Berita

Honda Beat Baru masih Belum Terkalahkan

JUARA segmen skuter bertransmisi otomatik (skutik), Honda Beat baru masih menjadi penguasa di kelasnya, Yamaha Mio pun harus takluk dengan skutik kompak Honda ini. Seperti dilansir PT Astra Honda Motor (AHM) Honda Beat baru tetap menjadi favorit di Tanah Air. Meskipun pasar sepeda motor nasional tengah melemah, penjualan Beat pada Februari lalu mencatatkan 175.339 unit atau tumbuh 6% dibandingkan bulan yang sama tahun lalu.

Data Asosiasi Sepedamotor Indonesia (AISI) menyebutkan total penjualan motor pasar domestik pada bulan lalu hanya mencapai 556.091 unit atau turun 18,4% dibandingkan dengan Februari 2014 yang mencapai 681.267 unit. Namun di tengah kondisi pasar yang melemah ini, pangsa pasar Honda justru menguat dari hanya 62,4% pada Februari 2014 menjadi 67,8% pada Februari 2015 dengan angka penjualan 376.973 unit. Penguatan tersebut salah satunya didorong model skutik.

Honda Beat baru ini bersama model skutik Honda yang lain memberikan kontribusi 85,4% terhadap total penjualan Honda pada Februari 2015 yang mencapai 322.113 unit yang menjadikan Honda semakin mengukuhkan posisinya sebagai raja skutik nasional dengan pangsa pasar 77,6%.

Honda Beat baru yang terdiri dari versi eSP dan Pop sama-sama merajai penjualan skutik di Indonesia.

Honda Beat baru yang terdiri dari versi eSP dan Pop sama-sama merajai penjualan skutik di Indonesia.

Honda Beat dengan dua variannya yaitu Beat eSP dan Beat POP eSP tercatat sebagai skutik terlaris dengan angka penjualan bulan lalu mencapai 175.339 unit, diikuti oleh Vario Series sebanyak 119.877 unit, Scoopy FI 25.072 unit, Spacy Helm in PGM-FI 1.202 unit, dan PCX 150 sebanyak 623 unit.

General Manager Sales Division AHM Thomas Wijaya mengatakan Honda Beat baru yang dilengkapi Honda Smart Technology kini semakin disukai masyarakat di Tanah Air. “Kami berharap penjualan Honda Beat yang positif ini akan mendorong pertumbuhan permintaan terhadap model lain. Jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya (Januari), pasar motor mulai tumbuh menggeliat. Kami yakin tren ini akan berlanjut di bulan berikutnya.” tutur Thomas.

Selain Honda Beat Baru, Bebek Honda masih Kuat

HONDA CBR250R

Berdasarkan data AISI, penjualan motor di pasar domestik pada Januari 2015 tercatat 502.783 unit dan tumbuh 10,6% menjadi 556.091 unit pada Februari 2015. Selain di segmen skutik, model sepeda motor bebek Honda juga berhasil mengukuhkan kepemimpinannya. Bulan lalu pangsa pasar Honda di segmen ini mencatat 49,6% setelah berhasil menjual 36.157 unit. Di segmen ini Supra series berkontribusi sebanyak 17.694 unit, New Revo FI series 15.376 unit, dan Blade series 3.087 unit.

Di segmen sepeda motor sport, AHM berhasil menjual 18.703 unit. Kontribusi terbesar berasal dari CB150R StreetFire sebanyak 7.234 unit, diikuti oleh Verza 150 sebayak 5.683 unit, CBR series 4.795 unit, dan MegaPro FI sebanyak 991 unit.

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts