Home » Sepeda motor » Honda Beat FC50, Nenek Moyang BeAT dari Tahun 1980-an

Honda Beat FC50, Nenek Moyang BeAT dari Tahun 1980-an

Honda Beat FC50

Jakarta – Mendengar nama Honda BeAT pasti akan langsung tertuju pada skuter matik. Motor berkapasitas mesin kecil di Indonesia ini pertama kali hadir sejak 2008 silam. Tapi, banyak orang belum mengetahui jika sebenarnya motor ini sudah ada sejak tahun 1980-an dengan nama Honda Beat FC50.

Enggak percaya? Simak dulu fakta-fakta Honda Beat berikut.

Honda Beat sebenarnya sudah ada sejak tahun 1983 dengan nama lain FC50. Motor ini memang hanya dibuat untuk pasar Jepang saja dan kabarnya punya populasi yang sangat sedikit.

Motor matik ini hanya punya kapasitas mesin 48 cc. Mesinnya memakai pendingin radiator, 2 Tak dengan 1 silinder. Tenaga yang bisa dihasilkan dari mesin ini sekitar 5,2 Hp dengan bobot hanya 65 kg.

Wow, enteng banget ya!

Bagian depan Honda Beat FC50
Bagian depan Honda Beat FC50

Transmisinya memakai CVT dengan kopling sentrifugal otomatis yang bergerak bertahap. Yang cukup menarik, Honda Beat ini dibuat hanya untuk 1 penumpang saja, alias enggak boleh dipakai untuk boncengan 2 orang. Ini tentu saja karena ketentuan kapasitas mesinnya yang kecil.

Walaupun mesinnya cukup kecil, tetapi Honda Beat berdesain unik dan nyentrik ini mampu melesat hingga kecepatan 60 km/jam. Pengeremannya pun belum memakai cakram, tetapi masih memakai model tromol di bagian depan dan belakang.

Desain Honda Beat FC50

Jika dilihat secara desain, Honda Beat FC50 ini punya bentuk yang aneh. Bagian depannya dibuat besar dan menjorok ke depan. Sedangkan di bagian atas terdapat batok kepala untuk panel instrumen.

Joknya kecil, dengan desain bagian buritan yang juga aneh. Jika dilihat dari samping, motor ini terlihat pipih dan besar di bagian depan. Spidometernya juga berukuran besar dengan 4 bulatan panel instrumen.

Tampak samping Honda Beat FC50
Tampak samping

Panel instrumen tersebut terdiri dari rpm, spidometer, pengukur suhu mesin, dan indikator bahan bakar. Ada juga lampu sein dan indikator oli samping. Yang cukup menarik ada pada bagian lampu kecil. Lampu kecil ini akan menyala otomatis saat motor melaju lebih dari 35 km/jam.

Nah, sudah tahu tentang nenek moyang dari Honda Beat yang ada saat ini kan? Ternyata motor matik sudah ada sejak tahun 1980-an. Bedanya Honda Beat ini dengan Honda BeAT yang ada tentu pada ejaan dan modelnya.

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Baca Juga:

Ketahui Kelemahan Sedan Timor, Mobil Kontroversial yang Bandel

Previous post
Toyota Punya SUV Baru Pesaing Honda HR-V, Corolla Cross?
Next post
Suzuki Kembali Melanjutkan Uji Coba Wagon R Listrik