BeritaProdukSepeda motorSumber informasi

Honda Beat eSP Dominasi Pasar Penjualan Roda Dua

Jakarta – Tak hanya kendaraan roda empat saja yang menanjak naik dalam hal penjualan di bulan Agustus 2017, meskipun peningkatannya tak signifikan dibanding bulan sebelumnya. Sementara , untuk Agustus 2017 sepeda motor di Indonesia mampu terserap pasar sebanyak 554.923 unit, sedangkan Juli hanya terdistribusi sebanyak 538.176 unit.

Angka diatas berdasarkan data dari Asosiasi Sepeda motor Indonesia (AISI) wholesales (penjualan pabrik ke dealer). Bila diprosentase kenaikan dari Juli ke Agustus 2017 hanya 3,1% saja.

Bila melihat data yang ada di Asosiasi Sepeda motor Indonesia (AISI) wholesales (penjualan pabrik ke dealer) sejak Januari-Agustus 2017 sedikitnya 3.793.645 unit roda dua telah terjual. Meskipun beberapa merek mengeluarkan model baru, namun peminat roda dua sedikit menurun karena “rangsangan” kemunculan mobil-mobil baru dengan harga dan promo menggiurkan.

Apalagi kondisi ekonomi yang mulai merangkak naik, disertai finansial perkapita yang cukup untuk memiliki mobil meskipun secara kredit. Melihat hal ini beberapa pabrikan roda dua juga menata kembali strategi pasar yang selama ini dinilai sudah kurang ampuh.

Motor Paling Laris

Merek motor apa yang paling laris dibeli konsumen? Dalam daftar lima besar sepeda motor terlaris sepanjang Agustus 2017 rupanya masih di dominasi besutan dari PT Astra Honda Motor (AHM) dengan 4 modelnya. Sementara di urutan kelima ditempati satu produk dari PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Indonesia (YIMM).

Bila diurutkan, motor terlaris di posisi pertama masih diduduki oleh Honda Beat eSP dengan penjualan sebanyak 160.314 unit. Pada posisi kedua ada Honda Vario 125 eSP yang mampu mencatatkan angka penjualan sebanyak 65.903 unit. Posisi ketiga masih dari Honda yaitu Scoopy eSP yang mampu menorehkan penjualan 57.731 unit.

Sedangkan pada posisi penjualan terbanyak keempat ada Honda Vario 150 eSP dengan penjualan sebanyak 49.715 unit. Paling buncit di urutan kelima ada wakil Yamaha, dengan model skuter bongsor sejuta unit yaitu NMax dengan penjualan 31.395 unit.

Bila berlanjut daftar penjualan terbanyak, pada posisi keenam ada Mio M3 125 yang mampu terjual 25.116 unit. Posisi ketujuh ada Honda Beat Street 16.876 unit, disusul posisi delapan ada Honda CBR150R Streetfire dengan penjualan 12.618 unit. Dan posisi sembilan ada Supra X 125 dengan sebanyak 12.481 unit.

Ya, memang diakui produk Honda untuk roda dua masih mendominasi pasar karena banyak pilihan modelnya. Persaingan pastinya masih berlangsung meskipun strategi yang diterapkan akan bermain di desain dan fitur.

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts