabrik Deltamas. Kabar yang beredar menyebutkan Hyundai juga akan memanfaatkannya untuk memproduksi mobil listrik dan sebuah MPV.

Patut diketahui, pabrik Hyundai di Deltamas memiliki kapasitas produksi tahunan mencapai 250.000 unit.

Pabrik yang mulai dibangun Desember 2019 bukan hanya memproduksi mobil untuk pasar dalam negeri. Tapi sebanyak 50 persen dari hasil produksinya akan ditujukan untuk memenuhi permintaan ekspor.

Tonton video ulasan Hyundai Creta berikut ini:

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts