Home » Berita » Hascar Group Akan Rakit Pesaing Yaris dari Fiat di Indonesia

Hascar Group Akan Rakit Pesaing Yaris dari Fiat di Indonesia

Logo Fiat

Jakarta – PT Garansindo Inter Global (Garansindo) sudah bukan lagi sebagai Agen Pemegang Merek (APM) mobil Jeep di Indonesia. Sekarang APM terbarunya adalah Hascar Group. Mengikuti jejak perusahaan sebelumnya, Hascar Group menargetkan tidak hanya memasarkan mobil Jeep saja, tapi juga merek lain seperti Fiat dan Alfa Romeo.

Belum ada jadwal pasti kapan Hascar Group mulai menjualnya d Tanah Air. Akan tetapi yang sudah terkonfirmasi dan akan diluncurkan dalam waktu dekat adalah mobil baru dari Fiat. Belum ada konfirmasi nama dari mobil baru tersebut.

“Modelnya ada yang city car. Itu modelnya bagus saya yakin bisa di terima di Indoensia. Segmennya ketemu dengan Toyota Yaris dan kawan. Harganya juga ketemu di situ. Itu yang lagi kami coba,” ujar Ari Utama CEO Hascar, belum lama ini.

Rencananya model tersebut akan didatangkan langsung dari tempat kelahirannya di Italia. Tapi berhubung ada dorongan dari Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto supaya setiap produsen otomotif di dalam negeri meningkatkan penggunaan komponen lokal, bukan tidak mungkin ke depannya mobil tersebut dirakit lokal.

“Kami berharap masih dari Italia. Ya syukur-syukur kami juga coba sediakan dengan kandungan lokal. Walaupun dari Italia enggak full Completely Knock Down (CBU) ya, pelan-pelan kami dapatkan konten lokal. Ya mudah-mudahan targetnya sih juga akan Completely Knocked Down (CKD). Ya untuk pilihannya tidak full CKD, atau semi CKD di Indonesia,” terang Ari.

Bekerja Sama dengan Pabrik Assembly di Indonesia

Saat ini Hascar Group belum memiliki lahan untuk melakukan perakitan mobil secara lokal. Kemungkinan besar pihaknya akan bekerja sama dengan perusahaan lain yang memiliki pabrik assembly. Sementara terkait komponen lokal dipastikan sangat cocok untuk dipasangkan ke mobil Fiat.

“Bisa kami bangun sendiri tempat perakitan, bisa juga kerja sama dengan assembly yang ada di sini, itu memungkinkan. Di Indonesia sekarang ini sudah bagus manufacturing-nya, jadi kami akan beli lisensinya (komponen lokal) juga mungkin dari prinsipal akan memberikan molding yang pastinya kami pegang lisensinya dulu,” ungkap dia.

Bila mobil perkotaan itu tidak jadi dirakit di Indonesia, Hascar Group sudah punya cadangan model lain. Akan tetapi bukan dari segmen mobil penumpang melainkan niaga.

“Jadi Fiat itu punya program CKD, jadi dia punya paket-peketnya kalau komersial sepeti kaya truk itu dari mulai mereka menyediakan sasis, ditambah kepala, itu bisa mulai dari situ (kendaraan niaga). Yang saya lihat paling banyak program CKD itu dari Fiat mulai dari city car sampai komersial,” tutup Ari.(dol)

Previous post
B20 Sukses, Sekarang Pemerintah Mulai Uji Bahan Bakar Solar B30
Lomba irit Mobilio
Next post
Berburu Honda Mobilio Bekas, Harga Lebih Mahal Dari Avanza

1 Comment

  1. Juni 14, 2019 at 9:17 am

    Menarik! Fiat dan Alfa Romeo adalah mobil Eropa yang akan menyusul ekspansi ke pasar Asia khususnya Indonesia. Apalagi wacana dengan mendayagunakan komponen lokal seperti accu misalnya.