BeritaSepeda motor

Alasan Honda Belum Umumkan Harga PCX 150

PCX 150

Tampilan Honda All new PCX. Foto/Carmudi.

Penulis: Santo Evren Sirait

Jakarta – Tidak seperti biasanya, ketika PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan sepeda motor terbaru, pasti langsung akan mengumumkan harga jualnya. Namun kali ini pada peluncuran All New PCX 150, Honda belum menginformasikan harga pastinya dan sebatas perkiraan saja.

Honda All New PCX 150 hadir dengan 2 tipe yakni Combi Brake System (CBS) dan Anti-lock Braking System (ABS). Pilihan warnanya beragam mulai dari Black, White, Red dan Light Gold. Harga yang dipasarkan rencananya berkisar antara Rp27 juta sampai Rp32 juta.

“Kami belum bisa menyampaikan harga pastinya karena kami sedang masuk dalam tahap persiapan produksi, dikhawatirkan dalam tahap persiapan produksi ada saja tiba-tiba perubahan yang kita enggak bisa antisipasi. Maka dari itu kita juga belum berani mengungkapkan takutnya berbeda pada saat diproduksi,” ujar President Director AHM Toshiyuki Inuma, di Jakarta, Rabu (13/12) lalu.

Alasan lainnya diungkap oleh Inuma yaitu bila harga diumumkan sebelum masuk produksi, bisa membingkungkan para diler Honda jika kedepannya tiba-tiba ada revisi harga.

“Jadi memang menjadi agak sulit untuk kami sampaikan hari ini karena nanti begitu sampai ke diler, mereka akan sulit kalau misalnya ada perubahan, jadi mohon maaf belum bisa disampaikan harga pastinya,” tambah dia.

Target Produksi 150 Ribu Unit

Honda All New PCX 150 akan diproduksi secara lokal di pabrik AHM yang berlokasi di Sunter, Jakarta Utara. Rencananya pabrikan berlambang sayap kepak itu akan mulai memproduksinya pada Februari 2018.

“Jadi PCX yang CBU (Completely Built Up) dari Vietnam sudah kita berhentikan sampai terakhir Oktober lalu. Nah nanti di awal tahun bulan Februari kita sudah full produksi di Indonesia,” ungkap Direktur Marketing AHM Thomas Wijaya pada kesempatan yang sama.

Honda menargetkan akan memproduksi sebanyak 150 ribu unit All New Honda PCX 150 sepanjang 2018. Walaupun sudah diproduksi lokal, namun Honda belum memikirkan untuk mengekpornya ke negara lain. “Sejauh ini kita akan memenuhi untuk pasar domestik dulu, kita fokus di market Indonesia. Rencana ekpor akan kita pelajari lebih lanjut,” tambah Thomas.

All New PCX 150 Versi Hybrid

Honda pertama kali membuka selubung All New PCX 150 di Tokyo Motor Show 2017 di Jepang. Menariknya Honda juga menampilkan PCX 150 versi hybrid dan listrik yang keduanya diperkirakan bakal diproduksi massal.

Dari keduanya itu PCX 150 versi hybrid yang sangat memungkinkan dipasarkan di Indonesia. Bila seandainya benar dipasarkan, kemungkinan teknologi hybrid dari motor tersebut belum bisa di bawa maupun diproduksi di Indonesia.

“Kembali lagi karena kan kalau di hybrid dan listrik kan butuh penyempurnaan yang lebih dipersiapkan dengan baik lah. Kalau PCX dengan mesin konvensional memang kita sudah ada teknologinya sudah ada desainnya ya jadi kami bisa launching lebih awal,” terang Thomas.

Namun cukup disayangkan waktu peluncuran PCX Hybrid belum bisa diinformasikan mengingat motor dengan teknologi terbaru itu butuh infrastruktur khusus.

“Ditunggu informasi dan undanganya. Mudah-mudahan bisa di semester satu. Tentu kita juga akan menyesuaikan mengikuti dengan aturan regulasi dari pemerintah juga,” pungkas dia. (dna)

 

Wahyu Perdana Putera

Berkarir di sejumlah online media sejak 2012 sebagai jurnalis teknologi, sains dan otomotif, kini di Carmudi Indonesia sejak Juli 2015 untuk mengulas & mempublikasikan kabar otomotif terkini dari perspektif lain. Menggilai mobil retro era '80-90an, modifikasi & kultur balap jalanan Jepang serta hobi modifikasi dengan aliran oldschool brutal seperti Shakotan, Kyusha & Kaido Racer. Email: [email protected]
Follow Me:

Related Posts