HomeBeritaHasil Uji Tabrak Toyota Corolla Cross Mengagumkan

Hasil Uji Tabrak Toyota Corolla Cross Mengagumkan

Uji Tabrak Toyota Corolla Cross
Toyota Corolla Cross menjalani uji tabrak (Foto: Youtube/ASEAN NCAP)

Kuala LumpurToyota Corolla Cross baru-baru ini menjalani uji tabrak yang dilakukan oleh lembaga pengujian mobil baru di Asia Tenggara atau Asean New Car Assessment Programe (NCAP). Hasil penilaian secara keseluruhan Toyota Corolla Cross meraih predikat tingkat keselamatan tertinggi, sekaligus memperoleh bintang 5.

Toyota Corolla Cross yang diuji tabrak merupakan varian tertinggi yaitu 1.8HV (versi hybrid) buatan Thailand dengan tahun produksi 2020. Pesaing Nissan Kicks e-Power ini telah dibekali dengan fitur-fitur keselamatan lengkap dan canggih, berbeda dari Corolla Cross 1.8HV yang dipasarkan di Indonesia.

Berdasarkan hasil uji tabrak untuk kategori penumpang dewasa (Adult Occupant Protection/AOP), Corolla Cross mencatatkan skor 33.01 dari maksimal 36.00 poin. Data pengujian menunjukkan mobil tersebut memberikan perlindungan yang memadai untuk dada dan kaki pengemudi serta penumpang di bangku baris pertama.

Sedangkan hasil uji tabrak untuk penumpang anak-anak (Child Occupant Protection/COP), skor yang diperoleh sebesar 44.35 dari maksimal 49.00 pont. Hasil ini menunjukkan bahwa Corolla Cross dapat memberikan perlindungan maksimal kepada penumpang anak-anak berusaia 18 bulan dan 3 tahun. Pengujian dilakukan dengan menempatkan kursi anak di kabin sesuai dengan usianya.

Sementara itu dalam pengujian perangkat keselamatam di mobil, Corolla Cross menyabet angka 14.50 dari maksimal 18.00 poin.

Uji Tabrak Toyota Corolla Cross
Uji tabrak Toyota Corolla Cross untuk kategori penumpang anak-anak (Foto: Youtube/ASEAN NCAP)

Ini adalah penilaian ASEAN NCAP pertama pada Toyota Corolla Cross . Wajar rasanya jika lembaga tersebut memberi predikat bintang 5, sebab mobil ini telah dibekali dengan fitur keselamatan standar seperti Seat Belt Reminder (SBR) untuk pengemudi dan penumpnag di bangku baris pertama, serta Electronic Stability Control(ESC).

Toyota juga telah melengkapinya dengan teknologi keselamatan seperti Autonomous Emergency Braking (AEB), AEB Inter-Urban, Lane Departure Warning (LDW), Forward Collision Warning (FCW) dan Lane Keep Assist. Dibeberapa negara di Asia Tenggara fitur-fitur tadi dijadikan sebagai standar atau pilihan, kecuali di pasar Indonesia tidak ditawarkan.

Uji Tabrak Toyota Corolla Cross
ASEAN NCAP melakukan uji tabrak terhadap Toyota Corolla Cross (Foto: Youtube/ASEAN NCAP)

Toyota Corolla Cross di Indonesia

Toyota Corolla Cross hadir untuk pertama kalinya di dunia tepatnya di Thailand pada Juli 2020. Tak berselang lama model yang sama juga meluncur di Indonesia pada Agustus.

PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Toyota menawarkan Corolla Cross dalam dua pilihan tipe saja;

  • Toyota Corolla Cross 1.8 A/T mesin bensin harga Rp457,8 juta
  • Toyota Corolla Cross Hybrid (HEV) 1.8 A/T harga Rp497,8 juta.

SUV perkotaan ini mampu menampung penumpang hingga lima orang di kabin. Secara dimensi, Corolla Cross punya panjang 4.460 mm, lebar 1.825 mm, dan tinggi 1.620 mm, serta ground clearance setinggi 165 mm.

Toyota Corolla Cross
Toyota Corolla Cross adalah varian keempat dalam keluarga Corolla (Foto: TAM)

Corolla Cross berbahan bakar bensin dibekali mesin 1.8L 2ZR-FE. Mesin bensin ini mampu menyemburkan tenaga sekuat 138 hp pada putaran mesin hingga 6.400 rpm dan torsi puncak 171,6 Nm pada 4.000 rpm melalui sistem transmisi otomatis jenis CVT.

Sedangkan versi hybrid memiliki mesin bensin dengan kode 2ZR-FXE berkapasitas 1.798 cc 4-silinder DOHC dengan teknologi VVT-i. Mesin ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 96 hp dan torsi puncak 142,1 Nm. Terdapat pula motor listrik dengan kemampuan mengeluarkan daya 71 hp dan torsi sebesar 162,7 Nm.

 

Penulis: Santo Sirait

 

Baca Juga:

Pemesanan Toyota Corolla Cross Tembus Lebih dari 500 Unit

Previous post
Biaya Bore Up Yamaha RX-King, Tidak Mahal untuk Spek Harian
Next post
Mobil Ini Dulunya Kecil Banget, Sekarang Jadi Hatchback Mewah di Indonesia