Berita

Heboh! Foto Mobil Terbungkus Kamuflase, Diduga Toyota GR Yaris

Jakarta – Beredar foto beserta video yang menunjukkan sebuah mobil terbungkus kamuflase sedang melaju di jalan tol dan mengantre di stasiun pengisian bahan bakar. Dugaan sementara mobil tersebut adalah Toyota GR Yaris yang sedang melakukan uji jalan sebelum resmi diluncurkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM).

Bagian belakang dari mobil terlihat jelas di foto dan video yang tersebar di media sosial.

Mobil Toyota GR Yaris

Mobil terbungkus kamuflase diduga Toyota GR Yaris sedang uji jalan (Foto: Instagram/sidjawas)

Meski bagian belakang tertutup stiker kamuflase, tapi ada beberapa kemiripan desain dan komponen dengan Toyota GR Yaris. Mulai dari knalpot ganda, spoiler atap, antena model sirip hiu, hingga bumper yang gemuk menyatu dengan fender.

Selain itu, isi dari video tersebut tutur memperlihatkan sekilas bagian samping dan depan mobil. Tampak mobil ini hanya memiliki dua pintu dan bumper depan menganga mirip seperti Toyota GR Yaris.

Penampakan foto dan video Toyota GR Yaris yang sedang melakukan uji jalan, seolah memberikan tanda bahwa mobil edisi terbatas itu akan meluncur di Indonesia tidak lama lagi.

Toyota GR Yaris Sudah Habis Terjual

Belum diketahui pasti waktu peluncuran Toyota GR Yaris, tetapi TAM telah membuka keran pemesanan bagi konsumen yang tertarik untuk membelinya.

Keran pemesanan Toyota GR Yaris dibuka sejak 25 Maret sampai 23 April 2021. Jumlah konsumen yang melakukan pemesanan jauh lebih banyak dari kuota yang disediakan.

Mobil Toyota GR Yaris

Bagian belakang mobil Toyota GR Yaris (Foto: Instagram/oktavianusmarbun)

Selama kurang lebih satu bulan, tercatat 470 konsumen yang sudah pesan Toyota GR Yaris. Padahal TAM hanya mendapat jatah sebanyak 162 unit saja dari total 25 ribu unit yang diproduksi untuk seluruh dunia.

Itu artinya semua GR Yaris yang disediakan untuk pasar Indonesia habis terjual.

“Ini memang jauh lebih tinggi dari alokasi yang kami dapat,” ungkap Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT TAM, April 2021.

Melihat penerimaan GR Yaris yang sangat baik dari konsumen, Anton mengucapkan terima kasih sekaligus meminta maaf bagi konsumen yang tidak mendapatkannya. Sebab jumlah unit yang dipasarkan sangat terbatas sekali.

“Jadi setelah ini kami harus mempersiapkan proses peluncuran dan pengiriman kepada konsumen. Jadi, berikan kami waktu juga untuk mempersiapkan waktu sampai bisa delivery ke konsumen,” sambung Anton.

Toyota GR Yaris ludes terpesan hanya dalam 24 jam di Meksiko (Foto: Pultan)

Toyota GR Yaris Bermesin 1.600 cc

Tak cuma Indonesia, Toyota GR Yaris juga dipasarkan di Malaysia, Thailand, Filipina, Australia, Meksiko, dan masih banyak lagi.

Mesin GR Yaris berkapasitas 1.600 cc 3 silinder turbocharger berkode G16E-GTS dengan tenaga sebesar 259 hp dan torsi puncak 360 Nm.

Tenaga disalurkan ke empat roda melalui transmisi manual 6 percepatan.

Dengan tenaga yang dimiliki, memungkinkan mobil melaju dari posisi diam sampai 100 km per jam dalam 5,5 detik. Kecepatan tertingginya dibatasi hingga 230 km per jam.

Pesan Toyota GR Yaris

Konsumen Indonesia yang pesan Toyota GR Yaris tembus 400 lebih (Foto: Toyota)

Fokus pengembangan GR Yaris tidak hanya di bagian mesinnya saja, tapi juga pada aerodinamika dengan tujuan untuk meminimalisir hambatan udara ketika sedang melaju.

Baca Juga:

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di santo.evren@icarasia.com

Related Posts